Senin, 08 Juli 2019

4 Cara Mengatasi Peringatan Terdeteksi Root di Android

4 Cara Mengatasi Peringatan Terdeteksi Root di Android

KEPOINDONESIA.id - Istilah root sudah tidak asing lagi untuk sebuah perangkat Android. Dulu sewaktu Android 5.1 kebawah atau lolipop kebawah untuk dapat melakukan root pada Android bisa dibilang gampang sekali, namun sekarang tidak. Namun yang ingin saya bahas bukanlah itu, melainkan cara menghilangkan peringatan akun kamu terdeteksi root, perangkat anda terdeteksi sebagai root, ataupun ponsel anda terdeteksi rooted.

Untuk pemberitahuannya sendiri bermacam-macam, namun intinya yaitu HP yang kita gunakan terdeteksi root oleh keamanan aplikasi yang ingin kita gunakan. Jika muncul tulisan seperti itu, kita tidak dapat menggunakan dan mengakses aplikasi yang bersangkutan.

Beberapa aplikasi yang melarang penggunanya atau tidak mengijinkan penggunakan mengggunakan aplikasi tersebut dalam kondisi HP rooted adalah aplikasi LinkAja, aplikasi Grab, aplikasi Internet Banking dan Mobile Banking, aplikasi Go-jek, DANA, dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang lainnya yang jika HP Android kita dalam keadaan rooted kita tidak dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Akun kamu terdeteksi root

Lalu apa maksud terdeteksi root itu? ya ponsel kalian dalam posisi root, karena banyak developer khususnya yang berhubungan dengan keuangan tidak mengijinkan ponsel root untuk menggunakan aplikasi yang mereka miliki. Kenapa begitu? seperti yang kita tahu, jika Android sudah di root sistem keamanan Android tersebut sudah dibuka, namun penggunanya jadi dapat mengakses secara penuh ponsel yang mereka miliki.

Lalu apa mungkin HP tidak di root tapi terdeteksi root? saya rasa tidak. Peringatan tersebut pasti hanya muncul pada perangkat atau device yang sudah di root saja. Lalu bagaimana cara menyembunyikan , mengatasi, supaya tidak terdeteksi root? Caranya susah-susah gampang, namun sebelum kita bahas caranya kalian bisa baca dulu cara verifikasi email akun LinkAja setelah mendaftar dan cara mengatasi masa grace periode kartu Telkomsel.

Cara Menyembunyikan Tulisan Terdeteksi Root di Android


1. Unroot


Langsung saja tanpa basa-basi cara yang paling saya rekomendasikan yaitu silakan unroot saja HP Android kalian. Untuk saat ini saya rasa root ini sudah tidak terlalu menarik lagi, tidak seperti beberapa tahun yang lalu. Kenapa saya bilang begitu?

Yang pertama yaitu soal beberapa aplikasi yang tidak mendukung rooted device, dan yang kedua karena untuk smartphone khususnya Android semakin lama spesifikasi yang diberikan oleh produsen semakin lama semakin bagus dengan harga yang terjangkau.

Jadi saya rasa, melakukan root saat ini tidak terlalu menarik lagi apalagi dilakukan kepada ponsel flagship, jadi kesan flagship nya akan hilang karena tidak bisa menggunakan aplikasi seperti Internet Banking dll. Dan jika kalian tidak tau maksud nomor referensi nasabah, kalian bisa baca arti nomor referensi nasabah di Internet Banking.

2. Hide Root di Magisk


Jika kita bahasa soal root, pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang namanya SuperSU. Nah Magisk ini merupakan aplikasi yang salah satunya untuk melakukan proses rooting di Android. Berbeda dengan SuperSU, Magisk ini tidak mengubah sistem partisi di perangkat Android yang ingin dilakukan proses rooting.

Salah satu keunggulan Magisk ini yaitu status rooted bisa tidak terlihat atau tidak terdeteksi dan bisa di hide supaya aplikasi perbankan bisa digunakan seperti BCA Mobile, Mandiri Mobile, BRI Mobile, Permata Mobile, perangkat anda terdeteksi sebagai root dan masih banyak yang lainnya.

Jadi jika kalian tetap ingin HP Android kalian dalam kondisi root tapi juga ingin menggunakan beberapa aplikasi yang sudah saya sebutkan, kalian bisa hide root lewat Magisk. Cara ini cukup berhasil dan banyak digunakan oleh pengguna Andoird yang doyan oprekers.

3. Install Ulang Package Magisk


Nah jika kalian sudah centang hide root di Magisk namun tetap saja terdeteksi rooted, kalian bisa install ulang saja package Magisk di pengatauran App Magisk. Untuk masalah ini wajar terjadi, seperti hal nya proses rooting, tidak semua proses di HP yang sama akan berhasil.

Jadi jika masih terdeteksi root namun sudah di hide root, kalian cukup install ulang saja package Magisk nya, saya jamin nantinya tidak akan terdeteksi lagi.

4. Hard Reset


Nah cara terakhir silakan jika sudah hide root dan install package Magisk namun tetap saja tidak berhasil kalian bisa melakukan hard reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Namun sebelum kalian melakukan cara ini pastikan kalian setelah hide root di Magisk dan install ulang package Magisk kalian sudah me reebot HP kalian, karena banyak yang tidak mereboot dulu lalu bilang gagal.

Namun jika tidak mau hard reset ya jalan satu-satunya silakan kalian unroot saja device kalian supaya bisa menggunakan aplikasi yang ingin kalian gunakan.

Nah itu dia beberapa cara untuk menyembunyikan atau mengatasi HP Android yang terdeteksi rooted. Namun untuk cara yang paling saya anjurkan yaitu silakan kalian unroot saja HP Android kalian, karena root tidak selamanya bagus.

Mungkin saran dari saya silakan kalan miliki 2 HP terlebih dahulu, yang 1 HP utama dan jangan di root untuk digunakan sebagai HP utama supaya bisa menggunakan aplikasi perbankan dan HP kedua silakan di root untuk digunakan untuk oprek atau yang lainnya.


EmoticonEmoticon