SMS Tidak Terkirim ke Satu Nomor? Ini Dia Solusi dan Penyebabnya

SMS Tidak Terkirim ke Satu Nomor? Ini Dia Solusi dan Penyebabnya

KEPOINDONESIA.id - SMS merupakan media komunikasi yang sekarang sudah jarang digunakan, khususnya anak muda yang sudah beralih ke aplikasi chatting dan media sosial. 

Saya sendiri begitu, namun saya 1 bulan sekali pasti mengirimkan sms ke seseorang dan sering mendapatkan notifikasi sms tidak terkirim.

Sering kali saya mengirimkan sebuah pesan lewat sms namun malah tidak terkirim, padahal ke nomor lainnya terkirim alias sms tidak terkirim ini hanya satu nomor saja. 

Jarak saya dengan orang yang saya sms tidak sampai 500 meter, operatornya pun sama sinyalnya pun juga penuh.

Lalu apa penyebab sms gagal terkirim atau pending ke satu nomor tersebut? Penyebabnya banyak dan bervariasi, namun saya akan jelaskan secara singkat saja. 

Selain itu nantinya saya juga akan memberikan cara mengatasi sms tidak terkirim agar bisa terkirim ke nomor tujuan.

Penyebab yang saya akan tulis ini merupakan pendapat saya sendiri dan saya pikir tidak bisa jadi patokan jika sms tidak terkirim karena hal-hal dibawah ini. Namun setidaknya kalian sedikit tau kira-kira apa penyebab sms tidak terkirim itu.

Penyebab SMS Tidak Terkirim ke Satu Nomor


1. Nomor si Penerima Sedang Tidak Ada Sinyal


Penyebab pertama yaitu si penerima sedang tidak ada sinyal maka dari itu sms yang kalian kirim tidak sampai jadinya pending bahkan tidak terkirim. Jadi kalian bisa kira-kira orang yang kalian kirimkan sms lokasinya dimana dan apa di lokasi tersebut ada sinyalnya atau tidak.

2. Nomor si Penerima Sedang Tidak Aktif


Penyebab berikutnya yaitu nomor si penerima sedang tidak aktif, seperti HP yang sedang mati. Biasanya banyak yang membiarkan baterai HP atau Smartphone nya habis sampai mati jadi jika di telpon tidak aktif dan jika di sms tidak terkirim.

3. HP si Penerima Tidak Bisa Menerima SMS Masuk Lagi


Untuk penyebab yang ini biasanya terjadi di HP Nokia yang kapasitas memori teleponnya sangat sedikit tidak sampai 100 MB. Jadi jika sms masuk sudah banyak dan tidak dihapus akan menyebabkan memori penuh yang mengakibatkan sms masuk terbaru tidak muncul. Nantinya sms tidak masuk padahal terkirim di HP si pengirim.

4. No HP di Blokir


Penyebab berikutnya bisa jadi nomor HP kalian diblokir oleh si penerima. Khususnya pengguna Android pasti sudah ada fitur untuk memblokir sms dan telpon yang masuk. Jadi jika no HP kalian diblokir solusinya hanya dengan mengirimkan sms dengan nomor yang lain.

Nah itu dia penyebab sms tidak terkirim atau gagal terkirim di satu nomor saja. SMS tidak terkirim ini bisa terjadi di semua HP, seperti Oppo, Samsung ataupun Xiaomi. Dan bisa terjadi di semua operator seperti Indosat, Telkomsel, Axis dan lain-lainnya.

Jadi jika kalian pengguna Telkomsel dan tidak bisa kirim sms ke 3636 mungkin saja jaringan nya sedang sibuk. Kalian cukup sms ulang pada jam-jam yang tidak sibuk seperti jam 10 dan jam 3 sore dijamin sms akan terkirim.


EmoticonEmoticon