3 Solusi Mengatasi Folder Tidak Bisa Dibuka

3 Solusi Mengatasi Folder Tidak Bisa Dibuka

KEPOINDONESIA.id - Folder adalah tempat dimana data dan file disimpan dan di kelompokan supaya mudah di cari dan di akses. Secara umum folder bisa terbuat dan muncul sendiri karena aplikasi memerlukan folder terkait.

Penggunaan folder sudah biasa dilakukan bagi pengguna perangkat mobile dan desktop. Karena dengan adanya folder pengguna dapat mengelompokan file-file tertentu supaya mudah di cari dan tidak menumpuk.

Selain itu folder aplikasi akan muncul sendiri dengan file dan data yang diperlukan aplikasi. Tanpa dibuat secara manual folder tersebut pasti ada jika aplikasi memang membutuhkan folder tadi.

Nah yang menjadi pertanyaan ialah apakah kalian pernah mengalami folder tidak bisa dibuka? Secara umum seharusnya semua folder dapat di buka dan di akses karena tidak perlu aplikasi khusus untuk membuka folder.

Berbeda dengan file .ZIP dan .RAR yang membutuhkan aplikasi khusus untuk membuka dan mengekstrak file dan data yang ada di dalamnya. Jika kalian sedang mengalami tidak bisa membuka folder kalian berada di artikel yang tepat.

Karena kali ini saya akan menjelaskan tentang solusi mengatasi folder yang tidak bisa dibuka. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara melihat ukuran folder di Android serta cara menghilangkan tanda seru di Windows Defender.

Solusi Folder Tidak Bisa Dibuka


1. Karena Folder Sistem


Yang pertama karena folder yang ingin kalian akses termasuk folder sistem. Kasus ini sangat sering terjadi di Android karena tanpa akses khusus kalian tidak akan bisa mengakses folder sistem walaupun folder tersebut terlihat.

Perlu akses root supaya pengguna bisa mengakses semua folder yang ada di Android. Walaupun kalian menggunakan aplikasi seperti Root Explorer kalian tidak akan bisa membuka folder sistem tanpa memiliki akses root.

2. File di Folder Terlalu Banyak


Ukuran folder yang sangat besar mungkin bisa menyebabkan folder agak lambat saat dibuka. Tetapi jika folder menyimpan banyak file sampai ribuan kemungkinan besar folder tidak akan bisa dibuka.

Kalian harus membuka folder tersebut di perangkat desktop seperti Laptop atau Komputer. Karena perangkat Android yang kalian miliki tidak akan kuat. Folder belum terbuka tetapi File Manager sudah berhenti terlebih dahulu.


3. Gunakan Aplikasi File Manager Khusus


Yang terakhir kalian bisa membuka folder terkait dengan aplikasi file manager khusus seperti Root Explorer atau ZArchiver. Kedua aplikasi tersebut cukup ringan dan bisa mengakses folder root jika perangkat sudah memiliki akses.

Oleh karena itu bagi kalian pengguna Android minimal kalian menginstall salah satu dari kedua aplikasi tadi. Jika bisa kalian install keduanya karena sebenarnya kedua aplikasi tadi memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Nah itu dia beberapa solusi untuk mengatasi folder yang tidak bisa dibuka di Android. Kasus folder tidak bisa terbuka di Windows jarang terjadi, jika terjadi kemungkinan besar karena folder tersebut memiliki banyak file dengan ukuran yang besar-besar.

Semoga dengan adanya artikel ini kalian semua bisa terbantu. Tidak tau cara memindah file dan data ke kartu SD? jika kalian tidak tau caranya kalian bisa baca cara memindahkan data dari memori telepon ke kartu memori.


EmoticonEmoticon