Kamis, 22 Agustus 2019

Contoh Kartu NISN Dan Masa Berlakunya Yang Wajib Kalian Ketahui

Contoh Kartu NISN Dan Masa Berlakunya Yang Wajib Kalian Ketahui

KEPOINDONESIA.id - Semua orang yang bersekolah dan menjadi siswa pasti punya yang namanya NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional. Kartu NISN ini diberikan kepada kita sewaktu masih SD dan berlaku selama kita menjadi siswa. Sayangnya banyak pemegang kartu ini rata-rata kartu NISN nya hilang.

Kartu NISN hilang ini memang sering kali terjadi, entah tidak tau bahwa kartu itu penting selama kita masih menjadi siswa atau hilang karena faktor-faktor tertentu. Sebenarnya pada kartu ini yang terpenting ialah nomor NISN nya, jika kartunya hilang namun kita ingat atau memiliki catatan nomor NISN kita itu tidak menjadi masalah.

Namun saya rasa banyak dari kalian yang lupa bentuk kartu NISN ini kaya apa, karena kartu ini akan sangat penting pada saat kita ingin ujian saja baik saat kelas 6, kelas 9, ataupun kelas 12. Sebenarnya kartu NISN ini hampir sama seperti kartu pelajar.

Bedanya jika di kartu pelajar adanya NIS atau Nomer Induk Siswa di sekolah tersebut bukan NISN. Jadi kali ini saya akan memberikan contoh NISN atau contoh kartu NISN. Kartu ini hanya akan sekali diberikan waktu kita SD dan berlaku selama kita menjadi siswa, dan di SMP atau di SMA/SMK tidak diberi lagi.

Namun sebelum kita lanjut untuk melihat contoh kartu NISN milik saya, kalian bisa baca terlebih dahulu hal yang dilakukan jika kartu NISN hilang serta lupa nomornya dan cara cek NISN berdasarkan nama. Berikut tampilan kartu Nomor Induk Siswa Nasional tampak bagian depan dan belakang.

Bagian depan Kartu Nomor Induk Siswa Nasional

Bagian depan Kartu Nomor Induk Siswa Nasional

Bagian belakang Kartu Nomor Induk Siswa Nasional

Bagian belakang Kartu Nomor Induk Siswa Nasional

Di kartu tersebut tertulis:

  • Nomor NISN
  • Nama Pemegang Kartu
  • Tempat Lahir
  • Tanggal Lahir
  • Alamat Pemegang Kartu saat kartu diterbitkan

Dan pada bagian belakang kosong tidak ada apa-apa, hanya tertulis "hanya berlaku selama pemegang menjadi siswa"

Nah itu dia contoh kartu NISN yang bisa kalian lihat. Jika adek atau anak kalian masuk SD nantinya akan di cetak kartu NISN dan setelah menerimanya wajib disimpan karena nomor NISN ini sangatlah penting. Selain itu kalian juga harus wajib tau letak nomor Ijazah. Banyak sekali siswa yang sudah lulus tidak tau letak nomor Ijazah itu sebelah mana.


EmoticonEmoticon