Minggu, 15 September 2019

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal HP Oppo Lemah, Jelek, Serta Suka Hilang Sendiri

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal HP Oppo Lemah, Jelek Serta Suka Hilang Sendiri

KEPOINDONESIA.id - Oppo merupakan salah satu merk Smartphone yang belakangan ini sangatlah meningkat kepopulerannya. Bisa dibilang, Oppo merupakan panutan dari beberapa brand baru lainnya seperti Vivo, dan Xiaomi. Walaupun begitu, ponsel pintar ini sering mengalami beberapa masalah, seperti sinyal HP Oppo yang lemah.

Sinyal HP yang lemah ataupun jelek sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun di era smartphone ini dipercaya ada HP yang memiliki penangkap sinyal yang bagus dan ada yang jelek. Saya sendiri tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu.

Salah satu HP yang memiliki penangkap sinyal yang buruk menurut para penggunanya yaitu Asus Zenfone Max Pro M1. Nah untuk di Oppo mungkin Oppo A3S merupakan salah satu type yang memiliki penangkap sinyal yang buruk daripada beberapa type HP Oppo lainnya.

Lalu jika sinyal HP Oppo hilang, lemah apa yang perlu kita lakukan? Mungkin ada yang berfikir untuk mempercepat jaringan HP Oppo, ataupun ada yang berfikir bagaimana cara memperbaiki sinyal Android Oppo ini.

Jika kalian pernah berfikir seperti itu, kalian bisa mengikuti beberapa tips dan cara yang bisa kalian lakukan jika sinyal HP Oppo kalian sangatlah lemah. Cara ini hanya untuk mengatasi sinyal yang jelek atau lemah saja, jadi bukan cara memperbaiki sinyal hilang pada HP Oppo.

Namun sebelum itu kalian bisa baca solusi tidak bisa mengakses website karena situs ini tidak dapat dijangkau dan cara mengatasi sinyal hilang dengan tanda silang merah. Berikut beberapa solusi mengenai sinyal pada smartphone Oppo.


Cara Mengatasi Sinyal Lemah pada HP Oppo


1. Cek Imei


Cara yang bisa kalian lakukan untuk pertama kalinya yaitu cek imei HP Oppo kalian. Namun jika kalian tidak doyan 'oprek' HP Oppo kalian hal ini tidak perlu dilakukan, namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Untuk cara cek imei kalian bisa melakukan dial *#06# pada menu panggilan.

Nah jika tidak muncul imei nya setelah kalian melakukan kode dial diatas, kemungkinan besar hal itulah yang menyebabkan HP Oppo kalian menjadi lemah sinyalnya. Ciri HP tidak ada imeinya atau imeinya hilang yaitu akan kosong atau muncul tulisan null.

Jika imei kalian kosong atau null, kemungkinan besar sinyal tetap penuh pada bar. Namun jika kalian gunakan untuk browsing nantinya akan lemot alias tidak akan lancar.

2. Ganti Kartu


Berikutnya yaitu kalian bisa mengganti kartu perdana yang sekarang kalian gunakan pada HP Opponya. Banyak dari teman-teman sesama pengguna HP Oppo untuk menyarankan menggunakan operator yang memiliki sinyal yang bagus dimana lokasi kita berada.

Bisa Indosat Ooredoo, Telkomsel, 3, XL Axiata, AXIS, ataupun Smartfren. Pemilihan kartu perdana ini tergantung lokasi kalian. Jika di tempat A mungkin saja sangat cocok menggunakan XL, namun tidak di tempat B dan C.

3. APN Kosong atau Paket Belum Aktif


Mungkin cara ini bisa kalian lakukan jika kalian baru memasang kartu perdana baru. Untuk yang satu ini sudah pernah saya bahas, jadi kalian bisa langsung baca solusi kartu baru tidak muncul data selulernya padahal sinyal full.

Jika APN kosong atau paket internet belum aktif, maka data seluler tidak akan muncul jika kita sudah aktifkan. Hal ini supaya pulsa kita tidak habis karena belum beli paket internet.

4. Reboot


Cara terakhir yang bisa kalian lakukan ialah restart HP Oppo kalian. Hal ini mungin akan berhasil jika menggunakan kartu XL, Tri, dan Smartfren. Mungkin saja tadi sedang ada perbaikan sistem jadi sinyal bermasalah.

Berhubung setelah perbaikan sistem di HP kalian tidak langsung normal dan kalian tidak tau bahwa wajib untuk reboot HP , jadi sinyalnya akan hilang terus menerus. Jadi cara ini sangat saya rekomendasikan.

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara yang bisa kalian lakukan. Cara diatas merupakan cara paling gampang yang paling sering digunakan oleh orang-orang. Jadi tidak usah kembali ke pengaturan pabrik ataupun ke tukang service.

Namun jika memang hardware yang bermasalah kalian wajib ke tukang service. Dan jika karena efek bug setelah update sistem cara yang paling umum dilakukan ialah dengan downgrade atau menunggu developer merilis update berikutnya.


EmoticonEmoticon