Selasa, 30 April 2019

Pengertian Memori Sistem & Ruang Penyimpanan dan Cara Mengatasinya Jika Penuh

Pengertian Memori Sistem & Ruang Penyimpanan dan Cara Mengatasinya Jika Penuh

KEPOINDONESIA.id - Android merupakan sistem operasi yang sangat populer di Smartphone yang bisa dibilang rajanya sistem operasi Smartphone atau ponsel pintar. Sedangkan untuk di PC kita sudah tau bahwa Windows yang paling terkenal layaknya Android. Namun jika kalian pengguna Android pasti sudah tidak asing dengan memori sistem bukan?

Jika kalian pengguna Android dari dulu banget mungkin dari jaman Android 2.3 Gingerbread pasti sering mengalami yang namanya memori sistem penuh padahal masih kosong bukan. Pada waktu itu memori internal dari Android yaitu tidak lebih dari 200 MB, saya ambil contoh Samsung Galaxy Young S5360 yang memiliki memori internal sebesar 180 MB.

Sangat sangat sedikit jika kita bandingkan dengan Smartphone Android keluaran sekarang yang memori internalnya rata rata sudah 32 GB dan 64 GB. Lalu sebenarnya apa memori sistem itu? apa sama dengan memori internal? Kenapa memori sistem penuh padahal masih kosong?

Memori sistem penuh ini biasanya muncul di Smartphone milik Samsung baik produk keluaran lama sampai saat ini. Namun sebelum saya bahas pengertian memori sistem jika kalian mengalami memori penuh saat install aplikasi di Play Store kalian bisa baca cara mengatasi memori tidak cukup saat update aplikasi atau install aplikasi di Play Store.

Memori Sitem ini adalah ruang lega untuk menginstal atau menjalankan aplikasi sistem dari bawaan Smartphone tersebut. Entah kenapa di Samsung memberi nama memori sistem karena di merk lain biasanya disebut memori internal atau ruang penyimpanan tidak cukup atau penuh.

Memori sistem dan ruang penyimpanan ini sama saja dengan memori internal hanya beda namanya saja. Jadi memori yang digunakan untuk menginstal aplikasi dan data aplikasi yang terinstall. Jadi jika kalian menginstall aplikasi namun ada peringatan memori penuh kalian tidak dapat menginstall aplikasi tersebut.

Nah untuk mengatasi aplikasi gagal terinstall kalian bisa baca cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android. Jadi jika memori sistem penuh kalian wajib menghapus data-data tidak penting di memori internal kalian agar bisa install aplikasi dan aplikasi sistem dapat berjalan dengan sempurna.


EmoticonEmoticon