Senin, 04 Februari 2019

Kisi-Kisi Psikotes dan Proses Rekrutmen PT. Astra Honda Motor (AHM) Lengkap

Kisi-Kisi Psikotes dan Proses Rekrutmen PT. Astra Honda Motor (AHM) Lengkap

KEPOINDONESIA.id - Siapa dari kalian jika sudah lulus ingin bekerja di PT yang Bunafit seperti PT. Astra Honda Motor (AHM) atau PT yang dalam naungan Astra Group pasti semua menginginkannya. Astra Honda merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar yang ada di Indonesia dengan produknya sebagian besar merupakan komponen mesin bermotor baik itu sepeda motor ataupun mobil.

Dalam proses perakitanya menjadi sebuah kendaraan bermotor tidaklah dilakukan dalam satu perusahaan saja, melainkan di sebar menjadi beberapa tempat dimana untuk perakitan body sendiri,perakitan mesin sendiri,sperpart nya sendiri barulah dirakit menjadi satu kendaraan utuh.

Namun untuk dapat bekerja di salah satu perusahaan Astra Group tidaklah mudah. Selain banyaknya saingan ketatnya seleksi karyawan baru pun menjadi salah satu faktor penyebabnya. Saya pun hanya sampai test Psikotest saja waktu dulu pernah mecoba melamar di PT. AHM.

Jadi untuk itu sekarang saya kan membagikan sedikit tips dan trik saat melamar di Astra Honda Motor yang mungkin bisa bermanfaat bagi kalian. Dalam test psikotest kalian tidak menggunkaan pensil 2B melainkan pensil HB yang mudah untuk dihapus secara bersih.

Berikut Proses Rekrutmen di PT. Astra Honda Motor (AHM)

  1. Pendaftaraan
  2. Psikotest
  3. Interview
  4. Medical chek up (MCU)
  5. Training

Jadi kalian jika mendaftar di PT. AHM mulai dari Pendaftaran sampai Training jika kalian lolos yaitu memakan waktu kurang lebih 3 bulan. Untuk persyaratan dan kualifikasi di PT. Astra Honda Motor (AHM) umumnya yaitu:

  • Usia 18 - 20 Tahun
  • Tinggi badan minimal 163cm
  • Nilai rata-rata UN minimal 6.5
  • Nilai Matematika minimal 6
  • Tidak buta warna dan tidak berkacamata

Jika nilai rata-rata UN dan Matematika kalian kurang kalian tidak usah kecewa kalian boleh saja mendaftarkan diri kalian dengan mengirimkan Surat Lamaran lewat POS atau mendaftarkan diri jika ada Rekrutmen dari PT. AHM. Sebab banyak dari teman-teman yang nilainya kurang namun sikap dan saat proses interview/wawancara jawabannya tegas lolos dengan nilai yang pas-pasan ataupun ada yang kurang.

Untuk itu berikut saya beri penjelasan proses saat mendaftar di PT. Astra Honda Motor dari proses pendaftaran sampai Training.

Pendaftaraan PT. Astra Honda Motor (AHM)


Untuk pendaftaran kalau tidak salah ada 3 jalur yaitu:

1. Lewat Sekolah : Khusus siswa yang saat mendaftar masih berstatus siswa SMK kelas 12 dengan syarat umur sudah mencukupi

2. Lewat BKK dan LPK : Untuk BKK dan LPK bebas semua umur namun biasanya minimal Fresh Graduate yang sudah dinyatakan lulus baru mencari atau mendaftar pekerjaan. Jika kalian melewati jalur BKK atau LPK biasanya akan lebih mudah karena dibantu oleh pihak LPK atau BKK dalam proses seleksinya seperti lokasi dan tempat kos jika diterima, namun biasanya ada biaya tambahan.

3. Mengirim Surat Lamaran lewat Email/POS dan Mendaftar lewat Website : Cara ini biasanya dilakukan oleh orang yang optimis dan orang yang berfikir jika mencari pekerjaan itu mencari uang bukan membuang uang. Karena cara ini super murah meriah tanpa dipungut biaya sepeserpun jika kalian lolos dan diterima.

