Senin, 10 Juni 2019

Cara Menukar Uang Baru di Bank dan Persyaratan Yang Harus di Bawa

Cara Menukar Uang Baru di Bank dan Persyaratan Yang Harus di Bawa

KEPOINDONESIA.id - Lebaran merupakan momen yang sangat menyenangkan, khususnya bagi anak-anak dan saudara jauh yang jarang atau tidak pernah bertemu selama bertahun-tahun. Saat lebaran bisa dibilang semuanya serba baru, pakaian baru, warna cat rumah baru, kendaraan baru dan masih banyak lainnya yang banyak menjadi baru saat lebaran. Salah satu yang paling penting yaitu uang baru, terutama uang receh baru.

Uang baru saat lebaran bisa dibilang hal yang wajib selain pakaian baru. Biasanya pecahan uang baru tersebut seperti pecahan 2 ribu, 5 ribu, 10 ribu, 20 ribu, bahkan 50 ribu. Sedangkan untuk pecahan 1 ribu sudah tidak banyak yang menukarkan, paling sedikit sekarang yaitu pecahan 2 ribuan.

Namun masih banyak orang yang tidak tau cara menukar uang baru, terutama cara menukar uang di bank. Memang saat lebaran tidak hanya di bank saja, namun biasanya ada juga penukaran uang keliling yang resmi diselenggarakan oleh pemerintah ataupun Bank Indonesia. Namun, banyak orang yang tidak tau jadwal penukaran uang keliling tersebut.

Selain itu untuk penukaran uang keliling juga tidak ada di kabupaten ataupun kota-kota kecil, hanya ada di kota-kota besar saja. Oleh karena itu saya akan memberikan cara menukar uang baru di bank untuk digunakan saat lebaran berdasarkan pengalaman saya. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara transfer uang dari Jenius ke bank BCA dan cara melihat nomor CVV dan nomor kartu e-card Jenius.

Syarat Yang Harus di Bawa Saat Menukar Uang Baru di Bank

1. Sejumlah Uang

2. Kartu Identitas

3. ATM/Buku tabungan dari berbagai Bank yang dimiliki

Kenapa saya menyarankan untuk membawa sejumlah ATM/Debit atau buku tabungan dari berbagai Bank yang kalian miliki? Karena rata-rata Bank akan menerima penukaran uang baru hanya untuk nasabah saja. Sebagai contoh kalian nasabah Bank BCA dan ingin menukar uang baru di Bank BRI itu tidak bisa.

Jadi jika kalian juga menjadi nasabah bank BRI walaupun tidak ada saldonya silakan bawa saja sebagai bukti jika kalian benar nasabah bank BRI supaya bisa menukar uang baru.

Cara Tukar Uang Baru di Bank


1. Langkah pertama untuk cara menukar uang di bank silakan kalian datang ke bank pusat di daerah kalian, bukan di cabangnya. Sambil membawa 3 syarat yang sudah saya jelaskan di atas.

2. Setelah sesampainya di bank, silakan kalian tanyakan ke satpam terlebih dahulu bisa tidak bank tersebut menukar uang baru. Jika satpamnya tau dan bisa, nantinya kalian akan diantar atau diarahkan ke antrian untuk menukar uang baru tanpa mengambil nomor antrian. Jika satpamnya tidak tau nantinya kalian diarahkan ke dalam supaya bisa tanya langsung ke teller atau bisa tanya satpam yang ada di dalam.

3. Jika di bank tersebut bisa menukar uang baru, silakan kalian jelaskan kalian ingin menukar uang dengan jumlah nominal berapa dengan pecahan apa. Jika ditanya kartu identitas dan menjadi nasabah di bank tersebut atau tidak silakan kalian jelaskan saja. Jika tidak ditanya tidak usah bilang.

4. Jika bank tersebut tidak bisa menukar uang baru atau stok uang baru sudah habis, silakan kalian pergi dari bank tersebut dan bisa mecoba di bank lainnya.

Mungkin itu saja cara untuk menukar uang baru di bank sesuai pengalaman saya saat ingin menukar uang baru saat lebaran 1440H. Jika ramai mungkin saja kalian wajib mengambil nomor antrian seperti di Bank BRI, BCA, dan BNI. Di Bank Jateng saya lihat juga cukup ramai kemarin saat saya ingin menukarkan sejumlah uang.

Sedangkan untuk Bank BTPN, Danamon, dan Cimb Niaga relatif sepi. Terakhir jika kalian tidak ingin kehabisan stock uang baru, silakan kalian menukar uangnya saat pertengahan Ramadhan, jika sudah dibuka penukaranan uang barunya ya Alhamdulillah, namun jika belum kalian bisa datang 2 atau 3 hari kedepannya.

Selain itu kalian bisa baca arti nomor referensi nasabah yang sering ditemui oleh nasabah bank BRI. Pasti jika kalian nasabah bank BRI dan sering menggunakan Internet Banking dan Mobile Banking sering menemui hal tersebut, maka dari itu kalian wajib mengetahuinya.


EmoticonEmoticon