Pengertian Refund, Return, dan Refill Jangan Sampai Keliru

Pengertian Refund, Return, dan Refill Jangan Sampai Keliru

KEPOINDONESIA.id - Antara return, refund, atau refill entah mana yang paling sering kalian dengar. Akan tetapi antara ketiga istilah tadi hampir mirip tetapi berbeda. Saya sendiri sudah tau arti ketiganya dan saya sudah tau dimana ketiga istilah tersebut digunakan.

Yang pertama refill. Mungkin kalian sering dengar istilah ini saat menyebutkan air isi ulang. Sedangkan refund sering kali kalian dengar saat bertransaksi secara online dan untuk return sering kalian dengar saat membeli barang di marketplace.

Oleh karena itu supaya lebih paham kalian wajib baca penjelasan singkat dari saya pada artikel ini. Walaupun saya yakin hampir semua orang sudah tau ketiga istilah tadi, tetapi pasti ada yang belum tau salah satunya bahkan semua.

Namun sebelum saja lanjutkan kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Seperti apa yang dimaksud dengan harga SRP serta apa yang dimaksud dengan PJ dan PU.

Refund  

Yang pertama yaitu Refund. Refund adalah proses pengembalian dana atau uang dari transaksi yang sudah dilakukan sebelumnya. Penggunaan refund biasanya digunakan dalam transaksi barang non fisik.

Karena jika barang fisik biasanya dilakukan return bukan refund. Sebagai contoh kalian membeli kuota internet secara online di seseorang. Setelah proses pembayaran berhasil ternyata kuota nya tidak masuk. Nah disini kalian boleh meminta refund atau pengembalian dana.

Return  

Berikutnya yaitu Return. Hampir sama seperti refund tetapi return yang dikembalikan barang bukan dana si pembeli. Singkatnya Return adalah pengembalian barang ke penjual untuk diganti produk yang baru.

Sebagai contoh saya membeli sepatu tetapi sepatunya hanya sebelah kiri saja. Nah saya meminta return kepada penjual yaitu mengembalikan barang yang sudah saya terima dan meminta barang baru yang sama modelnya.

Refill  

Dan yang terakhir yaitu Refill. Mungkin refill tidak ada kaitannya seperti kedua istilah yang sudah saya jelaskan diatas. Tetapi karena mirip-mirip jadi saya bahas juga. Refill sendiri memiliki arti isi ulang.

Jadi jika terdapat tulisan refill di air galon, parfum dan lain-lainnya maka produk tersebut bisa di isi ulang dengan produk yang serupa tanpa membeli baru. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian yang belum mengetahuinya.

Selain itu ada juga yang namanya Reject. Reject adalah penolakan. Jadi suatu tawaran jika di reject artinya ditolak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, selain itu kalian wajib baca tentang produk original karena saya sudah membahas apa yang dimaksud dengan produk original itu.


EmoticonEmoticon