Cara Membuka File CDR Secara Online Tanpa Aplikasi CorelDRAW

Cara Membuka File CDR Secara Online Tanpa Aplikasi CorelDRAW

KEPOINDONESIA.id - Saat membuat desain tertentu banyak orang menggunakan dua aplikasi populer yaitu Adobe Photoshop dan CorelDRAW. Tergantung desain dan keahlian pengguna tetapi yang jelas kedua aplikasi tadi yang paling sering digunakan.

Salah satu kekurangan jika kita menerima file desain dengan format .PSD jika dibuat lewat Adobe Photoshop dan .CDR jika dibuat lewat CorelDRAW yaitu kita harus membukanya lewat aplikasi terkait.

Selain harus memiliki perangkat desktop Windows seperti Komputer atau Laptop kita juga harus menginstall aplikasi yang digunakan untuk membuat desain tadi. Nah yang menjadi pertanyaan bagaimana cara membuka kedua file tadi tanpa menginstall aplikasinya?.

Pasti kalian berfikir hal tersebut tidak bisa dilakukan. Jika dibuka layaknya lewat aplikasi langsung memang tidak bisa. Tetapi jika hanya sekedar melihat saja tanpa melakukan editing atau perubahan sama sekali kalian bisa dengan mudah melakukannya.

Untuk sekarang saya hanya akan menjelaskan cara membuka file .CDR secara online tanpa aplikasi. Untuk file .PSD mungkin akan saya bahas di artikel lainnya. Selain secara online kalian bisa gunakan aplikasi serupa yang bisa kalian temukan di Play Store jika kalian pengguna Android.

Sebelum lanjut ke cara membuat file .CDR CorelDraw secara online kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara membuka tulisan 3D lewat Canva serta solusi mengatasi file .PSD tidak bisa dibuka.

Cara Membuka File CDR Secara Online Tanpa Aplikasi CorelDRAW 


1. Silakan kalian kunjungi halaman CDR Online dari Groupdocs lalu tekan bagian upload file

Silakan kalian kunjungi halaman CDR Online dari Groupdocs lalu tekan bagian upload file

2. Selanjutnya cari dan pilih file CDR yang ingin kalian buka

Selanjutnya cari dan pilih file CDR yang ingin kalian buka

3. Tunggu sampai file berhasil di unggah dan diolah

Tunggu sampai file berhasil di unggah dan diolah

4. File CDR berhasil dibuka secara online tanpa aplikasi

File CDR berhasil dibuka secara online tanpa aplikasi

Seperti yang kalian lihat walaupun bisa dibuka tetapi statusnya hanya bisa lihat saja tanpa bisa mengedit sama sekali. Cara ini cocok untuk memastikan bahwa file .CDR yang kalian terima sesuai atau tidak tanpa perlu melakukan editing ini dan itu lagi. 

Selain situs yang sudah saya contohkan diatas sebenarnya ada situs lain yang bisa kalian gunakan. Tetapi dari beberapa situs yang ada yang sudah saya sebutkan yang paling baik. Karena hampir bisa membuak file .CDR serta hasil desainnya tidak acak-acakan. 

Sekian artikel kali ini mengenai cara buka file .CDR secara online dan tunggu artikel lainnya mengenai cara buka file .PSD tanpa aplikasi. Dan sebelum saya akhiri jika kalian tidak tau cara menghilangkan garis selection di Adobe Photoshop kalian bisa baca artikel mengenai cara menghilangkan garis selection di Photoshop. 


EmoticonEmoticon