Bahaya Tidak Menghapus File msgstore Database WhatsApp? Simak Penjelasannya Dibawah Ini

Bahaya Tidak Menghapus File msgstore Database WhatsApp? Simak Penjelasannya Dibawah Ini

KEPOINDONESIA.id - Bagi kalian yang menggunakan WhatsApp pasti merasa ukuran data aplikasi WhatsApp semakin hari semakin banyak. Padahal kalian tidak menerima atau mengirim file video, foto, ataupun file lainnya yang memiliki ukuran yang besar.

Data dari aplikasi WhatsApp umumnya lebih dari 500 MB sampai 1 GB. Semakin banyak chat yang kalian miliki dan semakin lama kalian menggunakan aplikasi WhatsApp maka data tersebut semakin hari akan semakin banyak.

Jika kalian penasaran, kalian bisa tau penyebab utama kenapa penyimpanan internal menjadi penuh karena data dari aplikasi WA. Banyaknya data aplikasi WhatsApp disebabkan karena file msgstore.db.crypt12 yang berada di folder WhatsApp.

Bagi kalian yang belum pernah melakukan uninstall aplikasi WA atau menghapus data aplikasi WhatsApp selama lebih dari 1 tahun maka sudah dipastikan file msgstore.db.crypt12 yang berada di folder WhatsApp akan banyak sekali.

Nah itu dia kenapa WhatsApp memiliki data yang banyak hingga 1 GB. Ini akan sangat bermasalah jika HP Android yang kalian miliki hanya memiliki ruang penyimpanan telepon yang sedikit misalnya dibawah 32 GB.

Untuk lebih jelasnya mengenai file msgstore dan bahaya tidaknya menghapus msgstore.db.crypt12 kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengembalikan kontak WA yang hilang serta cara membuka dokumen di WhatsApp.

Apa Itu msgstore.db.crypt12?


Jika kalian bertanya apa itu file msgstore yang ada di WhatsApp, itu adalah file backup otomatis WhatsApp yang sering muncul beberapa bulan sekali. Pasti kalian pernah mengalami awal membuka aplikasi WhatsApp tiba-tiba melakukan backup otomatis.

Nah hasil backup otomatis ini tersimpan menjadi file msgstore.db.crypt12. Data berupa riwayat teks, media seperti foto dan video, atau dokumen lainnya akan dibackup menjadi file msgstore.

File ini sangat berguna jika kalian tidak sengaja menguninstall aplikasi WhatsApp. Jika kalian masuk ke akun WA maka riwayat chat terakhir yang sudah dibackup secara otomatis akan tampil.

Bagi kalian yang sering mengalami pencadangan WhatsApp yang berhenti atau tidak selesai kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Memang pencadangan otomatis WhatsApp cukup memakan waktu yang lama.

Bahaya Tidak Menghapus File msgstore?


Seperti menghapus sebuah file logs, menghapus file msgstore.db.crypt12 tidak berbahaya melainkan sangat menguntungkan bagi pengguna karena ruang penyimpanan akan lega kembali. Untuk menghapus file tersebut kalian bisa akses folder WhatsApp>Databases.

Setelah itu tandai semua file yang ada di folder Databases lalu hapus. Selanjutnya kalian bisa menghapus hapus sampah dan cache dengan fitur bawaan HP kalian atau menggunakan aplikasi dari pihak ketiga supaya tidak ada cache yang tertinggal.

Tetapi jika sudah menghapus file tersebut kalian wajib backup manual sebelum melakukan uninstall aplikasi WhatsApp. Karena kalian tidak akan mendapatkan backup terakhir dikarenakan file msgstore sudah tidak ada.

Nah itu dia ulasan singkat mengenai file msgstore.db.crypt12 yang ada di folder Databases aplikasi WhatsApp. Rata-rata ukuran tiap file msgstore mulai dari 50 MB sampai 200 MB. Semakin banyak jumlah filenya maka ruang penyimpanan telepon kalian akan berkurang dengan sia-sia.

Selain itu bagi kalian yang gagal memuat foto atau video di Instagram kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan bagaimana cara mengatasi tidak bisa membuka galeri dari aplikasi Instagram.


EmoticonEmoticon