Cara Mengatasi Jaringan Tidak Menyediakan Informasi Tanggal dan Waktu

Cara Mengatasi Jaringan Tidak Menyediakan Informasi Tanggal dan Waktu

KEPOINDONESIA.id - Menentukan waktu dan tanggal sesuai wilayah pada sebuah ponsel biasa atau ponsel pintar sangatlah penting supaya operator atau provider yang kita pasang bisa kita gunakan. 

Hal ini sangat penting, karena jika tidak kita setel atau kita setting sesuai wilayah nantinya kita tidak akan bisa mengakses internet. Nah untuk perihal ini masalah yang sering muncul ialah jaringan saat ini tidak menyediakan informasi tanggal dan waktu.

Jika kalian baru pertama kali beli sebuah HP baru khususnya smartphone dan HP dinyalakan terlebih dahulu kemudian baru memasukkan kartu SIM, kemungkinan besar kalian akan menemui permasalahan seperti itu. Karena zona waktu otomatis tidak sesuai karena kartu SIM tidak dimasukan terlebih dahulu.

Untuk di HP baik HP biasa ataupun smartphone baik Android ataupun iOS biasanya penyebabnya karena SIM Card dimasukkan paling akhir setelah HP hidup, karena HP baru saja di reboot ataupun setelah melepas baterai jika baterainya masih menggunakan tipe removable. Dan untuk seputar baterai removable dan tipe HP unibody kalian bisa baca seputar baterai non-removble dan removable serta tipe HP unibody.

Jaringan Tidak Menyediakan Informasi Tanggal dan Waktu

Untuk cara memperbaikinya sangatlah mudah, kalian bisa mengikuti cara yang akan saya bagikan ini. Saya jamin jika kalian sudah mengikuti cara tersebut nantinya jam di Android akan cocok. Cara ini yaitu dengan cara mengatur jam serta tanggal dan waktu secara manual.

Cara Mengatur Tanggal dan Waktu Secara Manual


1. Langkah pertama silakan kalian buka menu setting atau pengaturan, lalu scroll ke bawah lalu pilih pada bagian Tanggal & waktu

1. Langkah pertama silakan kalian buka menu setting atau pengaturan, lalu scroll ke bawah lalu pilih pada bagian Tanggal & waktu

2. Nah jika pengaturan awal tanggal dan waktunya otomatis, silakan kalian nonaktifkan saja semuanya. Silakan pilih pada Tanggal & waktu otomatis. Gunakan waktu yang disediakan oleh jaringan dan Zona waktu Otomatis. Gunakan zona waktu yang disediakan jaringan silakan geser ke kiri untuk menonaktifkannya.

2. Nah jika pengaturan awal tanggal dan waktunya otomatis, silakan kalian nonaktifkan saja semuanya. Silakan pilih pada "Tanggal & waktu otomatis. Gunakan waktu yang disediakan oleh jaringan" dan "Zona waktu Otomatis. Gunakan zona waktu yang disediakan jaringan" silakan geser ke kiri untuk menonaktifkannya.

3. Jika Tanggal & waktu otomatis serta zona waktu otomatisnya sudah di nonaktifkan nantinya untuk pengaturan Setel tanggal dan Setel waktu manualnya akan bisa digunakan


4. Terakhir silakan kalian setting mulai dari zona waktu, jika WIB bisa menggunakan GMT +07, untuk WIT dan WITA bisa disesuaikan. Selanjutnya tanggal dan waktunya kalian bisa mencontoh waktu/jam di TV, jam dinding ataupun di HP yang lainnya.

5. Sebenarnya ada cara yang paling simple dan mudah sekali, yaitu setelah kalian menonaktifkan  Jika Tanggal & waktu otomatis dan Zona waktu otomatisnya kalian bisa langsung maengaktifkannya kembali karena biasanya waktu akan tersetting dengan sendirinya. Namun terkadang cara ini tidak berhasil jadi cara yang pasti berhasil yaitu mengaturnya secara manual.

Nah itu dia cara mengatasi jaringan saat ini tidak menyediakan informasi tanggal dan waktu atau cara untuk mengatur tanggal dan waktu secara manual di Android, untuk di iOS sendiri caranya hampir sama karena saya rasa pengaturannya juga seperti itu, hanya saja mungkin tampilannya saja yang berbeda.

Dan jika kalian sering mendapati perangkat terlalu panas, data seluler, hotspot, wifi dan lain-lainnya akan dibatasi kalian bisa baca 3 cara mengatasi perangkat Android yang terlalu panas. Karena sering sekali pengguna Android yang menggunakan ponselnya secara terus-menerus khususnya untuk bermain game.

Dan untuk di PC seperti Komputer dan Laptop juga sering waktu dan tanggal tidak sesuai, malah paling sering ya terjadi di perangkat komputer ini. Dan untuk mengaturnya sama saja yaitu di setting secara manual, namun jika saat boot ulang waktu kembali ngawur mungkin saja komputer tersebut sudah terkena virus.


EmoticonEmoticon