Kamis, 13 Juni 2019

Mengenal SOT HP dan Cara Melihat SOT Baterai Smartphone Android

Mengenal SOT HP dan Cara Melihat SOT Baterai Smartphone Android

KEPOINDONESIA.id - Boros atau tidaknya baterai HP masih saja menjadi perdebatan banyak pengguna Smartphone, khususnya pengguna Android. Yak, untuk Android masalah baterai ini masih banyak yang mempermasalahkannya, berbeda dengan para pengguna iOS. Salah satu yang menjadi patokan boros atau tidaknya sebuah HP dengan kapasitas mAh sekian adalah SOT HP.

Bagi pengguna Android yang tidak kudet atau sering menyimak di grup Facebook atau Forum perkembangan teknologi atau bergabung di grup yang bersangkutan dengan HP atau ponsel yang digunakan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah SOT Android. Istilah ini sudah lama sekali saya ketahui, dari awal sebuah ponsel pintar dengan kapasitas baterai mulai dari 1.300 mAh sampai sekarang ada yang 5.000 mAh.

Namun saya heran kok sekarang masih banyak yang tidak tau SOT itu apa sampai bertanya di grup hanya untuk menanyakan apa itu SOT yang sedang dibahas anggota grup yang lainnya. Nah untuk itu lah saya akan membahas pengertian dari SOT baik SOT di HP, SOT di Android, ataupun SOT di Smartphone.

Namun sebelum itu kalian bisa baca arti nyimak dan nyimak mawon yang sering digunakan di grup ataupun forum dan juga cara mengembalikan ikon baterai laptop yang tiba-tiba hilang. Berikut penjelasan SOT, cara melihat SOT, serta berapa SOT terbaik dan SOT terlama sebuah smartphone.

SOT (Screen On Time)


SOT atau Screen On Time adalah dimana baterai sebuah perangkat dapat menyalakan layar dengan sekali pengecasan penuh. Bisa dibilang baterai hp sebuah perangkat dapat menyalakan layar berapa lama diluar aktivasi menjalan aplikasi atau yang lainnya. Jadi Screen On Time ini merupakan patokan sebuah ponsel untuk mengetahui ketahanan daya baterainya.

Sebagai contoh:

~ HP A dicas sampai penuh pada jam 07:00 pagi, digunakan sampai jam 18:00 atau sampai jam 6 sore dengan sisa baterai 10% dengan waktu SOT atau Screen On Time 5 jam.

~ HP B dicas sampai penuh pada jam 07:00 pagi, digunakan sampai jam 18:00 atau sampai jam 6 sore dengan sisa baterai 10% dengan waktu SOT atau Screen On Time 8 jam.

Dari contoh diatas sudah terlihat jelas, HP mana yang memiliki screen on time terbaik dan screen on time hp terlama yaitu HP B. Lalu hp mana yang memiliki daya tahan baterai yang lebih lama jika dari 07:00-18:00 sisa baterainya sama?? Jelas hp yang memiliki SOT lebih lama atau banyak merupakan hp yang memiliki daya baterai yang bagus.

Cara Melihat Screen On Time


1. Buka menu baterai di Pengaturan untuk melihat SOT HP

1. Buka menu baterai di Pengaturan untuk melihat SOT HP

2. Lalu pilih Layar pada plihan Digunakan sejak isi aya penuh terakhir

2. Lalu pilih Layar pada plihan Digunakan sejak isi aya penuh terakhir

3. Nah waktu hidup layar itulah Screen On Time hp kalian

Itu dia penjelasan dan pengertian SOT. Jadi untuk melihat SOT atau screen on time ini tanpa aplikasi dan untuk melihatnya tempatnya sama saja baik di Asus, Samsung, Xiaomi, ataupun Oppo dan Vivo. Dan jika kalian tidak tau pengertian baterai Non-Removable kalian bisa baca pengertian unibody dan baterai non removable di smartphone.


EmoticonEmoticon