Pengertian, Biaya Kirim dan Kelebihan Same Day Service

Pengertian, Biaya Kirim dan Kelebihan Same Day Service

KEPOINDONESIA.id - Memilih jasa pengiriman untuk paket yang ingin kita beli secara online merupakan hal yang terkadang bisa membuat bingung. Karena jasa pengiriman atau ekspedisi untuk marketplace misalnya sangatlah beragam. 

Salah satu pilihan jasa pengiriman yang terbaru ialah layanan Same Day. Jika kalian berbelanja di marketplace seperti Tokopedia dan Blibli, pilihan Same Day ini pasti ada paling atas sendiri. Namun untuk di Shopee, Bukalapak, Lazada dan beberapa toko online lainnya saya belum tau karena beberapa bulan ini saya belum melakukan pembelian di marketplace tersebut.

Untuk Same Day Service ini akan di handle oleh 2 jasa Ojek Online yang populer di Indonesia yaitu Go-Jek dan Grab. Jadi tidak dilakukan oleh JNE, J&T, Tiki, SiCepat atau Pos Indonesia. Untuk Go-Jek istilahnya GoSend Same Day dan untuk Grab yaitu GrabExpress Same Day

Tetapi kalian tau tidak Same Day artinya apa? Pasti banyak yang belum tau arti Same Day padahal sudah jelas pada informasi jika kita memilih menggunakan jasa pengiriman Same Day tertulis informasi "6 Jam". Jika Next Day (1 Hari), dan Reguler (2-4 Hari). Jadi kali ini saya akan membahas arti dan pengertian dari Same Day itu.

Namun sebelum itu kalian bisa baca arti dari pengiriman SiCepat jika kalian sering menggunakan jasa logistik yang satu ini dan cara melacak kiriman JD.id lewat aplikasi JD.ID dengan mudah. Karena masih banyak yang kebingungan untuk melacak paket yang mereka beli di JD.id.

Same Day


Same Day Delivery atau layanan Same Day yaitu layanan pengiriman yang dilakukan di hari yang sama terhitung 6-8 jam akan diterima oleh pembeli. Jadi jika kalian membeli barang di hari Senin pagi pukul 07:00 dan memilih layanan Same Day baik GoSend Same Day atau GrabExpress Same Day paket kalian akan sampai kira-kira antara pukul 13:00-15:00.

Lalu apakah layanan ini bisa digunakan selama 24 jam? maksudnya kita order kapan saja dan paket akan tiba 6-8 jam kemudian setelah kita melakukan pembayaran dan terverifikasi? Saya rasa setiap marketplace memiliki kebijakan tersendiri supaya tidak menyusahkan kurir dengan layanan Same Day ini.

Saya ambil contoh untuk layanan Same Day pada Blibli.com. Di Blibli.com layanan Same Day bisa digunakan sampai pukul 15:00, nah jika sudah melewati jam itu biasanya pilihan Same Day tidak bisa di klik atau tidak tersedia. Jadi saya sarankan untuk kenyamanan bersama jika ingin menggunakan layanan pengiriman yang satu ini silakan kalian checkout nya saat pagi hari saja.

Biaya Pengiriman Same Day


Untuk biaya pengirimannya memang agak mahal hingga lebih dari 100%. Sebagai contoh jika menggunakan Reguler hanya Rp. 10.000 ongkosnya, namun jika menggunakan Same Day mulai dari Rp. 24.000 sampai Rp. 28.000. Dan perlu diketahui juga tidak semua wilayah mendukung layanan ini, hanya pada radius beberapa KM saja yang bisa menggunakan layanan Same Day.

Kelebihan dan Kekurangan Same Day Service


Seperti yang kita ketahui, tidak ada hal yang sempurna termasuk layanan pengiriman sampai pada hari yang sama ini. Berikut kekurangan dan kelebihan Same Day Service:

Kelebihan


1. Paket akan sampai tidak lebih dari 1 hari di hari yang sama

2. Cocok digunakan untuk pengiriman Hewan, Sayuran, Daging dan semacamnya

3. Cakupan wilayah termasuk luas (Tergantung masing-masing Marketplace}

4. Biaya murah (Menurut Saya)

Kekurangan


1. Barang atau Paket kita akan dibawa keliling terlebih dahulu karena layanan Same Day sama seperti Reguler, tidak hanya membawa 1 barang saja

2. Tidak direkomendasikan untuk paket dengan ukuran yang besar

Nah itu dia seputar Same Day Service, mulai dari pengertian, biaya pengiriman sampai kelebihan dan kekurangannya. Mungkin layanan ini hanya bisa digunakan untuk wilayah Jakarta saja. Selain Same Day juga ada layanan Instant, yang secara garis besar sama saja namun lebih cepat yaitu sekitar 4 jam setelah pembayaran berhasil terverifikasi.

Terakhir jika kalian sering beli buku di Gramedia.com, kalian bisa baca cara cek resi KGXpress jika ingin melacak pesanan buku kalian. Memang jasa pengiriman ini kurang populer, makanya saya buatkan bagaimana cara melacak resi KGXpress supaya pada tahu


EmoticonEmoticon