Selasa, 11 Juni 2019

Cara Memperbaiki Sensor HP yang Tidak Berfungsi Tanpa Service

Cara Memperbaiki Sensor HP yang Tidak Berfungsi Tanpa Service

KEPOINDONESIA.id - Sensor merupakan bagian penting pada sebuah smartphone yang saat ingin membelinya berperan besar untuk memikat calon pengguna. Dulu HP tidaklah penting memiliki sensor atau tidak, namun yang terpeting bisa buat sms, nelpon, musikan syukur-syukur bisa mengakses internet. Namun ada beberapa khasus sensor di hp tiba-tiba tidak bisa berfungsi, maka dari itu kali ini saya akan memberikan cara sederhana untuk mengatasi sensor hp yang tidak berfungsi.

Sensor pada sebuah smartphone memiliki daya tarik tersendiri, selain kamera, baterai dan prosesor yang digunakan. Namun untuk pemuja sensor di sebuah hp sendiri hanya ada beberapa kalangan saja, tidak seperti orang yang mendewakan sebuah smartphone karena baterai, kamera, ataupun prosesor yang digunakan.

Sebelum kita bahasa cara memperbaiki sensor yang tidak berfungsi khususnya di Android, kalian harus tau terlebih dahulu sensor apa yang sering ada di sebuah smartphone baik Android, iOS, Windows Phone ataupun HP yang menggunakan OS lainnya.

Macam-macam Sensor di HP


1. Gyroscope Sensor: Sensor yang berfungsi untuk mengukur atau mempertahankan orientasi Smartphone dengan prinsip ketetapan momentum sudut.

2. Accelerometer Sensor: Sensor yang berfungsi untuk mengukur percepatan, mendeteksi serta mengukur getaran ataupun untuk mengukur percepatan akibat gravitasi bumi.

3. Orientation Sensor: Sensor yang berfungsi untuk mengetahui orientasi dan mendeteksi posisi smartphone apakah dalam mode landscape atau portrait.

4. Ambient Light Sensor: Sensor yang berfungsi untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis berdasarkan cahaya sekitar.

5. Magnetometer Sensor: Sensor yang berfungsi untuk mengukur magnetisasi dari bahan magnetik atau untuk mengukur kekuatan arah medan magnet pada titik dalam ruang yang juga bisa digunakan sebagai petunjuk arah atau kompas.

6. Proximity Sensor: Sensor yang berfungsi untuk mengukur jarak antara perangkat dengan benda penggunanya.

7. Sound Sensor: Sensor yang berfungsi untuk mengukur taraf intensitas / kadar bunyi.

8. Temperature Sensor: Sensor yang berfungsi untuk untuk mengukur suhu udara di sekitar smartphone secara real time.

9. Pressure Sensor: Sensor yang berfungsi untuk mengukur tekanan udara di sekitar smartphone secara real time.

Itu dia beberapa sensor yang ada atau diterapkan di smartphone kekinian. Sebelum ke cara memperbaiki sensor hp yang tidak berfungsi, kalian bisa baca terlebih dahulu cara mengatasi memori sistem penuh dan cara mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup saat instal dan update aplikasi.

Cara Mengatasi Sensor HP Yang Tidak Berfungsi


1. Bershikan Panel Sensor


Hal ini sering terjadi jika penggunanya menggunakan smartphone secara ugal-ugal. Ugal-ugalan disini saya artikan menggunakan saja tanpa merawat atau membersihkannya jika terkena debu. Jika sensor tertutup nantinya sensor saat bekerja atau saat dibutuhkan akan terganggu.

Masalah ini sering terjadi pada Proximity Sensor, jadi saat mengangkat telepon layar hp tidak mati karena sensor jaraknya bermasalah. Penyebab sensor proximity tidak berfungsi yang paling umum ya karena pandangan sensor tertutup karena bermukaannya yang kotor.

2. Matikan Layar


Cara berikutnya yaitu cukup matikan layar smartphone lalu menghidupkannya lagi. Cara ini walaupun sangatlah sederhana namun cukup manjur. Cara ini sering saya gunakan saat Orientation Sensor sedikit error saat menonton sebuah film dengan mode landscape .

3. Tutup Aplikasi Yang Bersangkutan


Walaupun sebuah smartphone telah memiliki fitur sensor yang lengkap namun untuk bisa memaksimalkan fitur tersebut rata-rata harus menggunakan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi yang bisa di download di Play Store. Jadi untuk aplikasi yang bukan aplikasi bawaan biasanya kinerjanya kurang maksimal.

Jadi jika kalian ingin mencoba salah satu sensor dengan aplikasi pihak ketiga namun tidak berfungsi ataupun error, kalian bisa menutup terlebih dahulu aplikasinya lalu bisa buka lagi beberapa detik kemudian.

4. Reboot


Reboot atau restart memanglah cara jitu untuk memulihkan software atau hardware pada barang elektronik seperti komputer, laptop bahkan hp. Seperti untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android, cara reboot merupakan cara jitu jika saat install aplikasi gagal.

5. Cek Dengan Sensor Box


Langkah terakhir yaitu silakan kalian cek dengan aplikasi Sensor Box. Jangan bilang kalian menggunakan aplikasi sensor namun ponsel yang kalian gunakan tidak memiliki fitur sensor tersebut. Seperti halnya jika motor mogok kebanyakan orang langsung menyalahkan mesinnya, padahal belum cek tangki penyimpanan bahan bakar yang sebenarnya habis.

Nah itu dia cara mengatasi sensor di Android atau di semua smartphone yang error atau tidak berfungsi. Sensor yang sering tidak berfungsi ialah sensor kedekatan atau Proximity Sensor, yang ciri ciri jika tidak berfungsi ialah saat sedang melakukan panggilan telepon layar hp tidak mati.

Cara tersebut merupakan cara sederhana tanpa pergi ke tukang servis. Jika kelima cara diatas tidak berhasil kalian bisa menggunakan cara Factory Reset/kembali ke setelah pabrik ataupun melakukan Flashing pada hp yang sensornya tidak berfungsi dengan baik.


EmoticonEmoticon