5 Cara Mengatasi HP Samsung Muncul Tanda Seru Saat di Charger

5 Cara Mengatasi HP Samsung Muncul Tanda Seru Saat di Charger

KEPOINDONESIA.id - Munculnya tanda tetesan air dan tanda seru saat HP Samsung di cas banyak dialami oleh pengguna Samsung keluar terbaru. Fitur ini bisa dikatakan sebagai fitur keamanan sebagai keamanan perangkat itu sendiri serta keamanan pengguna.

Tidak hanya ada di Samsung saja tetapi saya pernah liat fitur serupa juga ada di Xiaomi dan iPhone. Saat kalian mengecas atau mengisi daya HP Samsung dan muncul kedua tanda tadi maka proses pengisian tidak akan bisa dilakukan.

Ini sebenarnya hanya peringatan dan mudah saja untuk mengatasi. Bukan berarti HP Samsung yang kalian miliki rusak dan bukan kabel charger atau adaptor charger yang bermasalah. Yang jelas sebelum kalian atasi proses pengisian daya tidak akan bisa kalian lakukan.

Indikator atau tanda seperti tetesan air memiliki arti bahwa ada bagian komponen pengisian yang lembab atau basah. Sedangkan indikator atau tanda seru (!) memiliki arti peringatan jika diteruskan bisa menimbulkan bahaya dan kerusakan.

Nah yang menjadi pertanyaan bagaimana cara mengatasi HP Samsung saat di cas malah muncul tanda tetesan air dan tanda seru? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca memperbaiki Powerbank yang tidak bisa di cas serta cara mengatasi tombol home Samsung tidak berfungsi.

Cara Menghilangkan Tanda Tetesan Air dan Tanda Seru di HP Samsung Ketika di Isi Daya


1. Pastikan Semua Port Kering


Yang pertama kalian pastikan port charger dan port yang ada di HP Samsung kalian kering. Kalian cek kembali dan untuk charger kalian bisa lepas antara kabel charger dan adaptornya. Kalian pastikan kering tidak ada air ataupun terkesan lembab.

2. Bersihkan Semua Port


Misalnya dengan sekilas kalian sudah memastikan bahwa semua port kering kalian juga bisa lakukan pembersihan ekstra dengan mengelapnya menggunakan tisu. Cara ini selain membersihkan dari kotoran dan debu misalnya sedikit lembab nanti akan menjadi kering.

3. Jemur Adaptor Charger dan Kabelnya


Bisa jemur di sinar matahari langsung tetapi jangan saat matahari benar-benar terik. Kalian bisa jemur saat matahari masih disekitar jam 9 sampai 10 pagi. Tidak perlu lama-lama 25 menit sampai 20 menit sudah lebih dari cukup.

4. Ganti Charger


Setelah mencoba ketiga cara diatas tetapi belum ada yang berhasil kalian bisa coba ganti charger. Cara ini dilakukan untuk mengetahui yang bermasalah ada di charger atau ada di perangkat yang kalian miliki.

5. Servis HP Kalian


Misalnya sudah ganti charger tetapi tetap muncul tanda seru maka yang bermasalah HP kalian atau lebih tepatnya port di HP kalian. Jika mau bisa masukan HP ke dalam beras atau angin-anginkan sebentar. Tetapi jika belum berhasil lebih baik kalian bawa ke tempat servis saja.

Kasus seperti ini sebenarnya jarang terjadi karena faktor pengguna. Yang biasanya terjadi yaitu pengisian daya yang tiba-tiba lambat karena menggunakan pengisian USB. Supaya pengisian tidak terdeteksi USB kalian bisa baca artikel yang pernah saya bahas sebelumnya.

Yang jelas ini jangan dibiarkan karena air dan kelembaban adalah salah satu musuh terbesar alat dan perangkat elektronik. Apabila benar-benar basah ini sangat berbahaya dan saran saya jangan ambil resiko.

Selain masalah tanda seru saat mengisi daya HP Samsung kalian juga bisa baca artikel mengenai HP iPhone yang tidak bisa di charger karena pengisian daya tidak tersedia. Sama seperti pembahasan kali ini masalah tersebut sebenarnya hanya sebuah peringatan.


EmoticonEmoticon