Lama Waktu Pemindaian Aplikasi Windows Defender

Lama Waktu Pemindaian Aplikasi Windows Defender

KEPOINDONESIA.id - Sebagai sistem keamanan bawaan dari Windows, program Windows Security atau Windows Defender memiliki peran yang sangat besar demi keamanan perangkat Windows yang kalian miliki dan gunakan setiap harinya.

Selain mencegah adanya serangan dari luar Windows Defender juga bisa digunakan untuk mendeteksi virus yang ada di perangkat kalian. Seperti pada aplikasi keamanan pada umumnya pasti ada fitur scan atau pemindai.

Di Windows Security atau yang dikenal Windows Defender fitur tersebut juga ada. Setidaknya ada 4 pengaturan atau opsi yang bisa kalian gunakan untuk pemindaian mulai dari Quick Scan, Full Scan, Custom Scan, dan Microsoft Defender Offline Scan.

Masing-masing memiliki peran tersendiri dan yang bisa kalian gunakan untuk mendeteksi keseluruhan yaitu Full Scan. Nah yang menjadi pertanyaan ialah berapa lama proses pemindaian Windows Defender?.

Apakah sebentar mulai dari 5 menit sampai 10 menit atau bisa berjam-jam? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena saya akan jelaskan lama waktu melakukan pemindaian menggunakan program Windows Defender.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel lainnya mengenai Windows Defender yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Seperti cara menggunakan Windows Security atau Windows Defender serta penyebab kenapa Windows Defender tidak bisa diaktifkan.

Faktor yang paling mempengaruhi lamanya proses pemindaian Windows Defender yaitu pada opsi pemindaian yang digunakan yaitu Quick scan, Full scan, Custom scan, atau Microsoft Defender Offline Scan.

Umumnya yang digunakan yaitu Quick scan yang akan mendeteksi file pada folder yang ada di perangkat Windows. Secara dasar prosesnya terbilang cepat dan menyesuaikan dengan banyaknya file yang ada di penyimpanan perangkat.

Untuk Quick scan sepengalaman saya kira-kira antara 15 menit sampai 25 menit dan bisa lebih cepat. Sedangkan Full scan seperti namanya yaitu memindai secara penuh jadi proses pemindaiannya pasti akan lama bisa berjam-jam.

Custom scan tergantung dari pengguna sedangkan Microsoft Defender Offline Scan sama seperti Quick scan yaitu tidak lama hanya saja perangkat harus dalam posisi restart dan tidak bisa digunakan.

Supaya kalian tau lebih detailnya alangkah baiknya kalian coba terlebih dahulu dan waktu perkiraannya tidak akan jauh dari percobaan pertama. Yang jelas kalian harus rutin melakukan scan atau lakukan scan ketika Windows Security menampilkan peringatan.

Selain melakukan scan menggunakan Windows Defender apakah kalian pernah mengalami tidak bisa membuka folder? jika kalian sering mengalaminya kalian harus tau penyebab kenapa folder tidak bisa dibuka dan dilihat.


EmoticonEmoticon