Selasa, 23 Juli 2019

Cara Mengatasi Masalah Login Akun Google Setelah Kembali ke Setelan Pabrik

Cara Mengatasi Masalah Login Akun Google Setelah Kembali ke Setelan Pabrik

KEPOINDONESIA.id - Kembali ke setelan pabrik, hard reset, ataupun factory reset merupakan cara yang sering digunakan oeh pengguna Android sewaktu ingin menjual HP mereka dan saat dirasa kinerja ponsel sudah mulai lambat atau lemot. Namun untuk Android keluaran terbaru harus berhati-hati saat melakukan hal itu supaya tidak ada akun Google yang nyangkut, dan setelah selesai kembali ke setelan pabrik malah muncul pemberitahuan belum masuk siapkan ponsel.

Hal ini sekarang sering terjadi karena banyak orang yang belum mengetahuinya, bisa dibilang itu merupakan salah satu keamanan Android terbaru. Khususnya jika kalian pengguna Samsung dan Xiaomi selain dari sistemnya sendiri pasti pengguna Samsung dan Xiaomi akan mengalami masalah dari Samsung KNOX ataupun Mi Account.

Jadi Xiaomi dan Samsung sudah seperti iPhone yang memiliki kontrol penuh terhapat HP yang tertaut Mi Account ataupun Samsung KNOX. Padahal dulu jika kita hard reset ataupun kembali ke setelan pabrik dan akun Google atau Gmail pertama masih login di HP yang ingin di hard reset hal seperti ini tidak terjadi.

Belum Masuk, Siapkan Ponsel

Salah satu pemberitahuan jika ada akun Google yang nyangkut di HP Android kita akan muncul peringatan seperti ini "Untuk menggunakan ponsel ini, terlebih dahulu Anda harus masuk ke Akun Google pemilik yang digunakan di ponsel ini saat terakhir kali di setel ulang. Karena belum melakukannya, Ana harus menyiapkan ponsel lagi.". Mungkin untuk tiap type akan berbeda sedikit namun intinya tetap sama.

Lalu bagaimana cara mengatasi HP tidak bisa digunakan setelah kembali ke setelan pabrik karena kita harus menyiapkan ponsel lagi? Caranya sebenarnya mudah sekali khususnya jika HP milik sendiri, namun sebelum lanjut alangkah baiknya kalian baca dulu cara mengatasi layanan google play terus berhenti dan cara menghapus file serbaneka di semua Android.

Cara Mengatasi Pemberitahuan Akun Google Belum Masuk


1. Login Dengan Akun Google Yang Dulu


Cara pertama yang bisa kalian lakukan dan merupakan cara yang disarankan oleh pihak Google nya yaitu login atau masuk dengan akun Gmail/Google yang pernah kita loginkan ke HP Android kita sebelum kita setel kembali ke pengaturan pabrik. Jadi cara ini merupakan cara pertama yang dijamin berhasil jika memang kalian pemilik HP tersebut dan masih ingat email yang dulu tertaut.

Seperti halnya pemberitahuan login terbaru dari Tokopedia yang tulisannya seperti ini "Kamu sedang login di perangkat baru demi keamanan Akun perangkat sedang diverifikasi Tokopedia", pihak Google hanya ingin memastikan bahwa itu ponsel milik kalian saja.

Karena jika kita tidak login ke akun Google sebelumnya HP tersebut tidak akan bisa kita gunakan sebelum kita konfirmasi kepemilikannya terlebih dahulu. Saya jamin jika setelah kalian login dengan akun kalian sebelum di hard reset nantinya HP tersebut akan bisa digunakan lagi.

2. Lalukan Flashing


Nah untuk cara berikutnya atau cara terakhir yang merupakan jalan satu-satunya jika kalian tidak ingat password ataupun tidak ingat email yang sebelumnya ialah dengan cara Flashing. Kalian bisa melakukannya sendiri jika memiliki alat, bahan dan tau caranya atau bisa meminta ke jasa tukang service HP di daerah kalian.

Walaupun begitu saya rasa sekarang masih banyak yang belum bisa ngeflash sebuah Android yang kendalanya karena akun Google nyangkut khususnya Samsung yang menggunakan Samsung KNOX dan Xiaomi yang menggunakan Mi Account.

Nah itu 2 cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi dampak kembali ke setelan pabrik yang sering terjadi. Namun jika kalian masih ingat alamat email dan passwordnya saya rasa hal ini tidak menjadi masalah karena kalian cukup login saja dengan akun sebelumnya.

Dan jika setelah melakukan hard reset dan tidak bisa menginstall aplikasi karena aplikasi tidak terpasang, kalian bisa baca cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android. Hal ini sering terjadi dan banyak orang yang belum mengetahuinya.


EmoticonEmoticon