Rabu, 09 Oktober 2019

4 Hal Yang Harus Dilakukan Jika Paket Belum Diterima, Sampai, atau Belum Datang

4 Hal Yang Harus Dilakukan Jika Paket Belum Diterima, Sampai, atau Belum Datang

KEPOINDONESIA.id - Menunggu paket atau kiriman biasanya sangat dinantikan oleh beberapa orang, termasuk saya. Ada juga orang yang cuek-cuek saja atas barang atau produk yang mereka beli di toko online dan di kirim melalui jasa logistik atau jasa ekspedisi. Selain itu hal penting yang perlu kalian ketahui ialah, bagaimana jika paket tidak sampai?

Selama saya belanja online di martketplace, pernah paket saya diterima oleh orang lain tepatnya saat saya mencoba belanja online untuk pertama kalinya. Awalnya saya gelisa, kok paket belum sampai padahal sudah lebih dari batas estimasi 4 hari pengiriman.

Saya cek lagi lewat resi, untung paket belum diterima orang lain. Jika paket statusnya belum diterima kalian tidak usah cemas, berarti paket tersebut dalam perjalanan. Jadi jika statusnya belum diterima atau masih dalam perjalanan kalian tidak usah cemas nantinya paket tidak sampai atau tidak akan dikirim ke alamat kalian.

Nah karena ternyata barang yang saya beli tidak kunjung datang, saya coba cek lagi dengan resi yang sudah saya miliki. Jadi jika kalian beli di toko online seperti Bukalapak, Blibli, Tokopedia, Shopee dan beberapa marketplace lainnya, kalian pasti akan diberikan nomor resi untuk melacak barang yang kalian beli.

Karena paket belum datang, saya cek lagi dengan resi. Dan ternyata paket tersebut telah diterima bukan atas nama saya ataupun keluarga saya. Seketika saya panik, lalu saya cek ulang ternyata memang sudah sampai dan diterima entah oleh siapa.

Setelah itu saya langsung bergegas ke cabang jasa ekspedisi terdekat yang ada di dekat rumah, ternyata sudah tutup. Untuk jasa ekspedisi yang saya gunakan tidak akan saya sebutkan, karena hal seperti ini juga pasti sering terjadi di tiap jasa logistik khususnya yang alamatnya susah dicari.

Lalu apa yang saya lakukan setelah itu? Banyak hal yang saya lakukan. Untuk itu kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya bagikan nanti jika paket nyasar di orang lain atau diterima oleh orang lain. Jika paket tidak bergerak atau masih dalam perjalanan kalian tidak usah panik.

Namun sebelum itu kalian bisa baca arti serta istilah kode dalam status pengiriman SiCepat dan cara mudah cek kiriman JD.id dan kiriman yang menggunakan jasa J&T Express. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan.

Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Paket Diterima Orang Lain


1. Pastikan Paket Sudah Diterima


Pertama kalian wajib memastikan bahwa paket kalian itu memang sudah diterima oleh orang lain. Caranya cukup lacak saja dengan resi, nantinya akan muncul nama siiapa yang sudah menerima paket tersebut.

Nah jika paket memang belum diterima, seperti sedang diperjalanan atau sedang di gudang karena overload, kalian tidak usah melakukan hal-hal lainnya. Jika kalian menghubungi pihak marketplace ataupun jasa pengiriman pasti hanya akan disuruh menunggu saja.

2. Tanya ke Orang Sekitar Rumah


Nah langkah berikutnya jika paket sudah diterima tapi belum ada karena yang menerima adalah orang lain, kalian cukup tanyakan saja ke orang sekitar rumah. Seperti di tetangga sebelah, atau ke tetangga yang namanya hampir sama dengan nama kalian atau nama penerima ataupun jika di komplek bisa tanya ke satpam atau security komplek.

Ciri khusus jika paket sudah diterima statusnya pasti delivered baik JNE, SiCepat, atau JnT pasti seperti itu. Paket saya sendiri juga sering diterima oleh orang lain, yaitu tetangga sebelah karena pada saat paket datang tidak ada satu orang pun dirumah untuk menerima paket tersebut.

3. Hubungi Pihak Toko Online


Jika sudah cek tetangga sebelah namun tidak ada yang merasa menerima paket kalian itu, langkah yang bisa kalian lakukan silakan hubungi pihak martketplace terlebih dahulu. Silakan jelaskan bahwa paket kalian itu sudah diterima tapi oleh orang lain.

Jika memang sudah diterima oleh orang lain, nantinya akan ditindak lanjuti oleh pihak martketplace. Proses ini memang agak lama. Biasanya oleh pihak marketplace juga merekomendasikan untuk melapor ke pihak logistik juga yang kalian gunakan untuk mengirim paket tadi.

4. Hubungi Pihak Logistik


Untuk menghubungi pihak logistik, kalian bisa mencoba lewat akun media sosial terlebih dahulu. Jika masalah cukup serius akan langsung diberikan email bantuan untuk menjelaskan masalah yang sedang kalian alami.

Pengalaman saya, untuk masalah paket nyasar lebih cepat pihak logistik dari pada pihak marketplace untuk menyelesaikan masalah tersebut. Setelah 2 hari saya di telpon pihak jasa pengiriman atau ekspedisi, namun sehari sebelumnya paket sudah dibawa oleh kurir ke rumah saya dan memang paket itu nyasar ke orang lain karena namanya sama.

Nah mungkin itu dia sedikit pengalaman saya dan hal-hal yang bisa kalian coba jika paket nyasar atau diterima oleh orang lain. Jika sekiranya cabang ekspedisi yang terdekat dari lokasi rumah kalian masih buka, kalian lebih baik langsung datang dan tanyakan saja.

Karena kebetulan waktu paket saya diterima pada hari Jumat sore dan saya langsung kesana ternyata sudah tutup. Jadi saya menghubungi pihak toko online dan pihak logistik untuk mengkonfirmasi jika paket saya telah diterima oleh orang lain.


EmoticonEmoticon