Sabtu, 15 Juni 2019

4 Cara Mengatasi Layar Tidak Mati Saat Menelpon Dijamin Berhasil

4 Cara Mengatasi Layar Tidak Mati Saat Menelpon Dijamin Berhasil

KEPOINDONESIA.id - Menelpon dengan HP layar sentuh atau touch screen untuk sebagian orang biasanya memiliki pengalaman tersendiri jika sebelumnya hanya sering menggunakan HP biasa. Salah satu fitur di sebuah HP atau smartphone layar sentuh yaitu layar pasti akan mati sendiri jika ada panggilan masuk atau kita melakukan panggilan keluar lalu ponsel di dekatkan ke telinga. Namun ada beberapa kasus layar tidak mati saat menelpon atau menerima panggilan telepon.

Fungsi dari hal tersebut supaya jika layar bersentuhan dengan telingan atau kulit kita nantinya tidak menyebabkan sebuah sentuhan yang tidak di sengaja seperti menyentuh end call atau tutup panggilan. Selain itu saya rasa juga bisa menghemat baterai dan pengalaman saat menelpon kita jadi lebih menyenangkan.

Matinya layar HP touch screen ini bisa terjadi berkat adanya Proximity Sensor, jika tidak ada sensor tersebut kalian harus mematikan layar secara manual dengan menekan tombol on/off pada sisi smartphone. Jika kalian tidak tau sensor apa saja yang sering digunakan di sebuah ponsel pintar, kalian bisa baca cara mengatasi sensor tidak berfungsi dan macam-macam sensor di smartphone kekinian.

Jadi jika layar mati saat telepon, kalian tidak usah bingung karena fitur tersebut sangat menguntungkan bagi kalian. Namun jika layar tidak mati saat menelpon kalian bisa baca cara memperbaiki layar tidak mati saat melakukan panggilan telepon.

Cara Mengatasi Layar Tidak Mati Saat Telepon


1. Jarak Terlalu Jauh


Penyebab pertama yang paling sederhana yaitu jarak antara HP dengan telinga terlalu jauh. Hal ini sering terjadi oleh orang tua yang menelpon atau menerima panggilan telepon dengan ponsel layar setuh. Karena Proximity Sensor hanya bisa membaca jarak tertentu saja.

Mungkin untuk cara 30 mm/ 3 cm sensor masih bisa mendeteksi, namun jika sudah dari 50 mm/ 5 cm layar tidak akan mati karena tidak terdeteksi oleh sensor. Jadi jika menggunakan layar sentuh dekatkan saja ke telinga tidak usah takut, karena secara otomatis nantinya layar akan mati sendiri dan kalian tidak perlu cemas akan kepencet tombol-tombol yang ada.

2. Loudspeaker di Aktifkan


Sadar atau tidak saat kalian mengaktifkan loudspeaker saat menelpon nantinya sensor jarak tidak akan berfungsi, ini sudah saya coba dan buktikan. Memang jika menggunakan loudspeaker suara dari telepon akan terdengar jelas tanpa kita dekatkan ke telingan, orang lain pun juga bisa mendengarnya.

Jadi jika loudspeaker aktif kalian tidak perlu mendekatkan hp ke telinga karena suara yang dihasilkan sudah sangat jelas dan keras. Namun kelemahan dari loudspeaker ini ini orang lain dapat mendengarkan percakapan kita di telepon.

3. Fitur Layar Mati Tidak di Aktifkan


Untuk beberapa tipe HP terdapat pengaturan panggilan yang mengatur layar mati atau tidak jika kita dekatkan ponsel ke telingan. Jadi jika HP kalian layarnya tidak mati saat bertelpon silakan cek di pengaturan panggilan yang mengatur layar mati atau padam saat di dekatkan ke telinga.

4. Proximity Sensor Tidak Bekerja


Penyebab terakhir yaitu sensor yang tidak bekerja, baik karena rusak, error, atau tidak merespon secara maksimal. Hal ini bisa terjadi di tipe HP apa saja dan merk apa saja seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Sony, ataupun Asus dan Realme. Untuk cara memperbaiki sensor yang tidak bekerja secara maksimal kalian bisa baca mengatasi sensor yang tidak berfungsi di bagian atas.

Nah itu dia cara mengatasi ataupun memperbaiki layar tidak mati saat telepon serta penyebab layar tidak mati saat melakukan panggilan telepon. Kalian bisa cek HP kalian mulai dari cara ke 1 sampai ke 4, jika sama saja mungkin ada faktor lain yang hanya terjadi di tipe dan merk tersebut.

Selain itu sering terjadi juga tidak ada suara saat menelpon, suara memantul saat menelpon dan suara tidak dapat didengar oleh penerima telepon. Hal tersebut banyak faktor yang bisa menyebabkan 3 hal tersebut, jika tidak ingin ribet kalian bisa bertanya ke forum ataupun datang ke tukang service.

Dan jika kalian sering di telpon dengan awalan nomor +6221 dengan tulisan Greater Jakarta, kalian bisa baca pengertian awalan nomor +6221 dan arti dari Greater Jakarta. Karena banyak orang yang belum tau hal tersebut, bahkan orang yang selalu update seputar teknologi sampai orang IT pun beberapa belum tau soal hal tersebut.


EmoticonEmoticon