Arti Minta Reff Dalam Jual Beli Online Saat Pelanggan Tidak Puas

Arti Minta Reff Dalam Jual Beli Online Saat Pelanggan Tidak Puas

KEPOINDONESIA.id - Ada banyak barang yang bisa kita jual belikan secara online. Baik produk fisik ataupun produk digital seperti pembelian pulsa dan kuota murah. Nah bagi kalian yang sering bertransaksi secara online, pasti tidak asing dengan istilah reff.

Reff disini bukanlah referral melainkan sebuah kata yang sering digunakan dalam jual beli atau transaksi secara online. Seharusnya jika kalian sering melakukan jual beli online di Facebook, maka tidak asing dengan kata ini.

Kata reff masih sering saya temui di beberapa grup dan forum jual beli online, khususnya untuk produk digital. Misalnya jasa pembuatan logo, jasa pembuatan website dan yang lain-lainnya.

Jika barang fisik biasanya bisa kita return atau barang kita kembalikan, apakah sama dengan Reff atau Refund?. Bisa dibilang hampir sama, cuma yang dikembalikan bukan produk atau barang.

Maka dari itu saya akan sedikit menjelaskan arti kata reff atau refund yang sering digunakan dalam transaksi online khususnya produk digital dan jasa online. Namun sebelum kita lanjut mungkin saja kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya.

Seperti cara melakukan pembayaran dengan Pospay di Kantor Pos serta penjelasan epic dan fast respon dalam jual beli online. Berikut ini pengertian kata reff dalam jual beli. Semoga setelah kalian membacanya kalian tidak akan bingung lagi.

Refund atau yang lebih sering disebut Reff adalah kegiatan pengembalian dana dari penjual ke pembeli. Jadi jika pembeli atau pelanggan minta reff karena alasan tertentu dan memang penjual tidak memuaskan, penjual wajib untuk mengembalikan dana yang sudah di transfer oleh pembeli.

Namun sebelum penjual benar-benar mengembalikan dana, biasanya akan ada sedikit diskusi dan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Tetapi intinya reff atau refund yaitu pembeli ingin uangnya kembali.

Jika penjual tidak mau mengembalikan dana atau kabur, rata-rata penjual akan di open case oleh pembeli supaya penjual mau merespon. Selain itu open case mencegah orang lain mengalami masalah yang sama dengan orang yang sama tadi.


EmoticonEmoticon