Rabu, 22 Mei 2019

Arti dan Istilah Kode Pengiriman Paket SiCepat

Arti dan Istilah Kode Pengiriman Paket SiCepat

KEPOINDONESIA.id - Jasa pengiriman di Indonesia ini sangat banyak sekali pilihannya, terutama yang populer atau yang sering digunakan untuk mengirim barang-barang saat kita belanja online. Mulai dari Pos Indonesia, JNE, J&T, Tiki, dan SiCepat. Nah jika kalian sering menggunakan jasa SiCepat, kali ini saya akan membagikan beberapa istilah pengiriman SiCepat.

Nah pas kalian cek resi SiCepat untuk melihat status pengantaran pasti kalian sering melihat istilah-istilah yang kalian tidak ketahui, seperti Pickup Failed ataupun Pick Up. Dan untuk jasa logistik atau ekspedisi SiCepat ini juga memiliki status sendiri yang mereka gunakan untuk menunjukan status paket kalian itu.

SiCepat ini merupakan jasa layanan ekspedisi yang sangat mendukung untuk bisnis. Karena ada beberapa layanan dari SiCepat ini, yaitu:

H3LO (Heboh 3 kilo)


H3LO adalah sebuah inovasi baru yang membantu customer SiCepat Ekspres dalam pengiriman barang dengan harga yang lebih terjangkau. Kirim barang dengan maksimal berat 3,29 kg hanya bayar 1 kg. Layanan ini hanya khusus bagi kalian yang menggunakan service Reguler dan customer sosial media/drop paket, tidak termasuk marketplace/e-commerce

SICEPAT GO!


SiCepat Go! adalah layanan pengiriman internasional yang bisa bikin bisnis kalian makin lancar, hemat, aman dan cepat sampai, karena SiCepat Go! memberikan : Layanan pick up GRATIS dengan berat per paket maksimal 70 kg. Ongkir hemat dengan tambahan diskon 10%. Jangkauan yang luas ke mancanegara seperti Benua Asia dan Australia

SICEPAT SYARIAH


SiCepat Ekspres resmi bekerjasama dengan Dompet Dhuafa pada tanggal 1 November 2018. Bagi kalian member SiCepat Syariah yang bersedia menyumbangkan 2,5% dari potongan ongkir yang diterima, kini kalian lebih mudah untuk berbagi rejeki kepada pesantren & sekolah literasi Indonesia di wilayah Cilacap & Lombok melalui Dompet Dhuafa.

SICEPAT CARGO


Layanan baru dari Sicepat Cargo dengan paket yang lebih banyak dengan harga yang lebih murah. Dengan pengiriman minimal 5 kg saja. Dan saat ini hanya berlaku untuk wilayah JABODETABEK dan Bandung.

Namun sebelum kita bahas daftar kode pengantaran pengiriman paket SiCepat, kalian bisa baca cara cek resi JNE dan J&T Express dan kalian wajib tau kantor pusat SiCepat dan kontak Customer Service nya di:

Kantor Pusat SiCepat
  • Jl. Ir. H. Juanda 3 No. 17-19, RT.008/RW.002, Kel. Kebon Kelapa Kec. Gambir, Jakarta Pusat 10120
Customer Service SiCepat
  • Telepon: 021-5020-0050
  • Line: @sicepat
  • Email: Support: customer.care@sicepat.com
Berikut istilah-istilah pada status pengiriman SiCepat

Kode Istilah Pengiriman Paket SiCepat


Manifested
Paket kalian yang akan dikirim sudah diterima di kantor SiCepat dan menunggu proses pengiriman.

On Transit
Paket kalian yang dikirim sedang transit di kota lain, dan akan segera dijadwalkan untuk dikirim ke kota tujuan.

On Process
Paket kalian sedang dalam proses pengiriman.

Diterima di Perwakilan (ROD/Received on Destination)
Paket kalian sudah diterima kantor perwakilan SiCepat di kota tujuan, tapi belum dikirim ke alamat tujuan atau alamat kalian.

Delivered
Paket kalian sudah diantar dan diterima di alamat tujuan atau alamat kalian.

Antar Ulang (AU)
Paket kalian sudah dibawa oleh pengantar paket tapi karena belum sempat dikirimkan pada hari sebelumnya maka akan dikirim ulang pada hari berikutnya.

Bad address (BA)
Alamat yang dituju atau alamat kalian tidak jelas atau ada kesalahan penulisan alamat, nomor jalan/rumah/RT/RW, kode pos dan sebagainya. Nomor telepon penerima sudah dihubungi tapi tidak diangkat, selanjutnya barang tersebut dibawa kembali oleh kurir.

Misroute
Pengiriman paket salah jalur atau salah tujuan. SiCepat akan langsung membetulkan jalur pengiriman paket yang benar.

CODA (Closed Once Delivery Attempt)
Paket kalian telah diantar sampai ke alamat tujuan atau alamat kalian, tetapi alamat tersebut salah atau kosong. Mohon hubungi kantor perwakilan SiCepat jika muncul status ini.

Cnee Unknown
Nama penerima paket tidak dikenali di alamat tujuan atau penerima ternyata tidak tinggal di alamat tujuan. Kemungkinan disebabkan oleh kesalahan penulisan nama atau alamat saat mengirim paket.

NTH (Not Home)
Paket sudah diantar ke alamat tujuan atau alamat kalian tapi tidak ada orang yang menerima.

PAKET TELAH DI INPUT (MANIFESTED) DI [NAMA DAERAH]
Paket kalian sudah dikirimkan oleh penjual dan sedang berada di Counter SiCepat di Kota atau Daerah Penjual / Pengirim Paket.

PAKET TELAH DI TERIMA DI [NAMA KOTA] [NAMA DAERAH]
Paket kalian sudah ada di Gudang Pusat Penjual atau Pengirim Paket.

PAKET TELAH DI TERIMA DI [NAMA KOTA] [NAMA DAERAH]
Paket kalian sudah ada di Gudang, dan masuk antrian kirim dan dikirim ke Gudang yangg lebih dekat dengan alamat Penerima atau alamat kalian.

PAKET DIBAWA [SIGESIT - NAMA KURIR]
Paket kalian sudah dibawa kurir dan dalam proses pengantaran ke alamat penerima atau alamat kalian

PAKET DITERIMA OLEH [NAMA ORANG/PENERIMA - (YBS) YANG BERSANGKUTAN]
Paket telah selesai dikirim

Nah itu dia arti status pengiriman SiCepat yang bisa kalian gunakan sebagai patokan saat cek paket dengan jasa pengiriman SiCepat. Saya rangkum semuanya dari pada satu-satu seperti status masuk ke fasilitas logistik, jadi saya buatkan semua status pengiriman SiCepat jadi satu.

Banyak juga yang menanyakan arti ANT, IN, ataupun Outbound pada status pengiriman SiCepat, namun untuk status tersebut tidak terlalu berarti dan saya sendiri tidak tau artinya apa. Jadi kalian cukup lihat status pengiriman yang diatas saja yang sering muncul saat cek resi tidak hanya di SiCepat saja mungkin, JNE, J&T pun mungkin akan sedikit sama.

Dan jika kalian belum tau 9 arti status atau istilah dalam pengiriman Ninja Xpress, kalian bisa baca 9 arti status pengiriman Ninja Xpress Ninja Van. Mungkin saja kalian lain waktu menggunakan jasa Ninja Xpress bukannya SiCepat.


EmoticonEmoticon