Minggu, 15 September 2019

3 Solusi Nomor XL Tidak Dapat Mengirim Pesan Karena Kesalahan 28

3 Solusi Nomor XL Tidak Dapat Mengirim Pesan Karena Kesalahan 28

KEPOINDONESIA.id - Gagal mengirim SMS sering kali kita alami saat kita jarang mengirim SMS namun pada suatu hal kita wajib mengirim SMS tersebut. Tidak seperti dulu, kini lebih praktis mengirim pesan lewat media sosial ataupun aplikasi chatting seperti WhatsApp ataupun Line. Nah jika kalian pengguna operator XL Axiata dan tidak dapat mengirim pesan alias pesan tidak terkirim, saya akan membahas bagaimana cara mengatasinya.

Pesan Tidak terkirim ini sering kali terjadi, entah kenapa memang jaman sekarang sering terjadi masalah seperti itu padahal sinyal dan jaringan kita sedang penuh. Tidak seperti dulu, sinyal dengan 1 bar pun bisa untuk mengirim sms berkali-kali tanpa gagal sekalipun.

Hal seperti ini bisa terjadi di operator apa saja tidak hanya di XL. Operator seluler seperti Telkomsel, Axis, Indosat Ooredoo, Smartfren, dan 3 pun pasti akan mengalami hal yang serupa. Saya sendiri pengguna Tri sering mengalami hal tersebut.

Tidak dapat mengirim pesan dengan XL Axiata, kesalahan 28

Jika perkiraan saya benar, hal ini hanya sering terjadi di Android. Jika kalian menggunakan HP jadul ataupun ponsel pintar selain Android seperti iOS dan Windows Phone, hal seperti ini saya rasa jarang terjadi.

Lalu bagaimana jika kalian pengguna kartu XL dan menemui masalah "Tidak dapat mengirim pesan dengan XL Axiata, kesalahan 28"?. Masalah seperti itu jarang terjadi, namun juga sering terjadi jika kita sering gonta-ganti kartu perdana dengan provider atau operator yang berbeda juga.

Untuk mengatasi tidak bisa mengirim sms karena masalah seperti itu juga bisa dibilang sangatlah mudah. Namun sebelum lanjut ke bagaimana solusinya kalian bisa baca cara mengatasi tidak bisa kirim pesan ke nomor premium seperti 4444 dan 3636 terlebih dahulu serta penyebab nomor tidak terdaftar dan tidak dapat dihubungi.

Cara Mengatasi Nomor XL Mengirim Pesan Tapi Tidak Terkirim


1. Ada Masalah Dengan Nomor Pusat Pesan


Penyebab pertama yang kemungkinan besar menjadi penyebab tidak dapat mengirim sms yaitu ada masalah dengan nomor pusat pesan atau SMSC number. SMSC (Short Message Service Center) adalah elemen jaringan pada sebuah jaringan telepon seluler.

Nomor pusat pesan ini sangat penting supaya kita dapat mengirim pesan keluar ke nomor tertentu. Tidak seperti SMS Premium, jika nomor SMSC tidak benar, maka kita tidak dapat mengirim pesan ke semua nomor baik nomor biasa ataupun nomor premium.

Masalah yang sering terjadi pada nomor pusat pesan yaitu nomor nya kosong, kurang 1 angka bahkan salah satu angka. Jika tidak memasukan nomor SMS Center yang benar sesuai operator yang kita gunakan, maka kita tidak akan bisa mengirim sms sampai kapanpun.

Untuk cara mengatur nomor pusat pesan untuk semua operator sudah pernah saya bahas, termasuk untuk XL Axiata, jadi kalian bisa langsung baca cara mengatur nomor pusat semua operator. Jika nomor pusat pesannya sudah benar, saya jamin kalian akan bisa mengirim sms.


2. Tidak Memiliki Pulsa/Kuota SMS


Penyebab berikutnya yang mungkin saja terjadi yaitu pulsa kalian habis ataupun kuota sms kalian habis. Jika tidak ada pulsa atau kuota sms, maka kalian tidak akan bisa mengirim pesan. Jika kalian memiliki kuota sms kalian tidak wajib memiliki pulsa, namun jika tidak memiliki pulsa kalian wajib memiliki kuota sms.

3. Kartu Dalam Masa Tenggang


Mungkin untuk penyebab yang satu ini sekarang jarang terjadi, karena sudah banyak orang yang rajin mengisi pulsa jadi masa aktif kartu akan selalu bertambah. Namun setau saya, jika kartu dalam masa tenggang maka tidak dapat digunakan baik mengirim sms, internetan, ataupun melalukan panggilan.

Namun jika sekedar menerima sms dan menerima panggilan masuk masih bisa. Jadi pastikan nomor kalian masih dalam masa aktif bukan masa tenggang. Jika masa aktifnya sudah mau habis silakan isi pulsa sebelum nomor kalian diblokir.

Nah itu dia cara mengatasi tidak bisa mengirim sms karena kesalahan 28 di kartu XL. Mungkin untuk di operator Telkomsel dengan kesalahan 10 dan Indosat Ooredoo dengan kesalahan 38 akan saya bahas di postingan yang lainnya.

Yang pasti, pastikan nomor pusat pesan di HP kalian benar sesuai operator yang digunakan. Tidak boleh kosong, kurang 1 angka ataupun salah satu angka. Karena jika tidak benar sampai kapanpun kalian tidak akan bisa mengirim pesan sms.


EmoticonEmoticon