5 Solusi Tidak Bisa Melakukan Pembayaran di Google Play Store Karena Akun Beresiko

5 Solusi Tidak Bisa Melakukan Pembayaran di Google Play Store Karena Akun Beresiko

KEPOINDONESIA.id - Membeli item di dalam game merupakan hal yang biasa, mengupgrade aplikasi yang kita install ke versi Pro atau Premium pun juga hal biasa. Mungkin untuk 5 tahun lalu, untuk bisa melakukan cara itu semua sedikit sulit kita lakukan di Play Store.

Seperti yang kita ketahui, dulu hanya ada beberapa pilihan metode pembayaran di Google Play, salah satunya yang disediakan dari pihak Google yaitu Google Play Card. Untuk melakukan pembelian di Play Store dan aplikasi dulu hanya bisa menggunakan operator Telkomsel saja.

Namun untuk sekarang, semua operator di Indonesia sudah support metode pembayaran di Play Store. Walaupun begitu masih sering masalah yang terjadi saat ingin melakukan pembayaran, seperti masalah akun yang beresiko.

Berikut kesalahan yang tertulis "Akun Anda berisiko. Coba lagi dalam 30 menit atau hubungi kami. [OR-DVASA2-04]". Masalah tersebut sering muncul jika kita menggunakan metode pembayaran Google Play dengan pulsa.

Jadi jika muncul peringatan tersebut, artinya metode pembayaran di Google Play ditolak. Namun rata-rata masalah tersebut muncul jika kita menggunakan metode pembayaran melalui pulsa bukan metode lainnya seperti menggunakan GPC.

Jika sekarang ingin melakukan pembayaran dengan pulsa caranya lebih mudah, tidak usah mengaktifkan penagihan terlebih dahulu seperti beberapa tahun yang lalu. Lalu bagaimana cara mengatasi akun anda beresiko atau cara mengatasi or-dvasa2-04 supaya kita bisa melakukan proses pembayaran di Google Play?

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Namun sebelum itu alangkah baiknya kalian bisa baca cara menghapus kontrol orang tua di Play Store dan cara mengatasi saat download aplikasi di Play Store tidak berjalan.

Cara Mengatasi Akun Anda Beresiko di Google Play


1. HP Sudah di Root


Penyebab pertama yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang yaitu karena perangkat Android yang kita gunakan sudah di root atau sudah dalam status rooted. Jadi jika HP kita sudah rooted, kemungkinan besar tidak akan bisa melakukan pembayaran di Google Play.

Jadi jika HP kalian sudah di root, lebih baik di unroot saja. Jika tidak di unroot, saya tidak tau bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Karena memang kini status root dianggap berbahaya bagi sistem dan aplikasi yang terinstall di Android.

2. Matikan Data Seluler dan Nyalakan Mode Pesawat


Berikutnya yang akan saya bahas yaitu masalah yang terjadi pada HP yang tidak di root. Yang pertama yaitu silakan kalian matikan data seluler dan nyalakan mode penerbangan. Selain itu kalian juga bisa menutup aplikasi Play Store yang ada di Recent Apps.

Tunggu kurang lebih 5 menit, matikan mode pesawat dan nyalakan data seluler kemudian buka lagi aplikasi Play Storenya atau buka aplikasi atau game yang kalian ingin beli item dari aplikasi tersebut.

3. Reboot


Berikutnya kalian bisa mencoba untuk restart atau reboot HP Android yang kalian miliki. Cara ini kadang berhasil dan sering juga gagal, namun kalian wajib mencobanya. Jika sudah di reboot dan HP nyala kembali, silakan ulangi proses pembayaran tadi sesuai apa yang ingin kalian beli.

4. Letakkan Kartu Yang Ingin Digunakan Menjadi Metode Pembayaran di SIM1


Ini hanya berlaku untuk perangkat Android yang memiliki slot SIM Card lebih dari 1. Jadi jika awalnya kartu AXIS kalian di SIM2 dan Telkomsel di SIM1, namun kalian ingin menggunakan kartu AXIS sebagai metode pembayaran di Google Play, maka kalian wajib memindah kartu AXIS ke SIM1 terlebih dahulu.

Untuk kartu Telkomselnya bisa dipasang bisa tidak, namun jika dipasang silakan dipasang pada SIM2. Namun saran saya tidak usah dipasang terlebih dahulu. Jika pembayaran sudah berhasil, barulah kalian pasang kartu Telkomselnya ke SIM2 atau dipasang seperti awalnya tadi.

5. Ganti Akun Google


Cara terakhir yang bisa kalian coba ialah mengganti akun Google yang ingin kalian gunakan untuk melakukan pembelian di Play Store. Untuk cara ini bisa dicoba untuk pembelian item di aplikasi, namun untuk di Game tidak bisa karena harus sama dengan email terkait.

Nah itu dia beberapa solusi untuk mengatasi gagal melakukan pembayaran di Google Play atau gagal saat verifikasi metode pembayaran di Google Play. Saya jamin, jika kalian mencoba cara diatas satu demi satu, pasti akan ada yang berhasil.

Selain itu kalian juga perlu membaca mengenai Play Store yang muter terus saat dibuka. Hal ini sering terjadi, bahkan sampai kita tidak bisa melakukan proses download aplikasi di Play Store itu sendiri. Jadi kalian wajib membaca artikel tersebut.


EmoticonEmoticon