5 Solusi Memori Penuh dan Ruang Penyimpanan Tidak Cukup Saat Install dan Update Aplikasi

5 Solusi Memori Penuh dan Ruang Penyimpanan Tidak Cukup Saat Install dan Update Aplikasi

KEPOINDONESIA.id - Update aplikasi dan game merupakan hal yang banyak ditunggu beberapa orang dan banyak juga orang-orang yang menghindari yang namanya update aplikasi. Baik di Komputer atau Smartphone.

Mulai dari  Android, iOS, sampai Windows pasti perlu yang namanya update aplikasi atau game. Tidak hanya game atau aplikasi saja, OS (Operating System) juga perlu di update atau diperbarui ke versi yang lebih tinggi agar bug atau masalah yang terjadi di versi sebelumnya dapat diatasi.

Seperti update Android Nougat ke Android Oreo atau Windows 8 ke Windows 10. Selain koneksi internet atau kuota yang banyak untuk mengupdate atau memperbarui sebuah aplikasi atau sistem operasi, kita juga perlu ruang kosong atau memori yang tersedia

Baik saat menginstall atau memperbarui, memory yang tersedia harus cukup banyak atau sangat banyak seperti pada Samsung. Samsung sudah terkenal akan yang namanya pelit penyimpanan. 

Jika error atau peringatan memory penuh atau penyimpanan tidak cukup lalu menghapus beberapa aplikasi dan data saat baru menginstall atau update tidak terlalu masalah. Masalahnya jika gagal atau peringatannya muncul saat proses download dan install atau update pada 99%.

Sudah dipastikan kita akan rugi besar dan jengkel, apalagi yang minim kuota internet. Kuota terbuang sia-sia aplikasi malah tidak bisa di install atau di update. Sebagai contoh saya sering melihat kasus pada game VainGlory, Arena of Valor (AOV), Mobile Legends (ML), Free Fire, Rules of Survival (ROS), PUBG Mobile, dan Fortnite.

Saat ada pembaruan atau update, data yang kita unduh sangatlah luar biasa besar atau banyak. Jika HP kita Flagship dan ada wifi sih tidak masalah. Akan tetapi jika HP nya spek kentang, kuota minim hanya ada paket malam itulah yang jadi masalah.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan sedikit tips untuk mengatasi install atau update aplikasi agar tidak menemui error seperti ruang penyimpanan penuh, memori tidak cukup, hapus beberapa aplikasi, memori internal penuh dan masih banyak lainnya.

Tips Mengatasi Memori Penuh atau Penyimpanan Tidak Cukup


1. Pastikan Tidak Ada Pemberitahuan Ruang Penyimpanan Hampir Penuh


Pastikan tidak ada pemberitahuan Ruang Penyimpanan Penuh di status bar

Jika ada pemberitahuan Ruang Penyimpanan Penuh di status bar kalian tidak akan bisa download dan install atau update aplikasi baik dari Playstore atau bukan. Aplikasi dengan size atau ukuran 10MB pun tidak akan terinstall.

Kalian harus mengatasinya dengan mengosongkan beberapa ruang dan menghilangkan pemberitahuan Ruang Penyimpanan Hampir Penuh terlebih dahulu dengan cara menghapus aplikasi, data atau cache dan sampah di Smartphone kalian.

2. Sisakan Ruang 10 Kali Lipat Dari Size Aplikasi Yang Ingin di Install atau Update


Sisakan ruang 10 kali lipat dari size atau ukuran dari aplikasi yang ingin kalian Install atau Update

Dengan menyisakan ruang sebesar 10 kali lipat dari ukuran aplikasi, itu akan memberikan ruang yang ideal dengan aplikasi yang ingin kita install atau update. Sebagai contoh kita ingin menginstal aplikasi dengan ukuran 50MB, jadi memory penyimpanan yang tersedia direkomendasikan 10 kali lipat dari 50MB, yaitu harus ada memory kosong sekitar 500MB.

3. Bersihkan Sampah dan Cache Sebelum Menginstall atau Update


Bersihkan Sampah dan Cache sebelum menginstall atau update

Perlu diketahui, sampah di smartphone atau komputer sangatlah banyak memakan atau memakai memory yang ada. Bisa sekitar 10% atau lebih tergantung penggunaannya. Jika tidak percaya, silakan liat memori yang tersedia sebelum cache dan sampah di Smartphone kalian dihapus dan setelahnya, pasti ruang penyimpanan kita akan bertambah banyak.

4. Reboot atau Restart Sebelum Menginstall atau Update Aplikasi


Reboot atau Restart sebelum menginstall atau update aplikasi

Jika kita reboot atau restart komputer atau smartphone, maka kita mulai dari awal. Tidak ada aplikasi yang berjalan yang dapat menyimpan cache dan sampah, sudah dipastikan memory yang tersedia real atau nyata size atau ukurannya. Jadi kalian bisa kira-kira cukup atau tidak untuk mendownload atau mengupdate aplikasi.

5. Hapus Aplikasi Lama dan Download Yang Baru


Hapus aplikasi lama dan download yang baru

Ini adalah cara terakhir yang sering digunakan, yaitu menghapus aplikasi versi sebelumnya dan mendownload lagi aplikasi yang baru. Cara ini cukup manjur karena memory yang kita punya akan bertambah banyak seperti size aplikasi lama yang telah dihapus tadi.

Nah itulah cara tepat atau tips saat install aplikasi atau update agar tidak menemui pemberitahuan ruang penyimpanan penuh, memori tidak cukup, dan hapus beberapa aplikasi. 

Kalian bisa menggunakan tips ini terutama bagi yang bermain game VainGlory, Arena of Valor (AOV), Mobile Legends (ML), Free Fire, Rules of Survival (ROS), PUBG Mobile, dan Fortnite dan aplikasi lainnya yang memiliki size yang besar yang berasal dari PlayStore. 

Sering juga ada masalah tentang download yang tertunda, untuk download yang tertunda kalian bisa on/off kan data dan stop PlayStore secara paksa dan mulai dari awal.


EmoticonEmoticon