Letak Koordinat ke 11 Negara ASEAN Secara Lengkap

Letak Koordinat ke 11 Negara ASEAN Secara Lengkap

KEPOINDONESIA.id - ASEAN adalah sebuah organisasi internasional yang terdiri dari negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara yang mempunyai maksud dan tujuan yang sama yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pengembangan budaya, kemajuan sosial, memajukan perdamaian, dan meningkatkan stabilitas kawasan ASEAN.

Ada 11 negara yang tergabung dalam ASEAN termasuk Indonesia. Negara yang tergabung dalam ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam, Thailand, Filipina, Kamboja, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Timor Leste. 

Selain itu ada tiga pilar yang menjadi landasan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Yang pertama yaitu Pilar Komunitas Politik-Keamanan ASEAN atau yang dikenal dengan ASEAN Political-Security Community

Yang kedua Pilar Ekonomi atau yang lebih dikenal dengan ASEAN Economic Community (AEC). Dan yang terakhir atau pilar yang ketiga yaitu Pilar Sosial-Budaya atau ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC). 

Selain tau negara-negara yang tergabung di ASEAN beserta landasan dari ASEAN, kalian harus tau letak koordinat atau letak astronomis kesebelas negara yang tergabung dalam ASEAN. 

Untuk letak geografis negara ASEAN mungkin dapat kalian cari dengan mudah, tetapi untuk letak garis bujur dan garis lintang saya pikir ini cukup menyusahkan. Oleh karena itu bagi kalian yang ingin tau tentang letak koordinat negara yang tergabung dalam ASEAN kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. 

Namun sebelum lanjut bagi kalian yang belum tau perbedaan antara half past dan quarter past kalian bisa baca artikel yang sudah pernah bahas. Dan juga bagi kalian yang tidak tau perbedaan antara jurusan TKJ dan RPL serta TKR dan TSM kalian bisa simak penjelasan yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. 

Letak Astronomis Negara ASEAN


1. Indonesia

Terletak 6 derajat LU - 11 derajat LS dan 95 derajat BT - 141 derajat BT

2. Malaysia

Terletak 4 derajat LU - 19 derajat LU dan 116 BT - 126 BT

3. Singapura

Terletak 1 derajat 15 LU - 1 derajat 30 LU dan 103 derajat 38 BT - 104 derajat BT

4. Brunei Darusalam

Terletak 4 derajat LU - 5 derajat LU dan 100 derajat 114 derajat BT - 115,5 BT

5. Thailand

Terletak 5 derajat LU - 20 derajat LU dan 97 BT - 107 BT

6. Filipina

Terletak 5 derajat LU- 21 derajat LU dan 117 derajat BT - 126 derajat BT

7. Kamboja

Terletak 10 derajat LU - 14 derajat LU dan 102 derajat BT - 108 derajat BT

8. Vietnam

Terletak 8 derajat LU - 23 derajat LU dan 102 derajat BT - 109 derajat BT

9. Myanmar

Terletak 10 derajat LU - 29 derajat LU dan 92 derajat BT - 101 derajat BT

10. Laos

Terletak 14 derajat LU - 22 derajat LU dan 100 derajat BT - 107 derajat BT


11. Timor Leste

Terletak 8 derajat LS - 10 derajat LS dan 124 derajat BT - 127 derajat 30 BT

Nah itu dia letak astronomis ke 11 negara ASEAN. LU untuk Lintang Utara, LS untuk Lintang Selatan, dan BT untuk Bujur Timur. Semoga artikel ini membantu kalian dalam mengetahui letak koordinat masing-masing negara ASEAN. 

Bagi kalian yang belum tau tentang Not Angka dan Not Balok lagu Hymne Guru kalian bisa baca artikel tentang pembahasan tersebut. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan dengan lengkap tentang penjelasan lagu Hymne Guru.


EmoticonEmoticon