Cara Mengatasi Jaringan 4g Tidak Bisa Untuk SMS dan Telepon

Cara Mengatasi Jaringan 4g Tidak Bisa Untuk SMS dan Telepon

KEPOINDONESIA.id - Smartphone dengan dukungan 4g atau 4g LTE wajib ada di semua ponsel pintar keluaran terbaru. Untungnya smartphone keluaran terbaru saat ini semua sudah support jaringan 4g LTE, walaupun untuk OS tidak semua smartphone terbaru menggunakan OS terbaru yang tersedia. 

Namun yang akan saya bahas disini yaitu jaringan 4g LTE, tepatnya cara mengatasi tidak bisa sms dan tidak bisa telpon saat 4g. Pasti orang yang baru pertama kali memiliki HP 4g dan ikut-ikutan seperti orang lain yang mengunci atau lock jaringan pada 4G only pasti pernah mengalami tidak bisa melakukan telpon atau sms dan jika ada telpon dan sms masuk tidak akan sampai ke kita.

Jaringan 4g itulah salah satu penyebab HP tidak bisa telepon. Kita bisa melakukan panggilan namun tidak akan terhubung. Sebagai contoh jika kita menelpon nomor kita yang satunya itu tidak akan berhasil, padahal nomor aktif tapi tidak bisa dihubungi.

Nah sedangkan jika kita mengirim SMS nantinya sms tidak akan terkirim ke semua nomor. Namun jika sms tidak terkirim hanya ke satu nomor, kalian bisa baca cara mengatasi sms tidak terkirim ke satu nomor serta penyebab HP tidak bisa menerima sms dari orang lain.

Lalu kenapa pada saat jaringan 4g kita tidak bisa menerima dan melakukan sms serta panggilan keluar? Hal ini bisa terjadi karena jaringan 4g LTE sendiri sebenarnya tidak mendukung fitur SMS dan Telepon, tidak seperti 3g, dan 2g. Jadi 4g ini cuma bisa buat internetan saja, kecuali 4g LTE milik Smartfren, karena sudah mendukung VoLTE (Voice over LTE).

Jadi jika Telkomsel 4g tidak bisa telepon dan sms, 4g indosat tidak bisa telepon dan sms ataupun milik XL, Axis, dan Tri tidak bisa sms dan telepon saat kita di jaringan 4g merupakan hal yang wajar. Lalu bagaimana cara supaya kita bisa menerima sms dan telepon serta bisa mengirim sms dan bisa melakukan panggilan keluar pada saat di jaringan 4g?

Caranya mudah, sebenarnya jika 4g milik kalian tidak di lock di 4g only hal seperti ini tidak akan terjadi, namun jika kalian pernah melakukannya ataupun ada orang lain yang mengunci jaringan 4g di HP kalian, kalian bisa mengembalikannya dengan cara dibawah ini.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Telepon dan SMS di Jaringan 4g


1. Penyebab HP tidak bisa sms dan telepon di jaringan 4g ialah karena jaringan 4g tidak bisa pindah ke jaringan 3g, ini biasanya terjadi karena di kunci di 4g only. Kenapa begitu? karena standarnya jika di jaringan 4g jika kita melakukan sms dan telepon akan berubah menjadi 3g/H sesaat.

2. Nah untuk mengatur atau mengeceknya kalian bisa ketik kode *#*#4636#*#* di dial atau panggilan

2. Nah untuk mengatur atau mengeceknya kalian bisa ketik kode *#*#4636#*#* di dial atau panggilan

3. Kemudian akan muncul tampilan Menguji antara lain Informasi telepon, Statistik penggunaan damWi-fi information, silakan kalian pilih Informasi Telepon

3. Kemudian akan muncul tampilan Menguji antara lain Informasi telepon, Statistik penggunaan damWi-fi information, silakan kalian pilih Informasi Telepon

4. Selanjutnya silakan kalian lihat pada Setel Jenis Jaringan yang Disukai, umumnya nya yaitu LTE/UMTS auto (PRL). Jadi jika bukan LTE/UMTS auto (PRL) silakan ubah ke itu. Sedangkan jika di LTE only, kalian tidak akan bisa melakukan panggilan dan sms ataupun menerima panggilan dan sms masuk

4. Selanjutnya silakan kalian lihat pada Setel Jenis Jaringan yang Disukai, umumnya nya yaitu LTE/UMTS auto (PRL). Jadi jika bukan LTE/UMTS auto (PRL) silakan ubah ke itu. Nah jika di LTE only, kalian tidak akan bisa melakukan panggilan dan sms ataupun menerima panggilan dan sms masuk

Nah itu dia cara mengatasi tidak bisa sms dan telepon saat di jaringan 4g, jika kalian tidak di LTE only atau yang ada hubungannya LTE dan only kalian akan bisa sms dan melakukan panggilan keluar. Dan jika sinyal internet mati saat telepon atau tidak bisa internetan saat telepon merupakan hal yang wajar saja.

Saya jamin, hal ini banyak yang belum tau padahal jaringan 4g LTE ini sudah ada kurang lebih 2 tahun yang lalu. Dan jika kalian tidak tau cara setting nomor pusat pesan kalian bisa baca cara setting nomor pusat pesan all operator.

Karena jika nomor pusat pesan kosong atau nomornya salah kita tidak akan bisa mengirim sms karena nantinya akan gagal. Hal ini sering terjadi jika kita baru saja membeli kartu perdana baru.


EmoticonEmoticon