Selasa, 09 Juli 2019

5 Solusi Menghilangkan Ubah Pengisian Daya Saat Proses Charging

5 Solusi Menghilangkan Ubah Pengisian Daya Saat Proses Charging

KEPOINDONESIA.id - Proses pengecasan atau charging sering sekali beberapa orang pengguna perangkat elektronik seperti Laptop ataupun HP mengecasnya secara asal-asalan. Salah satunya menggunakan charger buka original atau yang tidak sesuai dengan HP kita. Namun untuk kali ini bukan itu yang ingin saya bahas, melainkan cara mengatasi ubah pengisian daya yang sering muncul di Android.

Semakin canggihnya sebuah smartphone atau ponsel pintar sampai-sampai ponsel itu sendiri dapat mengetahui daya yang masuk itu bagus atau tidak. Untuk Android terdahulu mungkin hanya beberapa vendor saja yang menyematkan peringatan seperti itu.

Namun untuk sekarang saya rasa walaupun vendor atau produsen tidak menyematkan fitur seperti itu, smartphone khususnya Android tetap akan memberikan peringatan jika ada arus yang tidak bagus masuk ke dalam smartphone. Karena versi Android sekarang sudah sampai di versi 9 "Pie" dan prosesor keluaran terbaru sudah canggih-canggih juga.

Ubah pengisian daya

Lalu apa penyebab seringnya muncul ubah pengisian daya saat proses pengecasan? Berdasarkan pengalaman saya ada beberapa faktor. Baik faktor tidak sengaja atau yang tidak terduga ataupun faktor salah satu alat dalam proses charging sudah ada yang rusak, baik kepala adaptor, kabel charger, port charger dan yang lain-lainnya.

Untuk itu kali ini saya ada berbagi tips sederhana untuk menghilangkan ubah pengisian daya yang sering muncul supaya tidak muncul ubah pengisian daya lagi saat proses pengecasan. Namun sebelum itu kalian bisa baca pengertian SoC dan pengertian serta kelebihan dan kekurangan quick charge dan fast charging.

Cara Mengatasi Ubah Pengisian Daya Yang Sering Muncul


1. Restart HP


Cara pertama yaitu silakan kalian restart HP Android kalian. Untuk cara ini kadang berhasil kadang tidak, namun kalian bisa mencobanya. Namun beberapa kasus yang sering terjadi di ASUS Zenfone yang sering muncul 2 pilihan yaitu Standar pengisian balik dan Pengisian balik cepat akan hilang.

2. Bersihkan USB Port


Cara berikutnya silakan kalian bersihkan usb port kalian, siapa tahu kotor atau sebagainya. Kalian cukup bersihkan dengan kain atau tisu saja tanpa menggunakan air atau yang lainnya dan cukup diusap-usap supaya kotoran yang menempel akan hilang.

3. Hubungkan Konektor Charger Dengan Port USB HP Beberapa kali


Untuk cara ini bisa kalian coba, walaupun kelihatannya kita tidak melakukan apa-apa, namun cara ini bisa dibilang cukup berhasil. Cara cukup kalian lepas pasang antara konektor charger dengan port usb di HP beberapa kali, biasanya notifikasi atau peringatan ubang pengisian daya akan hilang dengan sendirinya.

4. Cas HP Dalam Kondisi Mati


Untuk berikutnya jika tetap muncul silakan cas saja HP kalian dalam kondisi mati atau tidak dinyalakan. Biasanya semua HP jika di cas dalam kondisi akan normal-normal saja jadi cara ini mungkin cara paling efektir yang bisa kalian coba.

5. Coba Dengan Charger Lain


Untuk cara terakhir yang bisa kalian coba yaitu kalian bisa mencobanya dengan cas-casan milik HP lain yang serupa. Cara ini mungkin sedikit menyusahkan jika kalian hanya memiliki 1 HP saja, namun jika memiliki beberapa HP mungkin kalian bisa langsung ke cara ini tanpa melakukan ke empat cara sebelumnya.

Nah itu dia beberapa cara untuk mengatasi peringatan ubah pengisian daya yang sering muncul saat proses pengecasan HP Android. Untuk maksud ubah pengisian daya ini saya kurang paham, namun biasanya terjadi saat kita melakukan porses pengisian daya dengan daya AC namun terdeteksinya USB, jadi muncul lah peringatan seperti itu.

Jadi jika terdeteksinya USB, proses pengecasan akan menjadi sangatlah lama sama seperti jika kita mengecasnya lewat Laptop atau Komputer, karena listrik yang digunakan DC bukan AC. Namun untuk pengisian USB ini kelebihannya baterainya jadi lebih awet atau tidak habis-habis, entah kenapa bisa begitu.


EmoticonEmoticon