Estimasi Pengiriman Tepat Waktu atau Tidak?

Estimasi Pengiriman Tepat Waktu atau Tidak?

KEPOINDONESIA.id - Estimasi Pengiriman biasanya digunakan oleh pembeli untuk mengetahui paket yang mereka tunggu akan sampai di tanggal atau di hari apa. Jika paket tidak akan kalian terima langsung alias di rumah sudah ada orang hal ini sebenarnya bisa kalian abaikan.

Tetapi jika tidak ada orang lain yang akan menerima paket kecuali kalian khususnya jika ada pembayaran tunai seperti pembayaran COD lebih baik kalian memperhatikan estimasi pengiriman.

Estimasi sendiri sebenarnya tidak hanya kalian temui di marketplace saja saat belanja online. Karena di aplikasi pembelian & penjualan saham dan mata uang kripto juga terdapat kata estimasi atau lebih detailnya estimasi saldo atau aset.

Tetapi estimasi saldo atau aset hampir sama seperti nilai aslinya karena data yang ditampilkan terkadang realtime walaupun terkadang ada delaynya. Sedangkan estimasi pengiriman tidak realtime tergantung proses pengiriman paket di lapangan.

Supaya kalian tau lebih jelas mengenai estimasi pengiriman dan apakah estimasi pengiriman bisa tepat waktu kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Selain itu kalian perlu tau berapa lama waktu Pre-Order serta lama waktu pengiriman dari luar negeri ke Indonesia.

Jadi sebenarnya apa estimasi pengiriman itu? Singkatnya estimasi pengiriman adalah perkiraan barang atau paket sampai ke alamat tujuan atau penerima. Ada 2 faktor yang mempengaruhi estimasi pengiriman.

Yang pertama faktor layanan jasa pengiriman yang di pilih dan yang kedua faktor lokasi alamat tujuan. Selain kedua faktor tadi faktor di lapangan juga sangat berpengaruh seperti banyaknya paket yang akan dikirim serta perjalanan paket saat dibawa dari penjual ke kota pembeli.

Tetapi sepengalaman saya, untuk hari normal estimasi pengiriman yang ditampilkan oleh marketplace terbilang cukup akurat. Sebagai contoh paket dari Jakarta ke Magelang menggunakan layanan reguler estimasinya rata-rata 4-5 hari.

Apapun jasa ekspedisi atau jasa logistik yang digunakan untuk Jakarta -Magelang 3-5 hari. Nah sepengalaman saya pada hari biasa paket akan datang tidak lebih dari hari ke 5 setelah paket di kirim oleh penjual.

Terkadang di hari ketiga paket sudah datang, walaupun yang paling sering di hari ke-4 rata-rata paket yang saya beli sudah datang. Jadi estimasi pengiriman ialah perkiraan, walaupun perkiraan tetapi bisa benar.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang estimasi pengiriman. Pesan dari saya lebih baik kalian rajin-rajin lacak paket yang ingin kalian terima menggunakan nomor resi. Jika statusnya sudah Delivery Courier artinya paket sudah di antar ke alamat tujuan dan kalian hanya perlu menunggunya.

Kalian pengguna JX Express tetapi kalian tinggal di luar pulau Jawa? kalian bisa baca artikel tentang lama pengiriman JX Express untuk wilayah luar Jawa seperti Sumatra, Kalimantan, dan Papua.


EmoticonEmoticon