Pengertian Half Past, Quarter Past, dan Past Dalam Pembacaan Waktu

Pengertian Half Past, Quarter Past, dan Past Dalam Pembacaan Waktu

KEPOINDONESIA.id - Pelajaran bahasa Inggris pada tingkat SD, SMP, dan SMA memiliki pembahasan tersendiri yang diberikan kepada para siswa. Pada tingkat SD, saya masih ingat pembahasan bahasa Inggris yang paling saya suka yaitu mengenai cara membaca waktu.

Penyebutan waktu dalam bahasa Inggris bisa dibilang susah-susah gampang. Salah satunya yaitu O'clock, Half Past, Past, serta AM PM. O'clock bisa kalian gunakan untuk menyebutkan waktu saat jarum panjang berada tepat di angka 12.

Singkatnya o'clock bisa kalian gunakan untuk menyebutkan waktu tepat, seperti pukul 12:00, pukul 03:00, atau pukul 09:00. Namun kali ini saya tidak akan membahas mengenai itu, tetapi yang akan saya bahas yaitu perbedaan antara Past, Half Past, dan Quarter Past.

Penggunaan Past adalah penyebutan waktu yang paling sering kita lakukan di dunia nyata. Seperti "pukul 7 lebih 15 menit", "pukul 8 lebih 30 menit", atau "pukul 01 lebih 5 menit". Untuk lebih jelasnya langsung saja kalian bisa baca penjelasan saya dibawah ini.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara membuat waktu AM & PM di jam HP serta tips mengikuti ujian listening bahasa Inggris.

Past


Yang pertama yaitu Past. Past digunakan untuk menunjukan waktu kurang dari 30 menit. Sebagai contoh pukul 12:03, pukul 06:25,dan pukul 07:07. Untuk menggunakan Past kalian harus membaca menitnya terlebih dahulu.

Contoh penggunaan Past:

05:10 = Ten past five

10:20 = Twenty past ten

07:05 = Five past seven

Half Past


Half Past digunakan untuk menunjukan waktu lewat dari 30 menit. Sama seperti Past, untuk menggunakan Half Past kalian harus membaca menitnya terlebih dahulu. Sebagai contoh pukul 06:30, pukul 07:30, dan pukul 10:30.

Contoh penggunaan Half Past:

01:30 = Half past one

04:30 = Half past four

11:30 = Half past eleven


Quarter Past


Berikutnya yaitu Quarter Past. Quarter Past digunakan untuk menunjukan waktu lebih dari 15 menit. Sama seperti Past dan Half Past, penggunaan Quarter Past dibaca menitnya terlebih dahulu. Sebagai contoh pukul 04:15, pukul; 09:15, dan pukul 10:15.

Contoh penggunaan Quarter Past:

01:15 = A quarter past one

05:15 = A quarter past five

12:15 = A quarter past twelve

Nah itu dia penjelasan saya mengenai perbedaan antara Past, Quarter Past, dan Half Past dalam pembacaan waktu dalam bahasa Inggris. Semoga kalian paham dan tidak keliru dalam menggunakan ketiga Past tadi.

Selain itu jika kalian memiliki akun Google dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dan kalian ingin merubahnya, kalian bisa baca artikel tentang cara merubah bahasa di pengaturan akun Google. Jika tidak kalian ubah maka bahasa tersebut tetap akan seperti itu.


EmoticonEmoticon