Jumat, 18 Januari 2019

Cara Mengerjakan Soal Listening Bahasa Inggris Dengan Benar dan Cepat

Listening Test

KEPOINDONESIA.id - Menghadapi soal Listening Bahasa Inggris merupakan hal yang menakutkan karena kita tidak fasis dalam berbahasa Inggris. Untuk menjawab soal teks saja susah apalagi listening. Selain membutuhkan pendengaran yang kuat kita juga diwajibkan tau arti kata-kata dalam Bahasa Inggris agar bisa menjawab soal Listening tersebut.

Namun jika soal latihan seperti Bahasa Indonesia, dan Matematika kalian bisa membacanya di Tips mengerjakan UNBK Beserta soal Ujian Nasional Matematika, B. Indonesia, B. Inggris. Soal Listening biasanya tampil pada nomor soal 1 sampai dengan 15 dengan empat bagian (Four Parts).

Part I. Pictures (gambar) , Part II. Question- Responses (Pertanyaan- Jawaban), Part III. Short Conversations (Percakapan Pendek) dan Part IV Short Talks (Pembicaraan Pendek). Nah untuk itu berikut cara jitu menjawab soal Listening Bahasa Inggirs 15 soal agar dapat terjawab dengan benar.

Tips dan Trik Menjawab Soal Listening Bahasa Inggris Pada Ujian Nasioanl (UNBK)

1. Sering Latihan


Sering latihan merupakan cara yang manjur untuk menjalankan suatu tes, ujian atau kegiatan yang akan diujikan. Agar kalian dapat mengerjakan soal listening dengan mudah, jelas dan benar maka kalian harus sering latihan baik latihan mendengar atau latihan kosa kata-kosa kata Bahasa Inggris. Jika kalian sering latihan dan dasarnya kalian sudah mengetahui kata-kata berbahasa Inggris saya yakin kalian dapat menjawab soal Bahasa Inggris dengan cepat dan benar.

2. Pahami Jawaban


Kalian wajib memahami jawaban yang tersedia dengan tau apa arti jawaban tersebut. Dengan begitu kalian akan mendapat sedikit pencerahan soal apa yang yang sebenarnya ditanyakan oleh narator saat Listening Section.

3. Mendengarkan Dengan Seksama


Cara ini merupakan cara umum untuk menghadapi Soal Listening Bahasa Inggris. Seperti di Ujian Nasional yang sekarang menggunakan komputer yaitu UNBK seperti UNBK 2019 yang akan datang kalian jadi bisa mendengarkannya lebih seksama karena tiap siswa mendapatkan 1 komputer untuk menjawab dan Headphone untuk mendengarkan soal Listening Section.

4. Rileks dan Fokus


Dalam menjawab soal listening dibutuhkan pikiran yang rileks berbeda dengan soal teks. Baik listening Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia kita perlu rileks agar dapat mencermati pertanyaan yang ditanyakan. Karena menjawab soal listening berbeda dengan menjawab soal teks yang kita sekali baca dapat mengetahui inti dari pertanyaan tersebut.

5. Catat Informasi-informasi Penting Dalam Pertanyaan atau Percakapan


Kalian bisa mencatan informasi-informasi seperti Waktu, Tanggal, Hari, Pekerjaan, Tempat dan DLL agar memudahkan kalian untuk menjawab nantinya.

6. Hindari Pengucapan Yang Sama


Biasanya Listening Section terdapat kalimat atau pengucapan yang sama di audio yang bertujuan mengecoh kita. Karena kebanyakan jika mendengar kalimat yang sama antara pertanyaan dan jawaban peserta akan langsung memilih jawaban tersebut yang kemungkinan malah jebakan.

Nah itulah 6 Tips dan Trik cara mengerjakan soal listening Bahasa Inggris yang bisa kalian terapkan saat UNBK Tahun 2019 ini. Kalian juga harus memperhatikan 3 soal bergambar di awal pertanyaan karena sebenarnya soal itu mudah dan lumayan jika benar dapat menambah nilai Ujian Bahasa Inggris kalian.

Untuk cara mengerjakan soal Bahasa Inggris tanpa mengetahui artinya memanglah susah. Minimal kalian tau sedikit kata dan kata kerja, sifat DLL agar dapat mengerjakan soal Bahasa Inggris baik Listening atau Teks.

Untuk latihan, berikut soal Ujian Nasional Bahasa Inggris SMK Tahun Pelajaran 2015/2016 yang bisa kalian gunakan untuk latihan untuk menghadapi UNBK Tahun 2018/2019. Kalian bisa mendownloadnya bersama Audionya. Untuk cara cek nilai UNBK secara online bisa cek di cara cek hasil UNBK dengan mudah.


EmoticonEmoticon