Senin, 29 Juli 2019

5 Cara Mengatasi Izin Ditolak Saat Menghapus dan Memindahkan File dari Kartu SD

5 Cara Mengatasi Izin Ditolak Saat Menghapus dan Memindahkan File dari Kartu SD

KEPOINDONESIA.id - Memindah dan menghapus file sering kita kita lakukan baik di Komputer ataupun HP. Jika di HP seperti Smartphone sering kali kita memindahkan file dari Internal memori ke eksternal memori dan sebaliknya juga dari eksternal memori ke internal memori. Namun sering kali pada smartphone Android keluaran terbaru banyak sekali perizinan aplikasi, yang menyebabkan izin ditolak saat kita ingin menghapus atau memindahkan file dan folder dari eksternal memori, dalam hal ini adalah kartu SD/SD Card.

Setau saya tidak ada perizinan kartu SD jika kita memasukan kartu SD ke dalam HP Android kita, itu berdasarkan pengalaman saya. Malah yang sering kali saya jumpai adalah kartu memori atau SD Card yang tidak terbaca atau rusak, namun itu masih dapat diperbaiki dan digunakan.

Untuk pengaturan izin aplikasi dan manajemen izin aplikasi sendiri pasti kita temui sewaktu kita baru pertama menginstall aplikasi, yang umumnya aplikasi meminta izin supaya dapat mengakses beberapa fitur seperti kontak, GPS, kamera dan lain-lainnya di smartphone kita. Sedangkan untuk izin kartu SD ini saya baru tau.

Mungkin saja ini merupakan sistem keamanan supaya file dari SD Card tidak mudah masuk ke internal memori smartphone kita, karena bisa saja orang lain memasukan kartu memori miliknya lalu memindahkan file berbahaya ke dalam HP kita, ini bisa saja terjadi. Salah satu ciri jika HP kita memerlukan izin akses dari memori eksternal ialah file tidak bisa dihapus di kartu memori, baik file yang berukuran kecil sampai yang besar.

Izin ditolak

Jadi jika kalian tidak bisa menghapus file di SD Card mungkin saja HP kalian memiliki sistem keamana tersendiri. Lalu bagaimana cara mengatasi file tidak bisa dihapus di SD Card? Sebenarnya jika kalian sedikit penasaran, hal ini bisa diatas dengan berbagai percobaan. Karena banyak orang yang mendapati peringatan izin ditolak cuek-cuek saja sampai tidak pernah menghapus file yang tidak berguna sampai 1 tahun.

Namun sebelum kita lanjut untuk membahas solusi izin ditolak di Android, kalian bisa baca terlebih dahulu solusi android terdeteksi root dan cara mengatasi jaringan tidak menyediakan informasi tanggal dan waktu. 2 hal tersebut sering terjadi maka dari itu kalian wajib tau cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Izin Ditolak di Android


1. Hapus Data Aplikasi File Manager


Cara pertama yang bisa kalian lakukan jika file tidak dapat dihapus ataupun dipindahkan karena izin ditolak yaitu silakan kalian hapus saja data aplikasi File Managernya. Hal ini sering terjadi jika isi dari kartu SD kita banyak sekali jadi sering kali File Manager kesusahan untuk membacanya.

Menghapus data aplikasi File Manager ini tidak akan menghapus file-file yang ada di kartu memori kalian, karena ini akan menghapus data dari aplikasi yang digunakan untuk membaca kartu memori atau SD Card. Jadi kalian tidak usah takut jika nantinya isi dari kartu memori kalian akan ikut terhapus.

2. Cabut Pasang Kartu SD di Pengaturan


Seperti halnya mengatasi kartu SD yang tidak terbaca atau rusak, cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah izin ditolak saat ingin memindahkan atau menghapus sebuah file di eksternal memori. Kalian cukup pergi ke Pengaturan>Penyimpanan>Cabut kartu SD>Selanjutnya klik Pasang kartu SD.

3. Gunakan File Manager Pihak ke 3


Nah jika sudah mengikuti 2 cara diatas dan masih gagal memindahkan atau menghapus file dari SD Card, kalian bisa menginstall file manager pihak ke 3 di Play Store. File manager pihak ke-3 merupakan aplikasi yang bukan bawaan dari HP, seperti EZ File Explorer, ZArchiver, Root Explorer dan masih banyak yang lainnya.

Kelebihan dari file manager pihak ke 3 ini fiturnya jauh lebih lengkap dari pada yang bawaan, dan yang pasti bisa digunakan untuk rename format file yang di kebanyakan aplikasi File Manager bawaan tidak bisa.

4. Restart


Nah jika ke 3 cara diatas sudah dilakukan namun masih muncul peringatan izin aplikasi, kalian bisa mencoba mereboot atau restart HP Android kalian. Dengan merestart HP nantinya software akan ikut merestart dan jika sudah nyala kembali semua aplikasi akan stabil kembali.

5. Kembali Ke Pengaturan Pabrik


Nah mungkin cara ini jalan satu-satunya yang bisa kalian coba. Namun jika izin ditolak hanya muncul saat mengahapus dan memindahkan file dari kartu SD mungkin dengan cara ke 3 dan 4 akan normal kembali, namun jika izin ditolak saat menjalankan aplikasi kalian bisa menggunakan cara yang satu ini.

Biasanya pemberitahuan izin ditolak saat menjalankan aplikasi atau game seperti ini "Semua izin diperlukan untuk menjalankan game!Harap buka pengaturan aplikasi dan izinkan: Ruang Penyimpanan: Diperlukan untuk menginstal aplikasi dan memuat aset game."

Nah itu dia beberapa cara untuk mengatasi izin di tolak yang sering kali muncul di Android. Kalian bisa mencobanya satu-satu, mungkin saja nantinya akan berhasil. Dan untuk izin ditolak di kartu SD saya rasa kalian perlu menginstall aplikasi file manager pihak ke-3 atau jika mau kalian bisa mencari beberapa settingan di pengaturan.

Selain itu jika kalian sering kali mengalami pop up matikan dan hidupkan kembali HP anda kalian bisa baca cara mengatasi pop up matikan dan hidupkan kembali hp anda dan cara memperbaiki sensor HP yang tidak berfungsi dengan mudah tanpa pergi ke tukang servis.


EmoticonEmoticon