4 Cara Mengatasi Memori Internal Oppo A3S Penuh dan Ruang Penyimpanan Tidak Cukup

4 Cara Mengatasi Memori Internal Oppo A3S Penuh dan Ruang Penyimpanan Tidak Cukup

KEPOINDONESIA.id - Oppo merupakan salah satu merk Smartphone yang memiliki kelebihan tersendiri yaitu salah satunya di sektor kamera. Selain itu saya rasa ColorOS milik ponsel pintar ini 11 12 seperti iPhone, jadi jika kalian ngidam iPhone namun tidak kesampaian kalian bisa beli Smartphone merk Oppo ini. 

Seperti Oppo A3S yang merupakan tipe paling populer di low end, namun banyak yang mengeluhkan memori internal cepat habis dan penuh di varian Ram 2GB. Entah kenapa si Oppo ini sama seperti Samsung, yaitu sangat pelit untuk urusan memori internal. 

Tidak hanya pelit, namun manajemennya juga kurang bagus, jadi cepat penuh memori internal di Samsung dan Oppo ini. Untuk di varian Ram 3GB dan Internal 32 GB kayaknya jarang menemui memori penuh di rata-rata merk HP.

Lalu bagaimana cara mengatasi memori internal Oppo A3S penuh? apa harus hard reset atau kembali ke pengaturan pabrik? Saya rasa tidak usah, kalian cukup melakukan beberapa hal dibawah ini. Namun sebelum itu jika kalian masih bertanya-tanya berpa waktu cas Oppo A3S yang baik kalian bisa baca durasi cas Oppo A3S.

Cara Mengatasi Memori Hampir Habis di Oppo A3S


1. Pasang Kartu SD/SDCard


Memasang kartu memori sebagai memori eksternal dapat mengatasi Oppo A3S kalian yang memori internalnya sudah penuh atau sudah habis. Banyak yang mengeluhkan bahwa untuk Oppo A3S varian Ram 2 GB dan Internal 16 GB cepat sekali memori internalnya penuh, jadi tidak dapat menginstall aplikasi lagi.

Dengan memasang kartu memori kalian bisa memindahkan data kecuali aplikasi ke kartu memori yang kalian pasang itu. Mulai lagu, video, gambar atau foto dan file-file lainnya dari internal ke eksternal yaitu kartu SD.

2. Hapus Data dan File Tidak Penting


Nah khususnya kalian yang memiliki Oppo A3S varian Ram 2 GB wajib menghapus file dan data-data tidak penting secara berkala, jika tidak maka nantinya memori internal akan penuh dan tidak dapat menginstall aplikasi karena ruang penyimpanan tidak cukup.

Jika kalian menggunakan eksternal memori cukup pindahkan saja tidak perlu dihapus. Namun jika tidak maka wajib menghapus file-file tidak penting secara berkala. Sebagai contoh file tidak pentingnya seperti foto dan video WhatsApp (WA) yang ada di galeri.

3. Hapus Data Aplikasi Secara Berkala


Nah untuk cara ini sebenarnya sudah umum dan cara jitu untuk mengatasi memori internal penuh di semua HP Android. Cara ini merupakan cara yang paling sering saya gunakan, khususnya saat install aplikasi di Play Store tapi malah ruang penyimpanan tidak cukup.

Aplikasi yang wajib kalian hapus berkala yaitu aplikasi-aplikasi Browser, Media Sosial, Chatting, dan Game Online. Di Smartphone saya yang sering saya hapus yaitu Chrome, Play Store, Uc Browser, Play Game, dan aplikasi Online Shop. Untuk WA saya tidak hapus karena ada data-data penting. Jadi jika ingin hapus data aplikasi WhatsApp dengan aman kalian bisa baca cara hapus data chat dan grup WhatsApp dengan aman.

4. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Berguna


Cara terakhir untuk mengatasi Oppo A3S memorinya penuh ialah dengan menghapus aplikasi yang tidak berguna atau sudah jarang tidak dipakai. Cara ini untuk menghemat ruang supaya jika ada aplikasi penting yang harus kita install bisa langsung terinstall.

Nah itu dia cara mengatasi memori penuh di HP Oppo A3S yang bisa kalian coba. Saya yakin jika kalian mencoba salah satu atau semua memori internal atau memori penyimpanan Oppo A3S kalian tidak akan penuh lagi.

Dan juga jika kalian saat menginstall aplikasi di Play Store atau update game di Play Store dan mengalami ruang penyimpanan tidak cukup, kalian bisa baca cara mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup saat update dan install aplkasi di Play Store.

Jadi itu tips yang bisa saya bagikan, Oppo A3S ini tergolong Smartphone terbaik di kelasnya, apalagi di kisaran Harga 1 jutaan dan 2 jutaan. Namun sayangnya untuk varian Oppo A3S 2GB/16GB memori internalnya cepat penuh.


EmoticonEmoticon