Senin, 15 April 2019

5 Cara Terbaru Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Semua Android

5 Cara Terbaru Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Semua Android

KEPOINDONESIA.id - Aplikasi merupakan sebuah fitur pendukung yang selalu bahkan wajib di sebuah perangkat yang memiliki sistem operasi (operating system). Baik di di Windows, Linux, Android, iOS, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu masalah yang sering muncul di Android yaitu apl tidak terpasang.

Pasti kalian pernah mengalami hal seperti itu bagi pengguna Android dari jaman ICS atau sebelumnya sampai sekarang ini. Sebelum itu, saya ada jelaskan sedikit soal sistem operasi ini. Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software), serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer.

Walaupun sistem operasi tidak tergantung pada aplikasi, namun tanpa aplikasi sistem operasi hanyalah tanah kosong yang tidak ada apa-apa, yang pasti membosankan. Kembali ke topik, apl tidak terpasang ini biasanya jika kita menginstal aplikasi Android di luar Play Store, jadi kita download secara manual dan di install secara manual juga.

Karena kita mendownload secara manual, jadi kita tidak tau versi yang cocok dan pas dengan versi Android kita, jadi sering kali muncul apl tidak terpasang. Namun ada beberapa kasus aplikasi tidak terpasang ini akhirnya dapat di pasang.

Namun sebelum kalian baca cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang, alangkah baiknya kalian baca cara mengatasi memori penuh saat install dan update aplikasi di Play Store. Berikut cara mengatasi aplikasi tidak terpasang.

Cara Mengatasi APL Tidak Terpasang di Android


1. Hapus Aplikasi Sejenis


Cara pertama untuk mengatasi apl tidak terpasang ialah dengan menghapus aplikasi sejenis. Aplikasi sejenis disini bisa aplikasi serupa yang beda versi. Misal kalian memiliki aplikasi WhatsApp terbaru, namun di aplikasi terbaru itu berat jadi kalian mendownload aplikasi WA versi sebelumnya atau versi lawas di Google.

Berhubung kalian tidak menguninstall atau mencopot pemasangan aplikasi WhatsApp terbaru dengan alasan supaya data chat tidak hilang jadi kalian langsung menginstall aplikasi WA versi lawas yang kalian dapatkan dari google, namun malah muncul pemberitahuan apl tidak terpasang, yang artinya aplikasi tidak terpasang.

2. Hapus Cache dan Sampah pada Android


Cara berikutnya untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang ialah dengan menghapus cache dan sampah di Smartphone kalian. Mungkin saja masih ada bekas-bekas aplikasi yang sama atau serupa yang menyebabkan file apk yang ingin kalian install jadi tidak terpasang.

Untuk menghapus cache dan sampah ini kalian bisa menggunakan fitur bawaan HP masing-masing jika sudah tersedia, jika belum kalian bisa menggunakan aplikasi Clean Master.

3. Reboot


Jika dengan menghapus aplikasi yang serupa dan menghapus file sampah dan cache masih belom bisa kalian bisa menggunakan langkah selanjutnya yaitu me reboot atau restart ponsel kalian itu. Dengan memulai ulang sistem Android nantinya software dan aplikasi akan fresh kembali yang memungkinkan aplikasi dapat di install.

4. Ubah Lokasi Penginstallan Aplikasi ke SDCard


Langkah berikutnya jika masih gagal terus saat menginstall aplikasi kalian bisa merubah lokasi dimana aplikasi akan diinstall. Secara default, aplikasi akan diinstall di Memori Internal, namun semakin canggih sistem Android maka dapat menyarankan beberapa aplikasi yang wajib di install selain di Internal, yaitu di SDCard atau di Kartu Memori.

5. Download Ulang Aplikasi di Sumber Yang Berbeda


Cara terakhir yaitu dengan mendownload ulang aplikasi. Biasanya kita wajib mendownload ulang jika pemberitahuannya seperti " apl tidak terpasang paket tampaknya rusak ", jika seperti itu kita wajib mendownload ulang. Namun jika apl tidak terpasang saja kalian bisa mencoba cara 1 - 4 semoga ada yang berhasil.

Nah itu dia cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android. Biasanya jika kita menginstal aplikasi di luar Play Store dengan format apk nantinya pasti kita akan menemui masalah seperti itu. Error seperti itu tidak memandang merk HP atau Smartphone seperti Xiaomi, Samsung, ataupun ASUS.

Selain itu di OS Android apapun pasti akan menemui masalah seperti itu, baik Lolipop yang agak jadul, Marshmallow ataupun Oreo sekalipun. Jadi jika hanya apl tidak terpasang bisa menggunakan cara ke 1 - 4 atau ke 5, namun jika paket tampaknya rusak wajib download ulang aplikasinya.


EmoticonEmoticon