Selasa, 12 Februari 2019

Solusi dan 10 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan atau Panggilan Darurat

Solusi dan 10 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan atau Panggilan Darurat

KEPOINDONESIA.id - Kartu sim tidak ada layanan namun kartu terbaca merupakan hal yang sering ditemukan di kartu yang baru saja kita beli. Tidak hanya kartu yang baru saja kita beli, namun kartu lama juga sering tiba-tiba sinyal menjadi tidak ada layanan. Selain tidak ada layanan pemberitahuan hanya untuk panggilan darurat saja pun sering kita temui di kartu baru.

Jika tidak ada layanan atau muncul tulisan panggilan darurat kalian tidak akan bisa mengirim atau menerima sms atau telpon dan kalian tidak bisa mengakses koneksi internet. Error ynag sering muncul lainnya yaitu "undetected SIM", "Masukkan kartu SIM", dan "SIM Initialization failure".

Sebelumnya jika kalian saat mendaftar sim card terkena limit 3 kali kalian dapat menggunakan cara mendaftar kartu sim lebih dari 3 kali dengan mudah dan cara mengecek data KK dan NIK yang terdaftar di kartu sim. Kembali ke topik, berikut cara memperbaiki atau mengatasi sim tidak ada layanan dengan 10 cara jitu.

Cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan/panggilan darurat


1. Pastikan kondisi kartu dalam kondisi baik


Banyak orang yang membuka kartu saat pertama kalinya secara tidak benar yang menyebabkan kerusakan pada kuningan kartu/sim card. Selain itu tempat penyimpanan kartu yang tidak dipakai sementara pun banyak yang asal-asalan yang dapat merusak kondisi fisik dari kartu tersebut. Jadi pastikan saat membuka kartu dan menyimpannya secara benar agar tidak terjadi error saat dipasangan seperti tidak ada layanan atau sinyalnya tidak muncul.

2. Pastikan Kartu atau Sim Card terpasang dengan benar


Berikutnya kalian harus memastikan kartunya terpasang dengan benar. Jika kalian memasanganya salah misalnya terbalik, kartu apa saja tidak akan terbaca mau Telkomsel, Indosat, Axis, XL, Smartfren atau Tri pun tidak akan terbaca. Dan pastikan kuningan menghadap ke bawah jangan ke atas karena jika salah dan tidak bisa di ambil lagi itu dapat merusak kuningan tray sim card nya dan jika sudah rusak tidak akan bisa membaca lagi atau error.

3. Pastikan di lokasi tersebut ada sinyal


Banyak yang was-was jika baru membeli kartu sim baru lalu dipasang di HP atau Smartphone kok tidak ada layanan atau tidak ada sinyalnya sekali. Hal ini sering terjadi terutama jika baru beli sim baru beda operator/provider. Sebagai contoh awalnya kalian memakai operator Tri/Three/3 dan kalian ingin membeli kartu baru yaitu Axis dan langsung kalian pasang. Namun setelah dipasang kok tidak ada layanan atau tidak ada sinyal padahal di tempat kalian itu tidak ada sinyal untuk operator Axis tersebut.

4. Pastikan kartu sim sudah terdaftar dengan benar


Hal ini juga sering terjadi, saya sendiri pernah tidak ada layanan saat menggunakan kartu Telkomsel. Lalu saya berfikir kenapa kartu Telkomsel tidak ada layanan, katanya sinyalnya bagus?? Usut punya usut kartu Telkomsel tidak ada layanan yang baru saya beli ini belum terdaftar dengan benar karena ada gangguan sinyal. Untuk mengetahui sudah terdaftar dengan benar kalian bisa cek pulsa masing-masing operator, jika muncul atau bisa berarti kartu sim kalian sudah terdaftar dengan benar.

5. Coba mode jaringan otomatis


Cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan yang selanjutnya yaitu menggunakan pencarian jaringan otomatis. Maksutnya yaitu Ponsel kalian akan mencoba mencari jaringan sesuai sim yang di pasangkannya atau mengetes bahwa di tempat tersebut terdapat sinyal atau pun sedang ada gangguan atau tidak. Caranya pun gampang, untuk di HP saya caranya Pengaturan>Selengkapnya>Jartingan Seluler>Operator Jaringan>Pilih Otomatis

6. Cek Pengaturan APN


Selain itu APN juga penting untuk menangkap jaringan seluler pada HP kalian. Seperti sim tidak ada layanan pada HP Xiaomi yaitu karena APN tidak tersetting secara otomatis oleh operator. Jadi APN ny amasih kosong semua seperti Nama APN, Nama pengguna, Sandi, DLL.

7. Aktifkan Airplane Mode/Mode Penerbangan


Cara ini bisa dibilang sangat manjur untuk mengatasi soal masalah yang terkait dengan sinyal seluler di HP kalian. Kalian bisa mengaktifkan mode penerbangan sekitar 1 menit untuk mereset ip atau sinyal kalian ke kondisi awal. Cara ini juga bisa dilakukan jika sinyal dan paket data muncul tapi tidak mau berjalan.

8. Restart atau Reboot HP


Jika sudah menggunakan mode Airplane Mode/Mode Penerbangan tapi hasilnya nihil kalian bisa menggunakan cara tingkat lanjut yaitu merestart atau reboot ponsel atau smartphone kalian. Jika mode penerbangan mereset aktifitas ip atau sinyal, berbeda dengan reboot yaitu memulai ulang HP dan aplikasi yang terinstall dari awal.

9. Coba pasang kartu lain


Cara ini untuk mengetahui sebenarnya yang rusak atau error itu kartunya atau HPnya. Kalian bisa memasang kartu sim yang tidak ada layanan tadi di hp lain untuk sekedar mengetest saja apa akan tetap tidak ada layanan atau malah akan muncul sinyalnya.

10. Tanya ke konter dimana kalian membeli kartu tersebut


Cara terakhir yang sangat saya sarankan yaitu silakan kalian tanyakan ke konter atau warung penjual pulsa saat kalian membeli kartu sim tersebut. Tidak usah malu atau takut itu sudah kewajiban mereka untuk mengatasi hal-hal seperti itu. Kalian bisa menanyakannya sambil membawa bungkus kartu yang telah kalian beli itu.

Nah itu dia solusi kartu sim tidak ada layanan atau tidak terdeteksi yang bisa kalian coba. Cara diatas merupakan cara terbaik yang sudah saya coba semua dan kalian jangan sampai mereset atau mereset ulang perangkat kalian ke setelan pabrik karena hal itu sia-sia saja karena tidak ada hubungannya.

Cara terakhir yang paling ampuh untuk mengatasi kartu sim tidak ada layanan atau tidak ada sinyal yaitu pergi ke konter dimana kalian membeli kartu tersebut. Saya sudah mencoba cara 1 - 9 di HP Oppo, Nokia, Samsung, Asus, dan Vivo dan semuanya berhasil. Untuk cara ke 10 di HP Lenovo dan Xiaomi saya pergi ke konter dimana saya membeli kartu tersebut karena kartu tersebut ada masalah.


EmoticonEmoticon