Rabu, 21 Agustus 2019

6 Cara Mengatasi Peringatan Tidak Terdaftar di Jaringan Untuk Semua Operator

6 Cara Mengatasi Peringatan Tidak Terdaftar di Jaringan Untuk Semua Operator

KEPOINDONESIA.id - Membeli, menggunakan, dan mendaftar kartu perdana baru sekarang ini sudah tidak semudah dan sesuka hati kita seperti dulu lagi. Kenapa begitu? karena kini kita harus benar-benar mendaftarkan kartu yang kita beli dengan data yang benar-benar valid. Jika tidak maka akan muncul masalah seperti peringatan tidak terdaftar di jaringan.

Hal ini sering kali terjadi dan faktor utama atau penyebabnya yaitu kartu baru alias kartu yang baru kita beli dari konter bukan kartu yang sudah lama kita pakai. Namun penyebabnya tidak hanya itu saja, masih banyak penyebab kenapa pop up tidak terdaftar pada jaringan itu terus muncul.

Kejadian ini akan menimpa operator atau provider apa saja, baik Indosat Ooredoo, Telkomsel, Tri, XL, AXIS, dan Smartfren. Selain itu tidak perduli jenis HP apa seperti smartphone atau ponsel pintar seperti keluaran Samsung, Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi, Nokia, Honor dan beberapa vendor lainnya.

Tidak Terdaftar di Jaringan

Jika sudah ditakdirkan seperti itu, kalian tidak bisa mengelak. Uniknya, sinyal ada tapi tidak terdaftar di jaringan. Ini yang banyak di pertanyakan oleh orang orang. Entah kenapa saya rasa banyak orang yang tidak mau cara solusi sendiri, cari penyelesaian sendiri inginnya dikasih tau terus. Untuk itu kali ini saya akan membahas cara mengatasi tidak terdaftar di jaringan yang bisa kalian coba.

Namun sebelum itu kalian bisa baca cara mengatasi peringatan terjadi kesalahan saat mendaftar akun Instagram dan cara menghilangkan tulisan tidak ada layanan. Selanjutnya, mari kita bahas cara mengatasi nomor tidak terdaftar di jaringan.

Solusi Tidak Terdaftar di Jaringan Padahal Sinyal Ada


1. Kartu Belum Di Registrasi Secara Benar


Penyebab yang sering terjadi yaitu kartu perdana belum terdaftar secara benar setelah kita membelinya. Memang kini untuk registrasi kartu perdana cukup sulit, namun itu demi kebaikan bersama juga. Jadi pastikan kalian jika mendaftar benar-benar tau bahwa pendaftaran kartu kalian berhasil atau tidak.

Jika berhasil nantinya akan mendapat beberapa SMS dari operator seperti nomor sudah berhasil terdaftar, paket sudah aktif dan beberapa sms tentang promo-promo paket yang bisa kalian pilih. Jika gagal hanya akan mendapat SMS dari 4444 saja.

2. APN Kosong


Berikutnya penyebab tidak terdaftar pada jaringan yaitu APN Kosong alias pihak operator tidak mengirimkan kita APN untuk di install. Hal ini sering terjadi jika HP dan kartu yang kita pasang sama-sama baru. Walaupun begitu hal ini jarang terjadi, namun saya sendiri pernah mengalami hal seperti ini.

Jadi jika APN (Access Point Name) masih kosong, kalian bisa mengisinya dengan data-data APN tiap masing-masing operator yang bisa kalian cari di internet.

3. Pilih Operator Jaringan Secara Manual


Berikutnya kalian bisa coba pilih operator jaringan secara manual. Jika operator jaringan dipilih secara otomatis dan terdaftar bukan pada operator yang cocok, bisa saja muncul peringatan jaringan tidak terdaftar. Caranya kalian cukup ke Pengaturan>Lainnya>Jaringan seluler>Operator jaringan>Telusuri jaringan.

Setelah itu tunggu beberapa saat sampai muncul beberapa operator jaringan. Silakan pilih yang tidak ada kata (forbidden) nya alias sama dengan operator yang kita gunakan. Jika kalian menggunakan Tri jangan pilih IND TELKOMSEL, IND XL, IND INDOSAT tapi pilih yang 3. Jika salah pilih nantinya malah tidak dapat terhubung ke jaringan.

4. Sedang Gangguan


Penyebab berikutnya yaitu jaringan di wilayah kalian atau dari pusat sedang ada gangguan. Hal ini sering terjadi namun masih banyak orang yang acuh tak acuh soal gangguan ini. Jadi kalian cukup sabar saja sampai tidak ada gangguan lagi.

5. Kartu Sudah Terblokir


Kartu perdana telah terblokir atau nomor telah terblokir juga bisa mengakibatkan tidak terdaftar pada jaringan. Tidak hanya itu saja karena nomor tersebut juga sudah tidak bisa digunakan untuk SMS, Telpon bahkan Internetan.

6. Reboot


Cara terakhir jika kalian sudah melakukan cara nomor 1 sampai 4 yaitu silakan reboot atau restart perangkat kalian. Hal ini cukup berhasil seperti yang di terapkan oleh operator XL dan Smartfren. Seperti halnya jika kuota malam tidak terpakai kalian bisa menggunakan cara yang satu ini.

Nah itu dia beberapa cara untuk memperbaiki jaringan tidak terdaftar yang bisa kalian coba. Cara diatas merupakan pengalaman saya sendiri tanpa dibuat-buat. Dan saya rasa hal-hal diatas merupakan cara yang paling umum dan tanpa servis dan flash HP segala.

Selain itu jika kalian beli kartu baru tidak muncul data seluler tapi ada sinyalnya, kalian bisa baca cara mengatasi kartu baru tidak muncul data selulernya. Hal ini sering terjadi jika kita terburu-buru tidak memasang kartu perdananya di konter langsung.


EmoticonEmoticon