Pengertian, Fungsi, dan Komponen Jangka Sorong

Pengertian, Fungsi, dan Komponen Jangka Sorong

KEPOINDONESIA.id - Jangka Sorong adalah salah satu alat ukur yang sering digunakan dalam bidang otomotif dan furniture. Alat ini terbilang cukup unik dan saya yakin jika kalian tidak mempelajari alat ukur yang satu ini kalian tidak akan tau.

Karena alat ukur yang sering kita jumpai ialah penggaris. Jangka Sorong bisa digunakan untuk berbagai hal tidak hanya untuk mengukur panjang saja. Selain digunakan untuk mengukur panjang benda Jangka Sorong bisa digunakan untuk mengukur diameter.

Lebih lengkap tentang fungsi Jangka Sorong nantinya akan saya bahas pada bagian bawah artikel ini. Jangka Sorong digunakan supaya kita dapat menemukan tingkat ketelitian yang lebih tinggi berkat satuan MM.

Tingkat ketelitian Jangka Sorong mulai dari 0,1 mm hingga 0,05 mm tergantung tipe dan jenis jangka sorong. Supaya lebih jelas langsung saja saya jelaskan mengenai apa itu Jangka Sorong serta apa fungsinya.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti contoh transkrip nilai serta apa yang dimaksud dengan rapat pleno.

Jenis Jangka Sorong


1. Jangka Sorong Manual


Jangka Sorong Manual atau Vernier Caliper Manual adalah tipe Jangka Sorong yang paling banyak digunakan. Karena dari segi perawatan lebih mudah dan jarang rusak karena tidak ada komponen elektronik.

Selain itu Jangka Sorong manual bisa digunakan untuk belajar membaca Jangka Sorong. Bagi orang yang sudah paham membaca Jangka Sorong sangat mudah sekali. Akan tetapi bagi yang belum paham harus belajar terlebih dahulu dengan Jangka Sorong manual.

2. Jangka Sorong Digital


Vernier Caliper Digital digunakan oleh para pekerja yang membutuhkan tingkat ketelitian 99% bahkan harus 100%. Dari segi bentuk keduanya sama saja akan tetapi Jangka Sorong digital memiliki tambahan alat baca digital.

Artinya hasil ukur yang dilakukan dengan Jangka Sorong digital sudah sangat akurat dari pada dibaca secara manual. Keduanya sama-sama bagus karena yang terpenting keahlian dalam menggunakan Jangka Sorong.

Fungsi Jangka Sorong


1. Mengukur Panjang, Ketebalan, dan Diameter Luar


Yang pertama Jangka Sorong bisa kalian gunakan untuk mengukur panjang benda, diameter luar, dan ketebalan menggunakan bagian rahang dalam. Caranya cukup masukan benda di antara kedua rahang jangka sorong.

2. Mengukur Diameter Dalam


Selain memiliki rahang dalam Jangka Sorong juga memiliki rahang luar yang bisa kalian gunakan untuk mengukur diameter dalam suatu benda. Caranya masukan rahang luar ke dalam benda yang ingin diukur diameter dalamnya.

3. Mengukur Kedalaman


Fungsi terakhir Jangka Sorong yaitu mengukur kedalaman. Walaupun terbatas akan tetapi Jangka Sorong bisa digunakan untuk mengukur kedalam dengan bantuan Depth Rod atau Depth Probe.

Untuk cara membaca saya rasa cukup sulit jika hanya melihat pada sebuah artikel. Oleh karena itu saya tidak akan membahasnya. Kalian bisa tanya langsung kepada orang yang betul betul paham dengan Jangka Sorong atau Vernier Caliper.

Itu saja yang bisa saya jelaskan dengan Jangka Sorong semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Selain Jangka Sorong ada juga alat ukur yang serupa yaitu Mikrometer. Mungkin pada artikel berikutnya saya akan bahas juga tentang apa itu Mikrometer.


EmoticonEmoticon