Minggu, 28 Juli 2019

6 Cara Mengatasi Play Store Muter Terus Tidak Bisa Dibuka

6 Cara Mengatasi Play Store Muter Terus Tidak Bisa Dibuka

KEPOINDONESIA.id - Play Store merupakan tempat dimana kita mendownload aplikasi, game dan sebagainya bagi pengguna Android. Seperti halnya App Store milik iOS, Play Store ini merupakan aplikasi bawaan yang pasti ada dan tidak bisa di uninstall. Nah walaupun begitu sering kali Play Store muter terus saat dibuka, bisa dibilang tidak bisa dibuka karena loading terus.

Hal ini sering terjadi di beberapa type smartphone Android, kasus ini biasanya terjadi pada sebuah type saja bukan dari semua merk. Sebagai contoh kasus seperti ini sering terjadi di Xiaomi Redmi 4a, jadi kemungkinan terjadi di Xiaomi Redmi 4a ini lebih besar dari pada type HP Xiaomi yang lainnya.

Atau jika saya amati, hal ini sering terjadi pada ponsel pintar yang memiliki ram dan rom atau memori internal yang kecil. Seperti Ram hanya 2GB dan Rom nya hanya 16GB saja, walaupun saya rasa hal ini tak sepenuhnya benar. Selain Play Store yang muter terus, masalah Play Store yang tidak bisa dibuka karena no connection/tidak ada sambungan juga sering terjadi.

Lalu apa bisa kita memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka? Jika perangkat atau device kalian masih normal belum di oprek 'di custom rom' mungkin kalian bisa mengikuti beberapa tutorial sederhana ataupun solusi Play Store yang loading terus.

Play Store Loading Terus

Namun jika tidak bisa dibuka karena efek penggantian ROM seperti dari ROM China ke ROM Global ataupun penggantian menggunakan Custom Rom caranya sedikit sulit dan saya sendiri tidak ahli dalam bidang tersebut, jadi yang akan saya bagikan cara sederhana untuk HP Android pada umumnya.

Namun sebelum itu kalian bisa baca cara mengatasi pengisian baterai hp tidak mau penuh karena mengisi daya dengan usb dan cara mengatasi proses memeriksa update sistem atau pembaruan sistem yang muter-muter terus.

Solusi Play Store Tidak Bisa Dibuka Karena Loading terus


1. Cek Koneksi Internet


Cara pertama yang wajib kalian pastikan yaitu koneksi internet kalian lancar dan dapat digunakan untuk membuka aplikasi Play Store nya. Karena jika tidak memiliki koneksi internet seperti kuota, kalian tidak akan bisa menggunakan aplikasi Play Store, untuk membuka dan mengakses Facebook saja pasti tidak bisa apalagi untuk membuka Play Store.

2. Tersedia Ruang Kosong di Internal Memori


Selanjutnya yang perlu kalian pastikan yaitu internal memori wajib memiliki cukup ruang minimal 10 MB. Jika untuk membuka sebuah aplikasi saja, 10MB saya rasa cukup berdasarkan pengalaman saya selama ini. Namun jika untuk mendwnload aplikasi dan game ya kalian harus menyesuaikan dengan ukuran aplikasi dan game yang ingin di install.

Nah untuk panduan berapa memori internal yang dibutuhkan untuk proses penginstallan dan update aplikasi, kalian bisa baca memori internal yang dibutuhkan dan cara mengatasi ruang penyimpanan yang tidak cukup saat install dan update aplikasi di Play Store.

3. Hentikan Paksa Play Store


Nah untuk berikutnya kalian bisa menghentikan paksa aplikasi Play Storenya. Hal ini wajib dilakukan tidak hanya di Play Store saja, karena semua aplikasi Android jika error wajib dan sangat di sarankan untuk di hentikan paksa supaya aplikasi bisa berjalan dengan normal kembali.

4. Hapus Data Aplikasi Play Store


Cara berikutnya yaitu menghapus data aplikasi Google Play Store atau mencopot pemasangan pembaruan aplikasi Google Play Storenya. Menghapus data dan mencopot pemasangan pembaruan sebenarnya sama saja, namun jika menghapus data aplikasi Play Store tetap akan pada versi terbaru sebelum kita hapus datanya.

Namun jika mencopot pemasangan pembaruan nantinya aplikasi Play Store akan kembali seperti versi saat HP pertama diaktifkan atau pada saat pertama beli. Dan untuk bisa menjadi ke versi terbaru, nantinya Google Play Store akan update secara otomatis tanpa kita bisa mengupdatenya secara manual.

5. RAM Penuh


Mungkin untuk yang satu ini saya sendiri kurang setuju, namun nyatanya jika di HP Android yang memiliki kapasitas RAM yang kecil penyebab yang satu ini bisa saja terjadi. Solusi terbaik yaitu kalian menghentikan atau menutup aplikasi lainnya yang sedang berjalan, jika perlu bisa di hentikan paksa secara manual lewat pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi Greenify.

6. Kembali ke Pengaturan Pabrik


Nah cara terakhir yang bisa kalian lakukan yaitu silakan kembali ke pengaturan pabrik atau istilah kerennya hard reset. Jadi nantinya HP Android kalian akan seperti baru lagi, termasuk data-data dan aplikasi pada HP akan dihapus semua supaya RAM daan ROM bisa lega kembali seperti semula.

Nah mungkin itu dia beberapa cara untuk mengatasi Play Store tidak bisa dibuka versi saya. Cara tersebut merupakan cara yang paling sering digunakan oleh beberapa orang yang mengalami kasus yang sama. Jadi jika Google Play Store hanya loading dan tidak mau ke menu utama kalian bisa mencoba 6 cara diatas.

Dan jika saat kalian ingin menginstall aplikasi atau game di Play Store malah muncul peringatan menunggu wifi, kalian bisa mengatasinya dengan cara mengatasi Play Store yang menunggu wifi saat proses install aplikasi. Hal ini sering sekali terjadi khususnya pada smartphone Android yang baru beli.


EmoticonEmoticon