Rabu, 03 April 2019

Kiriman Pos Ada Masalah? Begini Cara Komplain Pos Indonesia

Kiriman Pos Ada Masalah? Begini Cara Komplain Pos Indonesia

KEPOINDONESIA.id - Memilih jasa ekspedisi atau jasa logistik memang kebanyakan orang pilih-pilih, untuk saya sendiri sih tidak terlalu. Jasa yang sering saya gunakan ialah JNE, J&T, atau Pos Indonesia. Ngomong-ngomong soal Pos, kalian tau tidak cara komplain jika barang kiriman kita ada masalah?

Sebagus-bagusnya sebuah jasa pasti pernah melakukan kesalahan, seperti Pos Indonesia ini. Masalah yang sering terjadi yaitu paket telat datang, paket nyasar atau malahan hilang. Lalu bagaimana cara komplainnya? Cara nya mudah, namun sebelum itu jika kalian sering menggunakan J&T kalian bisa baca cara cek resi J&T Express.

Berikut ini cara komplain Pos di website Pos Indonesia. Namun sebelum komplain di website alangkah baiknya kalian konsultasi di halaman sosial media Pos Indonesia, seperti Fanspage Pos Indonesia di Facebook.

Tutorial Komplain Pos Indonesia


1. Untuk komplain atau mengajukan keluhan ke Pos Indonesia kalian bisa kunjungi Form Keluhan Pelanggan Pos Indonesia

2. Jika sudah nantinya akan muncul kolom-kolom yang harus diisi seperti Identitas Pemohon, Detil Kiriman, Identitas Pengirim, Identitas Penerima, dan Isi Pengaduan. Untuk Isi Pengaduan ada 7 pilihan yaitu:

  1. Belum Diterima
  2. Kehilangan
  3. Keterlambatan
  4. Kiriman Tidak Utuh
  5. Pengembalian (Retur)
  6. Revisi
  7. Salah Salur
Jika sudah nantinya akan muncul kolom-kolom yang harus diisi seperti Identitas Pemohon, Detil Kiriman, Identitas Pengirim, Identitas Penerima, dan Isi Pengaduan


3. Untuk Identitas Pemohon isi dengan data diri kalian, jika teman kalian ya identitas teman kalian karena nantinya dengan identitas ini kita akan dihubungi
Nama:
Jenis Kelamin:
Alamat:
Email:
No. Telp/HP

4. Untuk Detil Kiriman isikan dengan detail barang yang kalian pesan atau kirim. Jika kalian memesan barang di online shop atau marketplace kalian tinggal lihat detail produk yang kalian beli saja
No. Kiriman/Resi:
Kode Produk:
Berat:
Isi Kiriman:
Status Akhir:

5. Untuk Identitas Pengirim silakan isi kan dengan Identitas si pengirim atau penjual
Nama:
Alamat:
No. Telp/HP:

6. Untuk Identitas Penerima isikan dengan data si penerima atau data kalian sendiri sama seperti Identitas Pemohon
Nama:
Alamat:
No. Telp/HP:

7. Untuk Isi Pengaduan silakan pilih antara Belum Diterima, Kehilangan, Keterlambatan, Kiriman Tidak Utuh, Pengembalian (Retur), Revisi, atau Salah Salur.
Jenis:
Deskripsi
Kode Keamanan:

*Semua kolom diatas harus di isi dengan sebenar benarnya.

Setelah itu kalian klik Kirim Pengaduan dan tunggu tanggapan dari pihak Pos Indonesianya. Nah itu dia cara Komplain Pos Indonesia, dari pengalaman saya saat komplain paket yang nyasar nanti kita akan di telp oleh pihak pos setelah beberapa hari dan ditanya soal pengaduan yang kita kirimkan.

Berhubung paket yang nyasar punya saya sudah di ambil dan di kirimkan kembali ke saya jadi saya tidak banyak bicara karena saya mengatakan bahwa paket saya sudah di kembalikan sama kurirnya. 


EmoticonEmoticon