Kamis, 01 Agustus 2019

6 Cara Mengatasi Gmail Terus Berhenti dan Telah Berhenti Saat Dibuka

6 Cara Mengatasi Gmail Terus Berhenti dan Telah Berhenti Saat Dibuka

KEPOINDONESIA.id - Aplikasi Gmail merupakan aplikasi wajib di setiap Smartphone Android, seperti Play Store, Chrome, YouTube dan beberapa aplikasi milik Google lainnya. Salah satu yang sering digunakan yaitu aplikasi GMAIL, yang merupakan aplikasi untuk mengelola akun email @gmail.com kita. Namun sering kali aplikasi Gmail ini terus berhenti ataupun telah berhenti.

Hal ini sering kali terjadi pada pengguna Android yang cuek-cuek saja, alias gak gaptek namun asal pakai yang penting bisa SMS, Nelpon, Ngegame dan Internetan. Namun bagi orang yang baru pertama menggunakan Android dan orang gaptek pun tidak luput mendapatkan masalah seperti itu.

Masalah aplikasi Gmail tidak bisa dibuka karena telah berhenti atau terus berhenti sering saya alami dulu waktu saya tidak tau apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Sebenarnya untuk aplikasi-aplikasi bawaan terutama milik Google saya rasa aplikasi sudah stabil, namun jika kita menggunakan HP secara asal-asalan pasti ada saja masalah yang datang.

Lalu bagaimana cara mengatasi sayangnya Gmail telah berhenti atau cara mengatasi tidak bisa membuka aplikasi Gmail karena terjadi beberapa masalah? Sebenarnya caranya mudah sekali, itu menurut pendapat saya tapi jika menurut kalian sulit ya kalian bisa mengikuti beberapa cara yang akan saya bagikan.

Nah untuk kali ini saya tidak akan membagikan cara mengatasinya saja, namun akan sedikit saya beritahukan kepada kalian beberapa penyebab aplikasi Gmail telah berhenti. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara mengatasi masalah login akun google setelah kembali ke setelan pabrik dan cara mengatasi masalah server saat login akun gmail.

Solusi Aplikasi Gmail Tidak Bisa Dibuka Karena Berhenti


1. Internal Memori Penuh


Seperti yang pernah saya bahas pada beberapa postingan di blog ini, jika internal memori penuh tidak ada ruang tersedia sedikit pun jika kita membuka aplikasi maka akan terus berhenti, apalagi aplikasi Gmail yang tergolong berat. Jika kalian pernah membaca solusi Play Store muter terus dan cara mengatasi layanan google play terus berhenti, kalian pasti akan mengalami hal yang sama jika memori internal kalian sudah penuh.

Selain berat terkadang sinkronisasi aplikasi Gmail aktif yang menyebabkan aplikasi menjadi tambah berat. Jadi saya sarankan yang namanya memori internal jangan sampai penuh sekali, minimal ada 50MB untuk menjalankan dan menampung beberapa data aplikasi yang sedang berjalan.

2. Update Aplikasi Gmail


Cara berikutnya yaitu silakan kalian update aplikasi Gmailnya. Memang aplikasi Gmail yang versi lawas sekali agak berat daripada aplikasi yang terbaru. Proses sinkronisasi aplikasi versi terdahulu pun terbilang lambat dari pada aplikasi yang terbaru.

Jadi jika aplikasi Gmail terdahulu untuk kemungkinan berhentinya lebih besar dari pada aplikasi Gmail versi terbaru.

3. Logout atau Hapus Beberapa Akun Google Yang Login di Perangkat


Nah untuk yang satu ini penyebab yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Kenapa begitu?karena jika kita login dalam satu perangkat misalnya 10 akun Google lalu tiap akun Google memiliki pesan Gmail yang banyak, maka jika sewaktu kita awal membuka aplikasi Gmail akan terasa berat 10x lipat karena kita login sebanyak 10 akun di perangkat Android yang kita gunakan.

Hal ini akan menjadi tambah berat lagi jika sinkronisasi aktif, karena setelah dibuka semua akun Gmail akan di sinkronisasikan tanpa kita memilih akaun mana yang ingin kita sinkron. Jadi kalian bisa menghapus akun gmail dari perangkat yang dirasa memiliki pesan gmail yang banyak dan jarang digunakan.

4. Paksa Berhenti Aplikasi Gmail


Selanjutnya cara yang sering digunakan yaitu memaksa berhenti aplikasi yang bersangkutan. Jika aplikasi Gmail sewaktu dibuka terus berhenti, maka kalian bisa memaksa berhenti aplikasi Gmailnya sekalian di pengaturan. Karena jika tidak dipaksa berhenti, jika kita buka akan terus berhenti ataupun telah berhenti.

5. Reboot


Nah cara berikutnya yang sebenarnya bisa kalian langsung lakukan ialah reboot ataupun restart. Cara ini bisa dibilang cara yang ampuh untuk menyelesaikan masalah software apapun baik di HP ataupun Komputer.

6. Hapus Data Aplikasi Gmail


Cara terakhir yang bisa kalian lakukan yaitu menghapus data aplikasi Gmail. Cara ini biasanya berhasil untuk mengatasi tidak bisa login akun seperti di aplikasi Facebook, Instagram dan OVO. Karena jika kita hapus data aplikasi Gmailnya maka aplikasi tersebut akan lebih ringan jika kita buka, jadi kemungkinan untuk berhentinya sangatlah sedikit,.

Nah itu dia beberapa cara dan penyebab kenapa aplikasi Gmail tidak bisa dibuka karena beberapa masalah ataupun error. Yang pasti tanpa hard reset atau kembali ke pengaturan pabrik aplikasi Gmail akan normal kembali.

Dan jika kalian tidak tau cara melihat riwayat kalian, kalian bisa membaca cara melihat riwayat yang terbaca oleh aktivitas google. Hal ini masih banyak yang belum mengetahuinya, padahal sangat bermanfaat.


EmoticonEmoticon