Perbedaan Memori Sistem dan Penyimpanan Internal di Android

Perbedaan Memori Sistem dan Penyimpanan Internal di Android

KEPOINDONESIA.id - Penyimpanan internal atau memori internal mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Karena istilah tersebut sangat sering terdengar bahkan mungkin kalian pernah melihatnya di perangkat Android yang kalian miliki.

Memori internal sama seperti penyimpanan telepon yang ada di HP. Istilahnya memang terkadang berbeda beda, tetapi intinya sama saja yaitu ruang penyimpanan yang ada di perangkat yang kalian miliki. 

Setiap HP atau smartphone pasti memiliki penyimpanan perangkat. Karena salah satu fungsi penyimpanan perangkat atau penyimpanan internal untuk menyimpan data-data dari aplikasi sistem.

Sedangkan penyimpanan eksternal digunakan jika dirasa penyimpanan internal kurang atau tidak cukup. Nah yang menjadi pertanyaan banyak orang bukanlah penyimpanan internal atau penyimpanan eksternal.

Melainkan apa yang disebut dengan memori sistem. Jadi di masing-masing perangkat ukuran memori sistem relatif berbeda. Misalnya di HP Android yang memiliki penyimpanan internal atau ROM 32 GB rata-rata memiliki ukuran memori sistem 10 GB. 

Apasih sebenarnya memori sistem itu? jika kalian ingin tau maka kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan dan pengertian antara memori sistem dan penyimpanan internal.
 
Saya bahas keduanya karena keduanya memang saling berhubungan. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi memori tidak cukup saat install aplikasi serta cara mudah menghapus file serbaneka di Android. 

Apa Itu Penyimpanan Internal?


Penyimpanan internal atau ROM (Read-only Memory) adalah ruang penyimpanan yang ada di perangkat yang sudah terpasang dari pabrik. Memori ini terpasang secara permanen supaya bisa menjalankan sistem operasi yang ada di ponsel pintar. 

Selain itu penyimpanan internal juga berfungsi sebagai penyimpanan data dari aplikasi sistem. Seperti data SMS, data telepon, data kontak, dan masih banyak yang lainnya. Oleh karena itu HP jadul tanpa OS juga memiliki penyimpanan internal atau penyimpanan telepon. 

Apa Yang Dimaksud Memori Sistem?


Sedangkan memori sistem adalah banyaknya ruang penyimpanan internal atau penyimpanan telepon yang digunakan untuk sistem. Mulai dari operasi sistem sampai aplikasi pendukung lainnya. 

Oleh karena itu saat kalian awal membeli HP baru pasti penyimpanan telepon akan berkurang tidak seperti yang ada di deskripsi. Karena sebagian dari memori internal sudah digunakan oleh sistem supaya perangkat yang kalian miliki bisa digunakan. 

Setelah membaca penjelasan dari saya seharusnya kalian sudah paham perbedaan antara penyimpanan internal dan memori sistem. Mudahnya setiap perangkat khususnya Android pasti memiliki memori sistem alias penyimpanan internal yang digunakan untuk sistem. 

Di iPhone pun juga ada yang namanya memori sistem, karena di Android di tampilkan di menu Penyimpanan maka mudah saja bagi pengguna untuk melihat berapa jumlah penyimpanan internal yang digunakan untuk memori sistem.


EmoticonEmoticon