Rabu, 04 September 2019

Cara Mencari, Mendaftar, dan Melamar Tempat PKL Yang Perlu Diketahui

Cara Mencari, Mendaftar, dan Melamar Tempat PKL Yang Perlu Diketahui

KEPOINDONESIA.id - PKL atau Praktek Kerja Lapangan merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Dalam kegiatan ini kita akan full praktek langsung di dunia kerja bukan di sekolah seperti praktek saat pelajaran. Salah satu hal penting saat PKL yaitu mencari tempat PKL, selanjutnya kita melamar tempat PKL supaya bisa prakerin di tempat tersebut.

Mencari tempat PKL atau tempat prakerin ini sayangnya sering dianggap sebelah mata, alias tidak di anggap hal yang sangatlah penting oleh beberapa siswa. Namun hal ini saya kira tidak sepenuhnya salah siswa itu sendiri, bisa dibilang sekolah pun seharusnya memberi arahan soal tempat prakerin yang bisa dituju oleh siswa-siswa dari sekolah tersebut.

Seperti pada sekolah saya dulu. Awalnya pihak sekolah mengatakan bahwa akan dicarikan beberapa tempat prakerin atau tempat PKL untuk siswa-siswa yang kemungkinan besar tidak semua siswa akan menerimanya, namun jika benar itu sangat membantu walaupun yang tidak kebagian akan mencari tempat sendiri.

Namun nyatanya beberapa bulan sebelum PKL dilaksanakan pihak sekolah menyatakan bahwa siswa diwajibkan untuk mencari tempat prakerin sendiri dan bisa dibilang batas waktunya sangatlah mepet. Jadi masih banyak miskomunikasi antara siswa dan guru pembimbing di sekolah saya dulu.

Namun saya rasa tidak semua sekolah, guru pembimbing seperti itu. Jadi jika dari awal kalian tidak bergantung kepada pihak sekolah kalian bisa membaca beberapa cara untuk mencari tempat PKL, cara mendaftar dan cara mengajukan diri supaya bisa melakukan praktek kerja lapangan di tempat itu.

Tapi sebelumnya yang akan saya bahas yaitu tempat PKL yang biasa-biasa saja. Bukan di perusahaan ataupun Pabrik melainkan di bengkel atau tempat servis dan semacamnya baik perorangan ataupun yang resmi. Untuk di perusahaan kurang tau karena di tempat saya tidak ada dan hanya ada bengkel saja, karena kebetulan saya lulusan teknik otomotif.

Namun sebelum itu kalian bisa baca hal penting terlebih dahulu yaitu hal yang perlu dilakukan jika lupa nomor NISN dan kartu NISN nya hilang. Selain itu kalian juga perlu tau contoh pantun keindahan alam dan lingkungan alam bagus dan keren.

Cara Melamar Tempat PKL Yang Benar


1. Tanya Guru Pembimbing


Walaupun kita berniat mencari tempat PKL secara mandiri, namun tidak ada salahnya untuk bertanya ke guru produktif kita soal tempat PKL yang memiliki rating bagus menurut para guru produktif kalian supaya saat pelaksanaan PKL kalian akan mendapatkan nilai plus karena prakerin di tempat rekomendasi pada guru pembimbing.

Saya rasa untuk sekedar rekomendasi pasti tiap guru akan menyarankan 2-3 tempat yang bisa kalian tuju tiap masing-masing jurusan. Sedangkan untuk bisa memasukan kalian ke tempat tersebut kemungkinan besar pembimbing tidak bisa, namun itu tergantung sikap, tata karma dan first impresi pemilik atau penanggung jawab tempat prakerin yang dituju kepada kalian.

2. Cari Tempat PKL Terdekat dari Sekolah


Berikutnya kalian bisa mencari tempat prakerin yang terdekat dari lokasi sekolah kalian atau rumah kalian. Kenapa begitu? pertama biaya ongkos transport jadi berkurang dan jika dekat dengan sekolah biasanya para pembimbing di tempat dimana kita PKL baik-baik karena tiap hari akan melihat guru dari sekolah kita yang pasti melewati tempat PKL kalian itu, jika kalian jurusan otomotif baik TSM atau TKR.

3. Tanya Tempat PKL kepada Kakak Kelas


Berikutnya kalian bisa bertanya kepada kakak kelas kalian dimana dia dulu PKL nya. Hal ini sebenarnya cara efektif untuk mendapatkan tempat PKL namun jarang yang mengetahuinya. Yang pasti jika kakak kelas kalian dulunya dianggap bagus di tempat dia prakerin, saya jamin jika kakak kelas kalian merekomendasikan kalian di tempat tersebut kalian akan diterima lebih mudah dari pada yang lainnya.

4. Cari dan Mendaftar Tempat PKL Bersama Teman


Terakhir silakan kalian mendaftar dan melamar tempat PKL bersama teman kalian supaya saat berbicara dan saat berkata-kata untuk melamar PKL di tempat tersebut bisa lancar karena bisa bergantian berbicara dengan teman kalian. Cukup 1 orang saja, jadi 2 orang termasuk kalian.

Jika lebih biasanya akan ditolak karena rata-rata untuk di bengkel maksimal 2-3 orang dari sekolah yang sama. Mungkin untuk jurusan lain seperti TKJ dan Multimedia bisa lebih banyak dari sekolah yang sama karena bisa dibilang siswa dan tempat PKL nya lebih sedikit dari pada jurusan otomotif.

Nah itu dia beberapa cara untuk mecari tempat PKL, melamar dan mendaftar tempat PKL. Mungkin jika kalian bersama orang tua dengan istilah kerennya "orang dalam" mencari tempat PKL, mendapatkan nilai prakerin yang bagus itu hal yang mudah, namun itu tidak mandiri dan tidak bisa dibilang kerja keras.


EmoticonEmoticon