Selasa, 16 Juli 2019

4 Solusi Pengisian Baterai Tidak Mau Penuh Karena Mengisi Daya USB

4 Solusi Pengisian Baterai Tidak Mau Penuh Karena Mengisi Daya USB

KEPOINDONESIA.id - Android merupakan salah satu smartphone atau ponsel pintar yang paling diminati saat ini, yang disusul oleh iOS. Namun sebelum Android berjaya, sebelumnya ada Blackberry OS yang sangat populer yang bersaing ketat dengan beberapa OS milik Nokia, namun keduanya sekarang tertinggal dan keduanya pun saat ini malah menggunakan OS Android. Jika kalian pengguna Android, pasti sering melihat indikator baterai di pengaturan tertulisan mengisi daya USB yang biasanya mengisi daya AC.

Hal ini jarang terjadi namun juga sering terjadi pada beberapa proses pengecasan atau charging. Mungkin jika pengguna dari HP tersebut cuek, tidak akan tau persoalan ini tapi taunya hanya HP di cas tapi tidak mengisi. Kenapa demikian? pasti kalian pernah dong mengecas atau charging HP tapi lama penuhnya, atau malah berkurang?

Hal ini bisa terjadi jika status pengisian USB bukan AC. Kenapa begitu? karena USB menggunakan arus DC bukanlah AC, jadi arus yang masuk pun lebih kecil dari arus biasanya. Jadi jika kalian merasa jika mengecas HP kok lama penuhnya atau tidak penuh-penuh atau malah berkurang, kalian bisa cek di Pengaturan>Baterai pada saat proses charging.

Mengisi Daya (USB)

Jika tertulis Mengisi Daya (USB) berarti arus yang masuk DC alias kecil, karena normalnya akan tertulis Mengisi Daya (AC). Dan ciri lain jika terdeteksinya USB bukan AC ialah jika HP di cas malah berkurang persentase baterainya jika kita gunakan sebentar saat proses pengisian.

Lalu bagaimana cara mengatasi status pengisian USB bukan AC? Apa ada kekurangan dan kelebihan pengisian USB? pasti ada. Untuk mengembalikan status pengisian ke AC kalian bisa mengikuti beberapa tips dan cara dibawah, namun sebelum itu kalian bisa baca cara menghilangkan pemberitahuan ubah pengisian daya dan apa itu SOT (Screen On Time) pada HP.

Dan untuk kekurangan pengisian USB ialah durasi pengisian menjadi lebih lama, biasa 2 x lebih lama dari pada AC. Dan untuk kelebihannya sendiri menurut saya daya tahan beterai menjadi lebih lama entah kenapa bisa begitu, atau itu hanya perasaan saya saja atau bagaimana saya tidak tau.

Cara Mengatasi Mengisi Daya USB Bukan AC


1. Pastikan Melakukan Proses Charging Langsung dari Stop Kontak


Hal pertama yang harus kalian pastikan yaitu proses charging langsung dari Stop Kontak atau langsung dari arus AC bukan DC. Lalu contoh arus DC itu apa? arus DC itu seperti dari Komputer, Laptop, ataupun Power Bank. Lalu apa itu arus AC dan arus DC?

AC (Alternating Current) atau arus bolak balik. Sedangkan DC (Dirrect Current) yaitu searah. Jika AC dihasilkan dari generator sedangkan DC dari baterai, karena dari baterai arus DC lebih kecil dari pada AC. Jadi jika status pengisian USB alias DC jika baterai penuhnya lama itu hal yang wajar, karena arus yang masuk tidak seperti AC.

Ini dia yang sering keliru, ngecas lewat Komputer, Laptop bahkan Power Bank kok pengen cepat penuh, ya tidak bisa. Apalagi ingin menggunakan fitur fast charging. Dan jika kalian tidak tau apa itu fast charging dan quick charger, kalian bisa bisa arti dan perbedaan antara fast charging dan quick charger.

2. Coba Hubungkan HP dengan Charger Kembali


Cara berikutnya yang bisa kalian coba ialah coba lepaskan antara charger dengan HP beberapa kali sampai status pengisian nya berubah menjadi AC bukan USB lagi. Cara ini sering saya coba, walaupun tidak sering terjadi namun saat dulu saya menggunakan Samsung Galaxy Young 2 saya sering menggunakan cara ini.

Karena entah kenapa Samsung Galaxy Young 2 saya sering sekali jika melakukan proses pengecasan selalu terbaca USB, bukan AC padahal langsung dari stop kontak. Jadi cara ini paling mudah yang bisa kalian lakukan, atau jika bukan antara HP dengan charger kalian bisa mencoba antara charger dengan stop kontak, itu sama saja.

Kalian bisa mecobanya 3-10 kali, jangan dipaksakan jika tidak bisa. Jika tetap terbaca USB kalian bisa tunggu beberapa saat lalu coba lagi, atau jika memiliki charger atau casan yang lain kalian bisa menggunakan yang lain saja.


3. Charger Dalam Keadaan Mati


Nah jika dalam keadaan hidup selalu terbaca USB, kalian bisa sesekali mengisi daya HP kalian dalam keadaan mati. Cara ini juga bisa digunakan jika saat dicas dalam kondisi hidup tidak mau penuh atau tidak bisa 100%, itung-itung sebagai kalibrasi.

4. Ganti Charger/Kabel USB/Kepala Charger


Cara terakhir kalian bisa ganti charger kalian dengan charger yang lain, kabel USB yang lain, atau kepala charger yang lain., sesuaikan saja dengan yang kalian miliki dan pastikan cocok dan sesuai dengan HP atau smartphone kalian. Namun saya sarankan untuk mengganti chargernya saja yaitu kabel usb dan kepala charger namun harus kalian pastikan dulu bahwa cocok dengan HP kalian.

Nah itu dia cara merubah status pengisian USB menjadi AC lagi, semua cara diatas sudah saya coba semua dan berhasil, namun seperti yang saya katakan tadi cara yang paling mudah yaitu cara nomor 2. Dan saya tekankan kembali jika kalian ngecasnya tidak langsung dari stop kontak melainkan dari laptop atau power bank status pengecasannya tetap saja USB, tidak akan bisa AC.

Dan jika kalian sering kali melihat peringatan jaringan ini mungkin saja sedang dipantau dan kalian takut karena tidak tau artinya, maka kalian bisa baca penjelasan dan cara menghilangkan peringatan jaringan mungkin sedang dipantau. Karena sebenarnya hal ini tidak terlalu masalah namun banyak yang belum tau.


EmoticonEmoticon