Senin, 08 April 2019

Dijamin Normal Lagi Dengan 4 Cara Memperbaiki Kartu SD Atau Kartu Memori Tidak Terbaca, Error, atau Rusak Terbaru

Dijamin Normal Lagi Dengan 4 Cara Memperbaiki Kartu SD Atau Kartu Memori Tidak Terbaca, Eror, atau Rusak Terbaru

KEPOINDONESIA.id - Kartu SD (SDCard) merupakan komponen yang penting bagi sebagian orang, terutama saya. Kartu ini merupakan memory tambahan yang biasanya digunakan di HP seperti Smartphone Android dan iOS, serta digunakan untuk menyimpan hasil foto di Kamera. Namun kartu SD seperti MicroSD ini sering error, tidak terbaca ataupun rusak.

Kartu SD ini hampir sama seperti SIM Card atau kartu sim, yang penting ialah kuningan di kartu tersebut. Namun biasanya penggunaan kartu SD seperti saat memasang dan melepas tidak benar jadi kartu SD ini rawan rusak dan tidak terbaca.

Jika kartu SD rusak atau error, aplikasi dan data di kartu tidak akan terbaca, kemungkinan bisa hilang juga. Pengalaman saya dulu pun punya kartu SD sejak 5 tahun lalu sering tidak terbaca di HP Samsung, namun normal-normal saja jika di pasang di HP yang lain.

Jadi menurut saya salah satu faktor ada pemberitahuan atau peringatan kartu SD tidak terbaca atau rusak yaitu kondisi slot micro SD di HP kita. Walaupun HP kita Samsung, Vivo, Xiaomi ataupun Asus jika slot nya sudah lobek atau tidak pas lagi kemungkinan besar rawan dengan masalah kartu SD tidak terbaca atau rusak, walaupun sebenarnya normal.

Lalu bagaimana cara memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa format? caranya mudah sekali karena yang rusak buka memorinya untuk kebanyakan kasus, melainkan kesalahan kita sendiri atau Human Error. Berikut cara mengatasi kartu SD atau kartu memori yang tidak terbaca sama sekali atau ada penringatan kartu SD rusak.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Error, Rusak, dan Tidak Terbaca Sama Sekali Tanpa Format


1. Pastikan Kartu SD Masuk di Slot Dengan Pas


Kasus yang sering terjadi yaitu slot untuk kartu SD seperti micro SD dan kartu memori yaitu slotnya sudah loer atau lobok karena sering copot dan pasang. Jadi posisi kartu SD tidak pas, bisa lebih ke kiri atau ke kanan bahkan lebih parahnya tidak bisa kencang jadi sangat gampang lepas.

2. Pastikan Posisi nya Benar


Walaupun kebanyak sudah tau posisi nya yaitu posisi yang terdapat kuningannya yang ada di bawah, namun saya kira hal ini perlu di perhatikan juga. Karena jika salah masuk sekali dan susah dilepas, kartu SD nya bisa langsung rusak itu mungkin saja, apalagi baru beli. Rusak di sini ya rusak beneran, karena kuningannya sudah tergores.

3. Gosok Kuningan Kartu SD dengan Penghapus atau Kain


Langkah berikutnya kalian bisa menggosok kartu memori kalian dengan penghapus pensil atau kain yang halus di bagian kuningannya. Cara ini agar kartu SD bisa terbaca dan masalah kartu SD tidak terbaca ataupun Rusak tidak akan muncul atau akan hilang.

4. Pasang dan Lepas Kartu SD di Pengaturan


Cara terakhir yang bisa saya bagikan yaitu Lepas dan Pasang kartu SD lewat pengaturan. Biasanya karena sedikit tidak terbaca saat awal dipasang jadi kartu SD tidak terbaca secara otomatis. Jadi kalian bisa lepas pasang nya di Pengaturan>Penyimpanan>Kartu SD , silakan klik Lepas atau Cabut terlebih dahulu lalu baru Pasang.

Nah itu dia cara memperbaiki Kartu SD yang tidak terbaca ataupun rusak. Cara diatas merupakan cara termudah yang bisa kalian lakukan tanpa memformatnya. 4 cara diatas bisa kalian gunakan juga jika kartu memori kalian tidak terbaca sama sekali.


EmoticonEmoticon