Jumat, 09 November 2018

Gesits, Motor Listrik Nasional Yang Akan Dijual Seharga Rp. 20 jutaan

Motor listrik Gesits

KEPOINDONESIA.id - Indonesia mulai mengembangkan beberapa inovasi dalam Industri Otomotif, seperti mobil buatan anak bangsa yang akan dijual secara umum, yaitu Esemka. Mobil Esemka diproduksi oleh PT. Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), yang merupakan gabungan dari PT. Solo MAnufaktur Kreasi dan PT Adiperkasa Citra Lestari yang seluruh perakitannya dilakukan oleh anak-anak SMK terbaik di Indonesia.

90% bahan baku pembuatan mobil Esemka yaitu buatan lokal, jadi bisa dikatakan Esemka adalah mobil buatan Indonesia atau Made in Indonesia. Esemka ini juga menggunakan konsep OEM (Original Equipment Manufacturer) yang berarti ada beberapa komponen buatan perusahaan itu sendiri. Sebelumnya, mobil Esemka pernah di buat oleh siswa-siswa SMKN 2 Solo.

Mobil Esemka telah diluncurkan pertengahan tahun ini dan rencannya akan diproduksi 1000 unit dalam berbagai varian. Selaian Esemka, anak bangsa juga membuat sebuah inovasi kendaraan roda dua atau sepeda motor dengan tenaga listrik/motor listrik yang diberinama Gesits. Gesits merupakan sepeda motor bertenaga listrik yang ramah lingkungan dan dapat mengurangi pemanasan global yang telah terjadi.

Spesifikasi motor Gesits

Gesits merupakan kolaborasi antara Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan PT Gesits Technologies Indo (GTI). Motor listrik Gesits ini akan diproduksi dan dijual secara umum sekitar 60.000 unit/tahun. Untuk harga motor Gesits sendiri sekitar Rp.20 juta.

Untuk harga resmi memang belum diumumkan, namun harga segitu adalah harga normal untuk di kantong. Mengingat motor ini motor listrik yang komponen-komponennya sangat berbeda dari motor biasa serta karya anak bangsa yang perlu diapresiasi.

Gesits sendiri singkatan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Untuk Spesifikasi motor Gesits ini menggunakan baterai ion lithium yang dapat menempuh jarak 80km-100km untuk 1 kali pengisian baterai. Dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 100km/jam dan tidak mengeluarkan emisi gas buang, karena motor ini motor listrik. Uniknya, untuk memantau kecepatan dan status bateria dapat dilihat dari Smatphone, sudah seperti Gadget-gadget masa kini. Motor Gesits sendiri dijadikan sebagai motor Nasional.


EmoticonEmoticon