Selasa, 23 Oktober 2018

4 Curug Terindah di Kecamatan Bruno, Purworejo

Curug Gunung Putri

KEPOINDONESIA.id - Soal keindahan alamnya, Kabupaten Purworejo memang patut dibanggakan. Dari mulai gunung, laut, hutan, dan masih banyak lagi objek wisata alam yang ada di Purworejo, salah satu yang terkenal adalah Bedug Pendowo (sering disebut Bedug Purworejo), yang merupakan Bedug terbesar di Dunia.

Selain gunung, laut, hutan dan lainnya, wisata air merupakan salah satu destinasi wisata favorit. Sudah ada ratusan spot air terjun (curug) baik yang sudah dikelola sebagai objek wisata araupun yang belum dikelola sebagai objek wisata secara resmi.

Untuk itu, berikut ini adalah 4 air terjun (curug) yang terindah di Bruno, Purworejo yang bisa kalian kunjungi.

1. Curug Gunung Putri


Curug Gunung Putri

Wisata alam tersembunyi ini terletak di daerah Kecamatan Bruno, tepatnya di desa Cipedak. Jalur menuju Curug Gunung Putri ini memang agak susah diakses karena letaknya yang kurang lebih 20KM dari pusat kota Purworejo.

Curung Gunung Putri adalah objek wisata air terjun yang berlokasi di tengah-tengah lebatnya hutan pinus. Rasa lelah saat perjalanan menuju air terjun ini akan terbayarkan setelah menikmati indahnya alam di Curug Gunung Putri ini.

2. Curug Muncar


Curug Muncar

Curug Muncar memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter dengan kedalaman air sekitar 10 meter. Curug Muncar ini berada di kawasan Perhutani dan berada pada ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut, cukup tinggi memang mengingat wilayah kecamatan bruno merupakan wilayah perbukitan yang didominasi banyak bukit.

Pemandangan di wilayah sekitar Curug Muncar masih sangat alami dan sejuk dengan dipenuhi pemandangan bukit yang ditumbuhi pepohonan hijau, karena memang curug muncar sendiri belum tersentuh oleh bermacam-macam teknologi manusia.

Curug Muncar berjarak kurang lebih 45 KM dari pusat Kota Purworejo dan diutuhkan waktu sekitar 1 jam jika menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Purworejo. Untuk akses ke wilayah Bruno sendiri sudah cukup banyak yag menyediakannya jasa jika kalian sudah berada di Kota Purworejo.

3. Curug Sijangkar


Curug Sijangkar

Curug Sijangkar yang berlokasi di Dusun Gondangan, Desa Pakisarum. Curug Sijangkar ini memiliki dinding yang berwarna merah basah seperti di dalam goa dengan kubahan air berwarna hijau. Di air terjun yang ke tiga dengan ketinggian kurang lebih 10 meter pengunjung juga dapat berenang di spot air terjun itu.

Perlu di ketahui bahwa Curug Sijangkar ini mempunyai empat buah air terjun, namun ke empat nya hanya akan terlihat saat musim penghujan saja. Pengunjung akan dimanjakan dengan hijaunya air nan jernih dan rimbunan pohon di sekitar lokasi curug tersebut. Akar-akar dari pohon di lokasi pun terlihat menjulur dan kadang jadi spot selfie para wisatawan yang sedang berkunjung ke tempat ini.

Untuk mencapai lokasi Curug Sijangkar dari pusat kota Purworejo, perjalanan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Selanjutnya, akses menuju curug tersebut sangat lah mudah, parkir mobil bisa sampai SD Pakisarum dengan di lanjutkan jalan kaki dengan jarak tempuk sekitar 10 menit menuju lokasi Curug Sijangkar.

4. Curug Kyai Kate


Curug Kyai Kate

Curug Kyai Kate terletak di desa Gunung Condong, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Curug yang lagi-lagi dikeliling hutan pinus dan beberapa tumbuhan rimbun lainnya ini adalah curug yang cukup deras dengan adanya aliran sungai. Rute menuju lokasi yang lumayan jauh berupa jalan setapak yang menurun.

Curug Kyai Kate mempunyai debet air yang cukup deras serta terdapat dibawah bukit hingga lokasi ini cukup sunyi serta nyaman untuk menenangkan pikiran. Selama seharian yang dapat kalian dengar cuma kicauan burung serta gemuruh air yang jatuh dari puncak tebing.


EmoticonEmoticon