Mengenal Istilah No Repack, No Penyok, dan No Sobek

Mengenal Istilah No Repack, No Penyok, dan No Sobek

KEPOINDONESIA.id - Bagi beberapa orang istilah no repack, no sobek, dan no penyok pasti sudah tidak asing. Maraknya flash sale smartphone Android penggunaan ketiga kata tadi semakin hari semakin sering saya temui. 

Penggunaan kata tadi sering digunakan oleh orang yang ingin menjual barang hasil flash sale atau pembeli yang ingin membeli barang hasil flash sale dari pihak ketiga, bukan dari Official Store

Seperti yang kita tau, kini sedang trend menjual smartphone dengan cara flash sale di marketpalce terkenal seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, ataupun JD.ID. Karena ponsel ini baru dirilis, pasti peminatnya sangat banyak namun stock nya sedikit. 

Oleh karena itu banyak penjual yang memilih membeli produk ke penjual lain yang sudah memiliki produk tersebut dalam jumlah yang banyak. Karena mau dijual lagi, maka munculkan istilah No Repack, No Sobek, dan No Penyok. 

Apasih yang dimaksud dengan No Penyok, No Sobek, dan No Repack? Jika kalian tidak tau artinya, kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena kali ini saya akan sedikit menjelaskan arti dan pengertian dari ketiga kata diatas. 

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya terkait pembahasan dalam jual beli online. Seperti apa yang dimaksud dengan segel dalam sebuah HP dan apa yang dimaksud dengan Trusted Seller

No Repack


Yang dimaksud No Repack adalah ponsel yang belum dibuka sama sekali alias masih segel dalam bungkus. Karena ingin dijual kembali, banyak penjual yang membeli dari penjual lainnya mencari ponsel Android yang no Repack alias belum dibuka. 

Kenapa HP baru perlu dibuka segala? Banyak pembeli tangan pertama yang juga sebagai penjual beralasan membuka box untuk mengaktivasi garansi dari ponsel tersebut. Selain itu ini berkaitan tentang SRP atau Suggested Retail Price

No Sobek


Yang berikutnya yaitu No Sobek. Berbeda dengan No Repack, No Sobek biasanya terjadi karena faktor ketidaksengajaan. Yang perlu kalian ketahui No Sobek atau No Penyok sudah dipastikan bukan barang No Repack, karena syarat utama jika ingin dijual kembali ya No Repack. 

Sebagai contoh saat proses packing plastik bungkus box HP tidak sengaja terkena benda lancip yang bisa menyobek plastik, ini dia yang disebut sobek atau No Sobek. Jadi selain No Repack, plastik dari toko resmi harus benar-benar belum sobek sama sekali. 

No Penyok


No Penyok artinya box tidak penyok dan masih utuh seperti sediakala. Mungkin karena kepentok atau tidak sengaja ketekan box menjadi penyok, penjual yang ingin menjual lagi produk tersebut tidak suka dengan produk yang seperti itu. 

Intinya No Repack, No Penyok, dan No Sobek adalah syarat produk yang bisa dijual ke pembeli dengan embel-embel produk baru atau new. Jika bungkus plastik sudah berbeda, plastik sudah sobek, atau box sudah penyok pasti pembeli akan ragu membelinya. 

Oleh sebab itu selain segel atau garansi resmi, penggunaan kata No Repack, No Sobek, dan No Penyok kini selalu digunakan dalam jual beli ponsel pintar antar penjual. Dengan cara ini konter kecil di perdesaan juga bisa menyediakan barang baru yang baru rilis.


EmoticonEmoticon