4 Penyebab HP Tidak Berbunyi Saat Menerima Panggilan Masuk atau Telepon

4 Penyebab HP Tidak Berbunyi Saat Menerima Panggilan Masuk atau Telepon

KEPOINDONESIA.id - Sering kali seseorang tidak bisa mengangkat suatu panggilan telepon karena alasan tertentu. Yang paling umum terjadi yaitu karena tidak tau, seperti pada waktu tidak membawa HP, HP sedang dalam kondisi mati, atau sedang tidak ada sinyal. Namun faktor yang sering saya dan beberapa orang alami ialah HP tidak berbunyi saat ada Telepon.

Tidak ada suara saat Telepon masuk di HP kita merupakan hal yang sering terjadi beberapa tahun belakangan ini, karena gaya hidup sudah berganti juga. Mungkin dulu banyak orang yang menggunakan nada dering telepon saat ada panggilan masuk ataupun sms masuk.

Namun beberapa tahun belakangan ini dan mungkin untuk beberapa tahun kedepan, nada dering sudah tidak nge-trend lagi. Dulu banyak orang yang belomba-lomba untuk menggunakan nada dering yang bagus pada HP mereka.

Mungkin jika dulu sebelum era Android seperti sekarang, nada dering Nokia bisa dibilang nada dering yang paling populer. Selain Nokia, nada dering milik BlackBerry menurut saya juga bagus.

Sedangkan pada era Android, rata-rata nada dering nya hampir sama walaupun beda merk. Misalnya Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, bahkan Nokia yang sudah menggunakan OS Android nada deringnya sama seperti smartphone Android lainnya.

Lalu yang menjadi pertanyaan, kenapa saat ada telepon masuk HP tidak berbunyi? atau lebih tepatnya kenapa nada dering telepon tidak berbunyi saat ada panggilan masuk? Sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa HP tidak bunyi jika ada telepon.

Penyebabnya pasti kalian sudah tau, namun kalian tidak sadar bahwa hal itu menyebabkan suara HP jadi hilang saat ada telepon. Jadi kalian bisa baca beberapa penyebab yang akan saya tuliskan dibawah ini, namun sebelum itu kalian bisa baca jangan tertipu dengan kode pulsa gratis dan kuota gratis serta penyebab HP Oppo sinyalnya lemah.

Penyebab Tidak Ada Suara Saat Ada Telepon


1. Mode Silent Aktif


Penyebab pertama jika HP tidak berbunyi saat ada telepon masuk atau sms masuk ialah karena sedang dalam mode silent. Mode silent ini sering kali aktif secara tidak sengaja saat kita mengecilkan volume media namun kebablasan sampai mode diam atau silent ini aktif.

Jika mode silent aktif, HP kalian tidak akan berbunyi dan bergetar jika ada pemberitahuan masuk baik telepon, sms ataupun pemberitahuan dari aplikasi pihak ketiga seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp.

2. Mode Getar Aktif


Nah jika mode getar aktif, jika ada pemberitahuan masuk hanya akan bergetar saja dan tidak akan berbunyi. Untuk mode yang satu ini merupakan mode yang paling banyak digunakan oleh orang-orang jaman sekarang. Untuk orang jaman dulu lebih suka mode umum.

Jadi, jika ingin berbunyi saat ada panggilan, HP kalian jangan di setting dalam 2 mode diatas yaitu Silent/Diam atau Vibration/Getar.

3. Volume Dering Mati


Untuk yang satu ini lebih cocok bukan mati, namun mentok paling kiri sendiri alias bisu. Jadi jika volume dering mentok paling kiri otomatis akan berubah menjadi mode getar. Hal ini sering terjadi karena banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Jadi kalian wajib membedakan volume dering, volume media dan volume alarm. Karena ketiga pilihan tersebut memiliki fungsi yang berbeda beda.


4. Mode Jangan Ganggu/Senyap Aktif


Untuk penyebab yang ini mungkin jarang terjadi, karena tidak semua HP memiliki fitur jangan ganggu ataupun mode senyap. Misalnya ada, fitur ini tidak terlalu mencolok seperti mode silent dan getar, jadi kemungkinan salah pencetnya sangat sedikit.

Nah itu dia beberapa penyebab kenapa HP tidak bersuara ketika ada telepon masuk. Untuk mengatasinya kalian cukup aktifkan mode suara saja jika lebih suka berbunyi jika ada pemberitahuan masuk. Untuk saya pribadi lebih suka mode getar.

Sedangkan jika kalian menelpon seseorang namun nomor tidak aktif atau tidak dapat dihubungi, kalian bisa baca penyebab kenapa nomor tidak terdaftar, tidak dapat dihubungi, dan tidak aktif. Karena nomor yang tidak aktif dan lain-lainnya sering kali kita temui saat menelpon nomor seseorang.


EmoticonEmoticon