4. Menunggu adanya Rekrutmen Karyawan : Cara ini sama seperti cara nomor 3 murah meriah karena pihak PT membuka lowongan secara langsung di kota-kota tertentu namun sayangnya biasanya 1 tahun hanya membuka lowongan terbuka 1 atau 2 kali saja dan saingannya pun dipastikan sangat banyak.

Psikotest PT. Astra Honda Motor (AHM)


Tes Psikotest AHM biasanya 5 jenis, berikut kisi-kisi Psikotest PT. Astra Honda Motor (AHM)

TIU 5

Inteligensi adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah, berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungan secara efektif. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa Intelegensi merupakan suatu kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara rasional. Karena itu intelegensi tidak dapat diamati secara langsung melainkan harus disimpulkan dari berbagai tindakan nyata yang merupakan Manifestasi dari proses berpikir rasional itu.

Untuk bentuk test TIU 5 ini berupa gambar-gambar atau bentuk-bentuk seperti kotak, lingkaran, setengah lingkaran, segitiga, DLL. Tes Intelegensi 5 ini berupa soal gambar yang terdapat gambar yang dari gambar itu kita diminta untuk merubah bentuknya, posisinya atau menambahkan bentuknya.

Untuk setiap soal diberi lima kemungkinan jawabannya dan kalian harus memilih salah satu dari kelima kemungkinan jawaban tersebut dengan cara memberikan coretan dibawah gambar (garis bawah), sehingga sesuai dengan contoh gambar sebelumnnya.

KRAEPLIEN

Tes ini terdiri atas gugusan angka-angka yang disusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur-lajur. Peserta tes diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan disampingnya.

Yang diukur dalam tes ini adalah konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, serta ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

WARTEGG TEST

Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan-bentuk tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung.

Kalian akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana yang paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut kalian. Yang diukur dalam WARTEGG TEST adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek.

MENGGAMBAR POHON


Tes ini terdiri atas tugas untuk menggambar sebuah pohon dengan kriteria : berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada peserta tes untuk menggambar pohon sejenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyllainnya.

DRAW A MAN TEST (DAM)

Tes ini mengharuskan kalian untuk menggambar sesorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas yang sedang orang tersebut lakukan. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan, serta ketahanan kerja.

Interview PT. Astra Honda Motor (AHM)


Setelah lulus Psikotest kalian akan melakukan tes wawancara. Tes wawancara atau interview ini nantinya kalian akan ditanya oleh pihak HRD Perusahaan dan kalian harus menjawabnya sebaik-baik mungkin. Berikut pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pihak HRD:

  • Silahkan perkenalkan diri anda
  • Motivasi anda kerja
  • Hobi
  • Kekurangan dan kelebihan
  • Pengalaman kerja (Khusus jika kalian sudah pernah bekerja )
  • Minta digaji berapa

Medical chek up (MCU) PT. Astra Honda Motor (AHM)


Medical chek up atau yang sering disebut MCU merupakan proses dimana kesehatan kalian akan di cek oleh pihak dokter untuk mengecek adanya penyakit ataupun kecanduhan. Berikut bagian-bagian yang dicek atau diperiksa saat MCU:

  • Mata (Buta warna atau tidak, minus atau tidak)
  • Tinggi dan berat badan (Proporsional atau tidak )
  • Tekanan darah
  • Cek darah 
  • Urine
  • Rontgen atau sinar ex pada bagian dada (Untuk melihat kondisi paru-paru)

Sedikit tips untuk lolos tes MCU ini sebaiknya kalian minum susu Beruang "Bear Brand" selama 1 minggu 1 botol setiap hari agar kondisi paru-paru kalian bersih dan terlihat sehat.

Training PT. Astra Honda Motor (AHM)


Jika kalian sudah lolos sampai tahap MCU berarti kalian siap bekerja dengan terlebih dahulu mengikuti training atau pengenalan lingkungan kerja. Mulai bagaimana proses kerja yang benar,peraturan perusahaan dan masih banyak yang lainnya.

Nah itu dia proses seleksi di PT AHM terbaru mulai dari awal sampai akhir yang bisa kalian jadikan referensi. Kisi-kisi tes diatas mungkin akan berbeda sedikit dari yang akan diujikan karena pasti pihak PT sudah tau soal kisi-kisi yang sudah banyak diketahui oleh calon pelamarnya.


EmoticonEmoticon