4 Penyebab Baterai Jam Tangan Cepat Habis Padahal Baru Ganti Baterai

4 Penyebab Baterai Jam Tangan Cepat Habis Padahal Baru Ganti Baterai

KEPOINDONESIA.id - Jam tangan masih banyak dipilih daripada smartwatch karena sebagai pengingat waktu jam tangan masih paling yang efektif. Seperti namanya smartwatch sudah lebih dari sebuah jam tangan karena memiliki berbagai fitur.

Smartwatch umumnya hanya bisa bertahan beberapa hari dan jarang sekali yang bisa bertahan sampai 1 bulan. Jadi jika baterai sudah mulai habis harus di charger supaya smartwatch tetap aktif dan bisa digunakan.

Sedangkan jam tangan tidak di charger tetapi dilakukan penggantian baterai. Paling cepat baterai jam tangan diganti 1 tahun sekali bahkan beberapa merek jam tangan terkenal yang dari baru bisa bertahan hingga 5 tahun.

Nah misalnya kalian sudah pernah ganti baterai jam tangan yang kalian miliki tetapi nyatanya tidak seawet baterai bawaan kalian tidak usah bingung. Ini sangatlah wajar asalkan bisa bertahan hingga 1 tahun ini sudah termasuk baik.

Supaya kalian tau saya akan bahas beberapa faktor yang membuat baterai jam tangan terlihat boros. Namun sebelum lanjut saran saya kalian bisa baca artikel mengenai apa arti BAR dan ATM di jam tangan serta tips supaya Mi Band 6 dan Mi Band 7 tidak bosor baterai.

Faktor Penyebab Jam Tangan Baterainya Boros


1. Usia Baterai


Jika jam tangan kalian pernah ganti baterai dan daya tahan baterainya tidak seperti saat beli jam baru ini sangat wajar terjadi. Karena di tempat servis atau jual beli jam tangan baterai yang dimiliki bisa saja stok lama.

Semakin lama disimpan tentu saja daya tahannya tidak seperti baterai baru. Ini biasanya dilakukan karena memang jika menstok banyak untuk jangka waktu yang lama biayanya jauh lebih murah daripada harus selalu ganti beli baterai jika stok habis.

2. Kualitas dan Kondisi Baterai


Kita terkadang tidak bisa memilih baterai yang seperti apa yang terpenting tipe nya cocok. Jadi untuk hasil yang maksimal mungkin kalian bisa beli baterainya secara online dan minta tukang servis jam tangan untuk memasangnya.

3. Chronograph Selalu Aktif alis Lupa Dimatikan


Di jam tangan yang mahal terkadang ada fitur Chronograph. Chronograph dibutuhkan bagi mereka yang membutuhkan. Bagi kalian yang tidak tau fungsinya pastikan fitur ini tidak aktif dengan ciri jarum kecil yang ada di jam tangan tidak bergerak karena akan membutuhkan daya ekstra.

4. Faktor Lainnya


Dan yang terakhir karena faktor lainnya. Bisa saja mesin jam tangan sudah mulai rusak, jam tangan sering jatuh, atau yang lainnya. Yang jelas asalkan masih bisa bertahan sampai 1 tahun ini bisa dikatakan awet.

Yang saya bahas diatas khusus untuk jam tangan baik digital atau analog bukan sebuah smartwatch. Karena jika smartwatch memiliki faktor penyebab sendiri sama seperti sebuah perangkat smartphone

Bagi sebagian orang jam tangan adalah aksesoris biasa. Tetapi nyatanya tidak karena bisa kalian gunakan sampai puluhan tahun. Belilah jam tangan yang bagus dan keren walaupun tidak terlalu mahal tetapi kalian akan mendapatkan kesannya tersendiri.

Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri apabila jam tangan yang kalian miliki tidak bergerak atau tidak berfungsi kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut. Bisa karena baterainya habis atau karena faktor lainnya.


EmoticonEmoticon