Fungsi Fitur Ranah Anak di HP Oppo dan Realme

Fungsi Fitur Ranah Anak di HP Oppo dan Realme

KEPOINDONESIA.id - Fitur di perangkat Android memang berbeda-beda karena Android merupakan sistem operasi sumber terbuka yang bisa digunakan dan dikembangkan secara bebas. Oleh karena itu fitur perangkat Android yang menggunakan antarmuka bawaan merek seperti Samsung dan Xiaomi berbeda.

Sedangkan perangkat Android dari merek apapun jika menggunakan OS Android Stock atau Pure Android fiturnya sudah dipastikan akan sama. Masing-masing antarmuka bawaan produsen smartphone Android pasti memiliki fitur yang banyak.

Seperti yang akan saya bahas kali ini yaitu mengenai fitur atau mode Ranah Anak yang ada di HP Realme dan Oppo. Fitur ini juga bisa dikatakan sebagai Mode Anak karena membatasi penggunaan anak saat menggunakan perangkat Android.

Untuk lebih jelas mengenai mode atau fitur ini kalian bisa baca artikel ini mengenai Ranah Anak sampai selesai. Jika HP kalian bukan Realme dan Oppo saja jamin kalian tidak akan menemukan mode Ranah Anah walaupun terkadang ada fitur serupa dengan nama yang berbeda.

Sebelum lanjut ke pembahasan mode Ranah Anak kalian bisa baca beberapa pembahasan lainnya yang pernah saya bahas. Seperti fungsi dan cara menggunakan fitur Live Foto di aplikasi Kamera serta solusi mengatasi widget Android yang tidak muncul padahal sudah ditambahkan.

Kegunaan Fitur Ranah Anak


Fungsi utama fitur Ranah Anak atau Kids Space yaitu untuk mengawasi anak-anak dalam bermain dan menggunakan gadget atau smartphone dengan tujuan menghindari kekhawatiran orang tua dan sebagai pengawas anak selain orang tua itu sendiri.

Jika kalian pernah membaca artikel yang sudah pernah saya bahasa mengenai kontrol orang tua maka fitur ini sama seperti fitur tersebut. Fungsi utamanya jelas sama tetapi karena dikembangkan oleh pihak ketiga yaitu merek smartphone fitur yang ada juga bertambah.

Cara Mengaktifkan Fitur Ranah Anak


Untuk mengakses setelan Ranah Anak sebenarnya mudah sekali Jika di Pusat Kontrol sudah ada kalian bisa langsung akses saja. Tetapi jika belum ada karena belum kalian tambahkan kalian bisa mengaksesnya di Setelan>Pengaturan Tambahan>Keamanan>Ranah Anak.

Ada beberapa fitur di dalam mode Ranah Anak. Yang pertama fitur untuk membatasi penggunaan perangkat, yang kedua membatasi untuk mengakses aplikasi, dan yang ketiga data seluler dapat dimatikan supaya tidak diaktifkan oleh anak.

Untuk lebih jelas mengenai fitur ini lebih baik langsung kalian coba sendiri. Karena fiturnya cukup fungsional selain bisa diaktifkan ketika anak sedang meminjam HP kalian, kalian bisa mengaktifkan fitur ini ketiga anak teman atau orang lain yang secara paksa ingin meminjam HP yang kalian miliki.

Dilihat secara sekilas dari pada Kontrol Orang Tua yang merupakan fitur bawaan Android, Ranah Anak yang ada di HP Oppo dan Realme menurut saya tampilannya lebih sederhana dengan fitur yang memang sangat berguna.

Kontrol Orang Tua memang lebih canggih karena dikembangkan oleh Google. Tetapi jika kalian menggunakan HP Oppo atau Realme bisa kalian bandingkan sendiri antara Kontrol Orang Tua dan Ranah Anak Lebih baik yang mana.

Itu dia pembahasan kali ini mengenai fitur Kids Space atau Ranah Anak. Sebelum saya akhiri jika HP kalian fitur rotasi nya tidak berfungsi baik rotasi manual atau yang otomatis kalian bisa baca artikel mengenai rotasi HP Android yang tidak berfungsi.


EmoticonEmoticon