Jumat, 26 Juli 2019

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu Baru Tidak Muncul Data Seluler & Jaringan Data

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu Baru Tidak Muncul Data Seluler & Jaringan Data

KEPOINDONESIA.id - Membeli kartu perdana baru merupakan cara efektif untuk mendapatkan paket internet yang lebih murah dari pada kita harus membelinya dengan pulsa. Cara ini biasanya dilakukan oleh pengguna setia operator Tri yang memang menyediakan beberapa pilihan kartu paket yang berbeda-beda. Namun biasanya sering terjadi kartu baru tidak muncul jaringan datanya setelah kita coba dirumah, alias ada kuota tapi tidak bisa internetannya karena kartu masih baru.

Hal ini sering terjadi jika kita mencoba kartunya dirumah tidak di konter langsung. Dan kasus yang paling sering ialah pada perdana Three yang memiliki varian yang bisa dibilang banyak dari pada kartu perdana yang lainnya. Penyebabnya pun beragam ada yang bisa diatasi oleh pembeli langsung dan ada juga yang harus dilakukan oleh tukang konternya.

Saya sendiri pernah mengalami hal ini 2 kali, yang pertama bisa saya perbaiki atau saya atasi sendiri dan yang kedua terpaksa saya harus kembali ke tempat di mana saya membeli kartu perdana karena saya sudah melakukan berbagai cara tetapi tetap saja tidak bisa. Yang paling sering terjadi ialah data seluler yang tidak muncul padahal sudah diaktifkan.

Ataupun paket data aktif tapi tidak bisa internetan, hal ini bisa membuat bingung penggunanya karena kartu baru dan sudah berhasil di daftarkan atau di registrasi tapi kok tidak bisa digunakan karena data seluler, paket data, atau jaringan seluler tidak mau muncul-muncul alias hilang entah kemana.

Untuk itu, kali ini saya akan memberikan sedikit tips, penyebab dan cara mengatasi kartu baru tidak bisa internetan atau kartu baru yang tidak mau muncul data selulernya. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara menghilangkan promo planet 3, promo beli sebuah paket data baru telkomsel dan cara mengatasi tidak bisa sms dan nelpon di jaringan 4g.

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Kartu Baru


1. Paket Belum Diaktifkan


Penyebab pertama yang baru saja saya alami beberapa minggu yang lalu ialah paket belum diaktifkan baik oleh tukang konternya ataupun oleh saya sendiri. Saya sendiri baru tau bahwa paket harus diaktifkan sendiri oleh pembelinya, karena dulu jika kita beli kartu perdana kuota kita bisa langsung menggunakannya setelah proses pendaftaran selesai.

Namun yang saya alami tidak seperti itu, kartu sudah saya registrasi dan berhasil namun data seluler tidak mau muncul. Sudah saya coba berbagai hal tetap saja tidak mau muncul hingga 2 minggu. Jadi saya berinisiatif untuk kembali ke tempat dimana saya membeli kartu perdana tersebut, dan ternyata paketnya belum diaktifkan maka data seluler atau jaringan data tidak mau muncul karena belum ada paket yang aktif.

Kartu yang saya beli kemaren yaitu Tri KEWL, dan untuk mengaktifkannya cukup sms ke 234 Mau xkewl. Nanti akan ada balasan aktivasi ... sukses, berlaku hingga.., dan jika sudah muncul balasan seperti itu nantinya data seluler nya akan langsung muncul.

Jadi jika kalian bertanya-tanya kenapa data seluler tidak muncul padahal sudah diaktifkan pada kartu 3 ya penyebab paling sering yaitu paket belum aktifkan. Jadi kalian cukup datang saja ke tempat dimana kalian membeli kartu perdananya tidak sampai 5 menit, dan tidak bayar sama sekali.

2. APN Kosong


Penyebab berikutnya yaitu APN kosong, ini sering sekali terjadi jika kita berganti dari operator 1 ke operator yang lainnya. Misalnya kita awalnya munggunakan kartu IM3 dari Indosat Ooredoo lalu kemudian kalian membeli kartuAS dari Telkomsel, maka kemungkinan APN akan menjadi kosong besar sekali, walaupun ini tidak pasti terjadi.

Tapi jika APN kosong memang paket data seluler tidak akan bisa muncul walaupun paket sudah diaktifkan dan kartu sudah diregistrasikan, jadi solusi nya kalian cukup mengisi APN sesuai dengan operator yang kalian gunakan. Seperti halnya nomor pusat pesan yang kosong, nantinya kalian tidak akan bisa mengirimkan SMS.

3. Registrasi Kartu Belum Berhasil


Berikutnya penyebab yang juga sering terjadi yaitu proses registrasi kartu belum sepenuhnya berhasil alias masih gagal. Namun berdasarkan pengalaam saya, jika registarsi masih gagal biasanya data seluler tetap akan muncul jika jaringannya juga sudah muncul, namun jika jaringannya tidak muncul maka data seluler tidak akan muncul.

Cara satu-satunya yaitu silakan kalian daftarkan kartu sampai berhasil. Ciri-ciri kartu perdana sukses di registrasi yaitu kita bisa mengecek pulsa dan tidak ada tulisannya lagi tidak ada layanan walaupun sinyalnya penuh.

4. Kartu Belum Diaktifkan


Penyebab yang terakhir dan yang jarang terjadi ialah kartu belum diaktifkan alias masih perdana kosong. Hal ini bisa saja terjadi, mungkin saya mbak-mbak/mas-mas konternya lupa ada salah satu dari sekian kartu ada yang lupa belum diaktifkan, walaupun hal ini jarang terjadi. Untuk ciri kartu yang belum diaktifkan yaitu muncul tidak ada layanan dan tidak bisa cek pulsa, karena masih kartu kosong atau kartu yang belum diaktifkan.

Kartu yang belum diaktifkan dengan paket yang belum diaktifkan berbeda ya, jika paket yang belum di aktifkan kita sudah bisa SMS dan Telepon, namun jika kartunya yang belum diaktifkan maka kita tidak bisa SMS dan Telepon bahkan internetan atau cek pulsa sekalipun.

Nah itu dia cara mengatasi dan penyebab paket data seluler yang tidak mau muncul padahal sinyal penuh dan bisa cek pulsa. Jadi saya rasa, untuk cara mengatasi data seluler tidak muncul ini cukup mudah atau jika kalian dekat dengan konter dimana kalian beli kalan bisa langsung tanyakan saja.

Namun jika kartu sudah diblokir karena kartu lama dan masa aktifnya sudah habis ya tetap saja tidak bisa gunakan. Jadi kalian kalau membeli kartu yang pasti-pasti saja, dan jika ingin membeli kartu dengan nomor cantik (nocan) perlu kalian pastikan dahulu bahwa kartu tersebut masih aktif.


EmoticonEmoticon